sign up SIGN UP

Tetap Cantik Meski Ada Jerawat, 5 Makeup Hacks Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Menyamarkannya

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Jumat, 17 Jun 2022 08:45 WIB
Tetap Cantik Meski Ada Jerawat, 5 Makeup Hacks Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Menyamarkannya
Ingin Makeup Tapi Ada Jerawat? 5 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Menyamarkannya
Jakarta -

Menggunakan makeup di kulit berjerawat sering menimbulkan efek samping seperti kulit semakin berminyak, sensitif, hingga kering. Kemudian membuat makeup menjadi tidak bagus dan bahkan tidak lengket di kulit. Apalagi kalau kulit kamu acne prone dan tidak dibersihkan dengan benar akan menimbulkan jerawat lebih banyak lagi.

Namun kamu tak perlu khawatir, dihimpun dari Very Well Health, di bawah ini ada cara ampuh untuk menyamarkan jerawat saat ingin makeup. Tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak, yuk simak pembahasannya di bawah in!

Bersihkan Wajah

Bersihkan Wajah
Ilustrasi Bersihkan Wajah/Foto: pexels.com/Ron Lach

Wajib hukumnya membersihkan wajah sebelum makeup karena berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di kulit wajah. Kamu bisa menggunakan facial wash apapun yang penting sesuai dengan jenis dan kondisi kulit kamu.

Setelah wajah kamu dibersihkan, aplikasikan pelembab dengan hidrasi yang cukup tinggi. Ini bermanfaat untuk mengatasi terjadinya kulit kering dan terkelupas saat makeup.

Makeup dengan Urutan yang Tepat

Makeup dengan Urutan yang Tepat
Ilustrasi Mekeup/Foto: freepik.com/jcomp

Salah satu kunci makeup yang tepat untuk kulit berminyak adalah mengaplikasikan produk dengan urutan yang tepat, dari tekstur cair atau krim hingga ke bubuk. Hal ini berguna agar makeup kamu lebih flawless, tidak menyumbat pori-pori, dan beauty.

Saat mengaplikasikannya, gunakan brush atau sponge yang berfungsi untuk mengurangi jerawat semakin meradang atau kulit menjadi kemerahan. 

Aplikasikan Concealer Hijau di Jerawat

Aplikasikan Concealer Hijau di Jerawat
Concealer Hijau untuk Jerawat/Foto: pexels.com/RODNAE Productions

Concealer hijau dinilai bisa menutupi kulit yang kemerahan karena jerawat. Caranya dengan mengoleskan concealer merah dengan tangan atau sponge ke kulit yang sedang berjerawat. Kemudian di blend secara merata dan jangan di gosok. Tujuannya agar makeup kamu lebih smooth.

Gunakan Concealer di Kulit Wajah Kamu

Gunakan Concealer di Kulit Wajah Kamu
Ilustrasi menggunakan concealer/Foto: freepik.com/lookstudio

Concealer berfungsi untuk memberi coverage lebih baik lagi setelah foundation. Kamu bisa menggunakan concealer yang cocok dengan warna kulit kamu untuk menghindari abu-abu di bawah mata.

Namun, perlu diingat, jangan berlebihan saat menggunakan concealer, karena bisa menyebabkan makeup nge-crack. Kemudian ratakan dengan jari secara lembut dan terakhir set dengan bedak tabur kesukaan kamu.

Set Makeup dengan Bedak Tabur

Set Makeup dengan Bedak Tabur
Bedak tabur/Foto: pexels.com/MART PRODUCTION

Terakhir, untuk hasil makeup yang matte dan tahan lama aplikasikan bedak tabur. Bedak tabur juga berfungsi untuk menyerap minyak berlebih di kulit wajah agar makeup matte seharian. Kamu juga bisa mengganti bedaknya dengan bedak translucent yang lebih ringan untuk kulit berjerawat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id