sign up SIGN UP

Studi: Lemak Perut pada Perempuan Ternyata Lebih Berbahaya, Kok Bisa? Ini Penjelasannya

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Selasa, 13 Sep 2022 09:30 WIB
Studi: Lemak Perut pada Perempuan Ternyata Lebih Berbahaya, Kok Bisa? Ini Penjelasannya
caption

Perut rata adalah dambaan setiap perempuan. Namun jika lingkar pinggang sudah lebih dari 35 inci, bisa dipastikan bahwa kamu sudah menimbun terlalu banyak lemak penyebab perut buncit.

Dilansir dari New York Times, lemak perut (visceral fat) bukan hanya mengganggu penampilan, namun juga mengancam kesehatan. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, kondisi ini bisa memicu demensia, gangguan jantung, hingga kanker. Lalu, benarkah jika lemak perut pada perempuan bisa berakibat lebih berbahaya dibanding pada pria? Simak ulasan berikut ini!

Perempuan Lebih Berisiko Mengalami Gangguan Jantung

Bahaya Lemak Perut pada Perempuan/Foto: Unsplash.com/Volodymyr Hryshchenko
Bahaya Lemak Perut pada Perempuan/Foto: Unsplash.com/Volodymyr Hryshchenko

Melansir Harvard Medical School, dalam Journal of American Heart Association edisi 6 Maret, sebuah penelitian dilakukan kepada 500 ribu orang yang hampir separuhnya adalah perempuan. Mereka adalah warga Inggris yang berada pada rentang usia 40-69 tahun.

Para peserta penelitian menjalani pengukuran tubuh dan pencatatan untuk mengetahui siapa saja yang mengalami serangan jantung selama tujuh tahun ke depan. Adapun pengukuran dilakukan berdasarkan indeks massa tubuh, serta perbandingan berat badan dan tinggi badan.

Hasil penelitian mengungkap bahwa, peserta perempuan dengan ukuran berlebih di sekitar pinggang hingga pinggul ternyata berisiko mengalami serangan jantung 10-20 persen lebih besar dibanding mereka yang memiliki lingkar perut normal.

Bahaya Lemak Perut Pada Perempuan

Bahaya Lemak Perut pada Perempuan/Foto: Unsplash.com/Sasun Bughdaryan
Bahaya Lemak Perut pada Perempuan/Foto: Unsplash.com/Sasun Bughdaryan

Perut buncit bisa terjadi baik pada pria maupun perempuan. Meski demikian, berbagai studi menyebutkan bahwa timbunan lemak perut justru lebih berisiko menyebabkan gangguan kesehatan jika terjadi para perempuan.

Lemak perut yang terlalu banyak menyelimuti organ dalam seperti hati, lambung, dan usus, akan membuat kinerja organ-organ tersebut terganggu.Karena itu muncullah resistensi insulin yang menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan juga stroke. Kondisi ini juga bisa menjadi pemicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Selain itu, timbunan lemak perut juga dapat menimbulkan gangguan tidur. Jika kamu tidak pernah melakukan olahraga rutin, maka lambat laun lemak perut ini akan menumpuk pada rongga perut, sehingga membuat perut menjadi buncit.

Cara Mengurangi Lemak Perut

Bahaya Lemak Perut pada Perempuan/Foto: Unsplash.com/Total Shape
Bahaya Lemak Perut pada Perempuan/Foto: Unsplash.com/Total Shape

Nah, untuk menghindari bahaya timbunan lemak perut yang sudah disebutkan tadi, kamu bisa melakukan cara-cara berikut ini untuk hidup yang lebih sehat serta usia yang panjang.

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara mencegah berat badan naik dengan cara mengubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat yang mencakup aktivitas fisik dan pola makan.

Makanlah makanan dengan kandungan serat tanpa meninggalkan sumber protein dan karbohidrat. Selain itu, ganti minuman manis kamu dengan air putih atau jus buah tanpa tambahan zat pemanis apapun.

Tidak hanya itu, kamu juga harus memperbanyak gerakan setiap hari. Mulailah banyak bergerak beraktivitas dan merutinkan olahraga, minimal 150 menit dalam seminggu. Dengan demikian, lemak akan terbakar secara kontinyu sehingga meminimalisir penumpukan. Yuk, sayangi dirimu dari sekarang!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id