sign up SIGN UP

10 Kebiasaan yang Sering Dianggap 'Enteng' Ini Bisa Bikin Kamu Mati Muda, Cek Sering Dilakukan?

Tim Redaksi CNBC Indonesia | Beautynesia
Rabu, 07 Sep 2022 13:00 WIB
10 Kebiasaan yang Sering Dianggap 'Enteng' Ini Bisa Bikin Kamu Mati Muda, Cek Sering Dilakukan?
caption
Jakarta -

Satu hal sederhana yang sering diharapkan banyak orang di dunia adalah sehat. Termasuk kamu juga kan, Beauties?

Namun tak sekadar harapan semata, demi mendapatkan tubuh yang sehat, kamu pun harus senantiasa menjaganya dengan baik. Selain itu, sangat perlu juga untuk menghindari berbagai kebiasaan yang bisa menimbulkan penyakit.

Seperti beberapa kebiasaan ini, sering kali dianggap enteng tapi siapa sangka memiliki dampak buruk yang bisa bikin kamu mati muda lho! Apa saja kebiasaan tersebut? Simak yuk!

1. Terlalu Banyak Duduk

Kecanduan untuk duduk terlalu lama di depan laptop bahkan ketika jam kerja selesai justru merugikan kesehatanmu.Duduk /Foto: Freepik.com/Photoreyalty

Terlalu banyak duduk ternyata memiliki dampak buruk yang tidak bisa kamu anggap enteng. Menurut penelitian yang diterbitkan di British Medical Journal, duduk terlalu lama atau lebih dari tiga jam sehari bisa memperpendek usia, hingga dua tahun.

Kebiasaan duduk terlalu lama ini dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit lain. Karena hal ini, ada baiknya untukmu berdiri dan berjalan setiap beberapa jam sekali. Jangan terus menerus terpaku di depan layar komputer. 

2. Kurang Tidur atau Terlalu Banyak

Tidur Menggunakan Lensa KontakTidur/ Foto: Freepik.com/jcomp

Untuk usia dewasa, setiap harinya kita disarankan untuk memiliki waktu tidur, 7-9 jam. Karena hal, memenuhi jam tidur tersebut sangatlah baik. 

Penelitian menunjukkan bahwa, orang yang tidak mendapatkan jumlah jam tidur yang cukup akan meninggal lebih cepat, dibanding mereka yang mencukupi kebutuhan tidurnya. Lalu, menurut Harvard Medical School's Healthy Sleep, kurang tidur dari lima jam tidak boleh, sementara lebih dari sembilan jam juga tidaklah bagus. 

Para ahli menyarankan untuk selalu tidur di waktu yang sama setiap malam, menghindari alkohol, dan alat elektronik tiga jam sebelum tidur.

3. Banyak Mengonsumsi Daging Merah atau Olahan

Kekurangan Pegawai, Pemilik Restoran Ini Masak 400 Steak SendirianDaging merah/ Foto: Getty Images/Revolu7ion93

Siapa nih yang hobi mengonsumsi daging merah atau olahan? Nah, menurut Harvard Men's Health Watch, setiap kali kamu menambahkan satu porsi daging merah atau daging olahan dalam menu makan harian, maka akan meningkatkan risiko kematian sekitar 13 persen. 

Karena hal ini, akan lebih baik jika kamu mulai mengurangi makan daging merah dan diganti dengan bentuk protein lain, seperti ikan yang bisa mengurangi tingkat kematian sebesar 7 persen, biji-bijian dan unggas, yang mengurangi risiko kematian sampai 14 persen, dan kacang-kacangan yang bisa memberikanmu umur panjang.

4. Melewatkan Sarapan

SarapanSarapan/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Sebagian orang memilih untuk melewatkan sarapan setiap harinya karena berbagai alasan. Ada yang karena diet ingin memangkas kalori, ada yang karena tidak terbiasa, atau ada juga yang hanya sekadar malas.

Namun ternyata, kebiasaan melewatkan sarapan ini sangatlah berbahaya lho, Beauties! Menurut American Heart Association, orang yang sarapan pagi akan lebih sehat secara keseluruhan. Mereka memiliki kolesterol yang lebih baik, kesehatan kardiovaskular yang lebih baik, dan tekanan darah rendah yang lebih rendah daripada orang-orang yang biasa melewatkan sarapan. 

Pada satu penelitian kecil pun menemukan fakta bahwa orang yang melewatkan sarapan memiliki tingkat kematian yang meningkat sebesar 50 persen, dibandingkan mereka yang rutin sarapan.

Beauties, selain beberapa kebiasaan di atas, ada lagi daftar lainnya. Baca selengkapnya di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id