STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Cara Menyembuhkan Diri Setelah Mengalami Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Minggu, 23 Oct 2022 10:00 WIB
6 Cara Menyembuhkan Diri Setelah Mengalami Tindak Kekerasan dalam Rumah Tangga

Tindak kekerasan dalam rumah tangga menjadi kasus yang cukup sering terjadi di tengah masyarakat. Fakta yang diterbitkan oleh WHO, hampir sepertiga perempuan di seluruh dunia pernah mengalami kekerasan dari pasangan, Beauties.

Menerima tindak kekerasan tentu dapat meninggalkan trauma secara fisik maupun mental. Sulit memang, tetapi jika kamu bisa memahami bagaimana pulih dari trauma tersebut maka segalanya dapat teratasi.

Berikut ini, ada beberapa langkah terbaik untuk memulai proses penyembuhan akibat tindak kekerasan dalam rumah tangga.

1. Jauhkan Diri dari Pelaku

Segera beri jarak dan lindungi diri dari jangkauan pelaku.
Jangan ada di dekat pelaku kekerasan/Foto:Freepik.com/Freepik


Dilansir dari laman Psych Central, rasa aman adalah hal utama yang dibutuhkan sehingga langkah pertama ialah menjauhkan diri dari pelaku.

Menjaga jarak dari pelaku bertujuan untuk mendapatkan kembali perasaan aman secara fisik serta mental. Di awal mungkin kamu ragu, tetapi menyadari bahwa hubungan tidaklah sehat membuat berjalan jauh adalah pilihan terbaik untuk dilakukan.

2. Akui Emosi yang Kamu Rasakan 

Ketimbang menghindar, lebih baik kamu mengakui segala perasaan dan luka yang kamu rasakan.
Jangan menyangkal emosi/Foto:Freepik.com/Beststudio


Fase terberat ketika melewati trauma ialah mendapati diri terlalu takut untuk jujur atas emosi yang dirasakan. Luka yang seharusnya sembuh malah menyakiti diri kamu sendiri karena terus-terusan ditutupi.

Beauties, biarkan diri kamu menangis bahkan marah karena perasaan tidaklah salah. Pelan tapi pasti, kamu akan sampai pada titik di mana kamu merasa lega untuk mengungkit cerita lama sebagai bukti, bahwa kamu telah berhasil melepas trauma yang ditinggalkan.

3. Membangun Kembali Stabilitas 

Jika sebelumnya saat terjerak hubungan kasar segalanya menjadi tidak seimbang, maka saatnya kamu memperbaiki semua hal tersebut.
Perbaiki segala aspek seperti semula/Foto:Freepik.com/Senivpetro


Kondisi yang sebelumnya kacau, membuatmu jadi perlu bisa membangun kembali stabilitas. Mulai dari mental, kinerja diri hingga lingkungan sekitar untuk mempermudah proses penyembuhan.

Cobalah untuk pelan-pelan menerima kondisi, sembari fokus pada setiap hal baik yang dapat kamu lakukan. Teruslah berpikir positif dan perlahan tapi pasti, kamu akan kembali baik seperti semula. 

4. Cintai Lagi Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri adalah jalan keluar untuk lepas dari bayang-bayang perasaan bersalah akibat hubungan yang tidak sehat.
Lebih mencintai diri sendiri/Foto:Freepik.com/Freepik


Perasaan bersalah setelah berada dalam hubungan kasar membuat segalanya terasa sulit. Satu hal penting untuk membuatmu terbebas ialah dengan mencintai diri seperti yang dilansir dari laman Healthshot.

Gunakan banyak waktu untuk memperhatikan diri seperti kebutuhan makanan, istirahat serta perawatan lainnya. Kasih sayang yang besar untuk diri sendiri membuatmu merasa layak dan tidak lagi ada rasa kehilangan atas dirinya yang telah memperlakukanmu dengan tidak baik.

5. Jangan Ragu untuk Datang ke Profesional 

Mengingat kompleksnya luka batin akibat tindak kekerasan, maka kamu dianjurkan untuk meminta bantuan kepada profesional.
Minta bantuan profesional usai mendapat pengalaman kekerasan dalam rumah tangga/Foto:Freepik.com/Seventyfour


Konflik batin yang begitu kompleks bisa menjadi tantangan tersendiri, sehingga kamu butuh bantuan seseorang yang lebih ahli.

Berkonsultasi dengan psikolog ataupun terapis, akan membantumu bercerita dengan nyaman tentang kondisi psikologis yang selama ini dipendam. Semakin kamu terbuka maka semakin mudah pula untuk mereka membantu kamu menuju penyembuhan.

6. Tetapkan Batasan 

Cegah diri kamu terjebak dalam hubungan kasar lain dengan tegas untuk menerapkan personal bondaries.
Terapkan batasan untuk orang lain/Foto:Freepik.com/Drazenzigic


Kesadaran untuk melindungi diri sendiri ialah penting dalam proses penyembuhan. Tetapkan standar tentang bagaimana kamu ingin diperlakukan dan jangan pernah ragu untuk katakan tidak ketika orang lain melanggar hal tersebut. 

Seperti yang dilansir dari laman Healthy Place, berani menetapkan batasan bukan hanya mengembalikan kendali atas diri sendiri namun juga mencegah kamu kembali terjebak dalam hubungan kasar lainnya. 

Beauties, tidak ada yang pantas untuk mendapatkan kekerasan, terlebih dari pasangan dipercaya. Bagi kamu yang mengalami hal tersebut, beberapa cara di atas dapat kamu lakukan untuk menyembuhkan diri, sehingga hidup terasa lebih bahagia tanpa adanya bayang-bayang masa lalu. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE