STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Pengingat Penting biar Kamu Bisa Merasa Tenang dan Bahagia

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Jumat, 04 Feb 2022 12:00 WIB
5 Pengingat Penting biar Kamu Bisa Merasa Tenang dan Bahagia

Kebahagiaan merupakan sesuatu hal yang abstrak dan relatif. Namun tidak jarang didengar bahwa kebahagiaan sering dikaitkan dengan adanya pencapaian tertentu seperti misalnya memenangkan pertandingan, memiliki materi yang berlimpah, berada di lingkaran sosial tertentu dan yang lainnya.

Sayangnya hal tersebut tidak selamanya menjadi sumber kebahagiaan. Ya, tidak jarang beberapa hal itu hanya sebagai tampak permukaan saja yang membuat orang lain terkesima. Dikutip dari Psychology Today, jawaban sebenarnya tentang kebahagiaan tidak terdapat pada penilaian baik di mata orang lain. Oleh sebab itu ada beberapa kiat bijak untuk dapat merasakan kebahagiaan.

Terima Ketidaksempurnaan dalam Diri Sendiri dan Orang Lain

Ilustrasi menerima apa adanya/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi menerima apa adanya/ Foto: Freepik.com

Pengingat pertama adalah menerima ketidaksempurnaan dalam diri sendiri dan orang lain. Tanamkanlah di dalam prinsip bahwa setiap orang itu unik dan setiap orang berusaha melakukan yang terbaik yang ia mampu. Dengan begitu, ketika dalam kondisi terbaik, maka bagus. Sebaliknya, jika kondisinya buruk maka tidak masalah.

Setiap orang memiliki kekurangan dan setiap orang membuat kesalahan. Berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri dan orang lain karenanya. Lebih baik lagi jika melihat kegagalan dan kesalahan sebagai pengalaman belajar yang dapat membantu bertumbuh dan menjadi orang yang lebih baik.

Bangun Koneksi

Ilustrasi membangun koneksi/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi membangun koneksi/ Foto: Freepik.com

Setiap orang membutuhkan hubungan yang intim secara emosional dengan orang lain. Ketika merasa terhubung dengan orang lain, maka akan muncul perasaan lebih sehat, lebih sukses dan lebih bahagia. Untuk itu cobalah untuk menghubungi orang lain bahkan ketika kamu sibuk.

Tidak perlu cara yang merepotkan, cukup dengan mengirim pesan singkat untuk memberitahu bahwa kamu sedang memikirkan mereka. Jika memiliki banyak waktu cobalah menemui seseorang untuk sekadar bercengkrama sambil meminum teh atau makan siang dan jalan-jalan di taman. Kontak sosial yang lebih ramah, menyenangkan dan saling mendukung akan membuat kamu semakin bahagia.

Berhenti Menghakimi Diri Sendiri dan Orang Lain

Ilustrasi berhenti menghakimi diri/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berhenti menghakimi diri/ Foto: Freepik.com

Tanpa disadari, perilaku menghakimi memang kerap terjadi. Coba saja nyalakan TV, dengan sekejap mata kamu akan melihat bahwa ada banyak sugesti yang memberitahu bagaimana seharusnya berpenampilan, berpakaian, bersikap dan lainnya.

Namun jika dipikirkan lebih matang, bukankah lebih baik jika membebaskan diri dari hal-hal yang seperti itu dan menjadi diri sendiri? Agar hal ini dapat dilakukan, penting untuk mengistirahatkan diri sejenak. Hal ini dilakukan guna menghindari upaya untuk membandingkan diri dengan kepada orang lain. Dengan begitu, perasaan bahagia lebih mudah untuk didapat.

Pilih Kebahagiaan Daripada Hal Negatif

Ilustrasi berpikir positif/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berpikir positif/ Foto: Freepik.com

Abraham Lincoln pernah berkata bahwa “kebanyakan orang bahagia seperti yang mereka pikirkan”. Sederhananya, perkataan Abraham Lincoln ini bermakna bahwa kita adalah apa yang kita pikirkan. Jika seseorang memikirkan pikiran negatif maka pandangannya akan mencerminkan hal yang negatif pula.

Sebaliknya, jika memikirkan hal yang positif, mungkin hal tersebut juga bisa terjadi. Afirmasi dapat menjadi alat yang berguna dalam hal ini. Cobalah untuk mengungkapkan kalimat afirmasi sebelum memulai hari seperti mengatakan "saya menikmati hidup saya", "saya orang yang bahagia", " hidup ini adalah kehidupan yang baik" dan masih banyak kalimat afirmasi positif lainnya yang bisa dicoba.

Temukan dan Ungkapan Rasa Syukur

Ilustrasi bahagia/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi bahagia/ Foto: Freepik.com

Banyak orang menyatakan bahwa memulai hari dengan daftar rasa syukur sebanyak 10 hal bisa menjadi kunci kebahagiaan mereka. Sebenarnya, ada banyak penelitian yang mendukung hal ini.

Dr. Brene Brown telah mempelajari akar kebahagiaan dan melakukan ribuan wawancara secara mendalam. Melalui hal tersebut, ia kemudian mengidentifikasi suatu perbedaan utama antara orang yang bahagia dan orang yang tidak bahagia.

Orang yang bahagia bersyukur atas apa yang mereka miliki. Penelitian lebih lanjut tentang rasa syukur juga memberitahu bahwa orang yang bersyukur atas apa yang mereka miliki cenderung berfokus pada kekuatan daripada kelemahan mereka.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE