sign up SIGN UP

6 Cara Mudah Atasi Perut Buncit Setelah Lebaran, Beauties Wajib Tahu Nih!

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 17:00 WIB
6 Cara Mudah Atasi Perut Buncit Setelah Lebaran, Beauties Wajib Tahu Nih!
caption

Saat Lebaran, berat badan kita cenderung naik yang mengakibatkan perut menjadi buncit. Hal ini dikarenakan kita banyak mengkonsumsi makanan berminyak, bersantan, ataupun makanan manis. 

Tidak hanya akan mengganggu penampilan, perut buncit dapat menjadi tanda gejala penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker. Untuk atasi perut buncit setelah lebaran, Beauties bisa ikuti cara berikut ini, ya. Semoga membantu! 

1. Rutin Latihan Aerobik

Rutin Latihan Aerobik
Rutin Latihan Aerobik/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Latihan aerobik atau kardio menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi lemak di perut dan menjaga kesehatan. Walaupun begitu, hasil dari latihan aerobik ini beragam tergantung dari intensitasnya. 

Kalau Beauties tidak punya banyak waktu untuk latihan aerobik, Beauties bisa rutin berjalan-jalan pagi atau jogging untuk membuat tubuh tetap bergerak. Rutin berolahraga dapat memperlancar sistem pencernaan. Demikian yang dilansir dari laman Woman's Day

2. Kurangi Minuman Manis

Kurangi Minuman Manis
Kurangi Minuman Manis/Foto : pexels.com/Artem Beliaikin

Minuman manis cenderung mengandung fruktosa tinggi yang menyebabkan peningkatan lemak di tubuh. Mengkonsumsi minuman manis justru dinilai lebih buruk dibandingkan makanan manis. Hal ini dikarenakan otak tidak memproses kalori cair sama dengan yang padat, seperti yang dilansir dari jurnal national library of medicine.

Salah satu studi dalam 10 minggu menunjukkan peningkatan lemak di area perut yang signifikan pada orang yang mengkonsumsi minuman dengan fruktosa tinggi. Hal ini juga dapat menyebabkan obesitas atau kegemukan. 

3. Mengelola Stres

Membatasi Tingkat Stres
Membatasi Tingkat Stres/Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio

Saat Lebaran, beberapa dari kita sering kali mendapatkan pertanyaan yang dapat memicu stres atau emosi berlebih. Bagaimana cara kita menanganinya merupakan hal yang penting. Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon stres atau kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan. 

Meningkatnya nafsu makan dapat membuat berat badan naik dan memicu perut buncit. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan hal yang menyenangkan untuk meredakan stres, seperti yoga, olahraga, atau lainnya. 

4. Konsumsi Lebih Banyak Serat

Konsumsi Lebih Banyak Serat
Konsumsi Lebih Banyak Serat/Foto : pexels.com/Foodie Factor

Mengutip dari laman Medical News Today, makanan berserat dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Salah satu yang menyebabkan perut buncit adalah sistem pencernaan yang tidak lancar, sehingga lemak menumpuk di dalam tubuh. 

Makanan yang kaya akan serat, seperti roti gandum, buah, kacang-kacangan, atau sayuran tertentu dapat membuat kita kenyang lebih lama dan memperlambat sistem pencernaan. 

5. Kualitas dan Jam Tidur Cukup

Kualitas dan Jam Tidur Cukup
Kualitas dan Jam Tidur Cukup/Foto : pexels.com/Craig Adderley

Tidur menjadi salah satu aspek penting untuk menjaga kesehatan, termasuk berat badan. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur, berat badannya cenderung naik termasuk lemak di perut. Demikian yang dilansir dari laman WebMD

Mencukupi jam tidur 7 - 8 jam dapat menurunkan berat badan dan menjaga badan tetap sehat, sehingga memiliki cukup energi untuk beraktivitas seharian. 

6. Banyak Minum Air Putih dan Kurangi Soda

Banyak Minum Air Putih dan Kurangi Soda
Banyak Minum Air Putih dan Kurangi Soda/Foto : pexels.com/Pixabay

Minuman bersoda mengandung mengandung gas yang dapat menumpuk di perut dan menyebabkan perut menjadi buncit. Oleh karena itu, setelah makan berminyak atau berlemak sebaiknya minum air putih dan hindari minuman manis. 

Air putih dapat memperlancar sistem pencernaan, mengatasi sembelit, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id