sign up SIGN UP

Penelitian Ungkap Persiapan Mudik Bisa Bikin Stres yang Menyebabkan Sembelit, Ini Penjelasannya

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Rabu, 27 Apr 2022 16:30 WIB
Penelitian Ungkap Persiapan Mudik Bisa Bikin Stres yang Menyebabkan Sembelit, Ini Penjelasannya
caption
Jakarta -

Beauties, apakah kamu berencana untuk mudik di Lebaran tahun ini? Jika iya, pastikan kamu merencanakannya dengan baik namun tetap memperhatikan kesehatan, ya! Sebab menurut penelitian, ternyata stres yang dialami saat mudik bisa menyebabkan sembelitlho!

Sembelit adalah salah satu masalah kesehatan yang paling umum namun sering diabaikan. Mungkin penyebab sembelit yang sering kali diketahui adalah tidak banyak bergerak, tidak cukup makan serat, kehamilan, ataupun mengalami gangguan pencernaan, seperti iritasi pada usus besar.

Tapi, bagaimana stres saat mudik bisa menyebabkan sembelit? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Hubungan Stres dan Sembelit

Air beras dapat mengatasi sembelit.Ilustrasi sembelit/Foto: Freepik.com

Stres mental dan sembelit ternyata berhubungan, Beauties. Dikutip dari Health Digest, terdapat sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan oleh Expert Review of Gastroenterology and Hepatology yang melaporkan bahwa stres mempengaruhi mikrobioma usus. Ini menyebabkan perubahan kebiasaan buang air besar hingga mempengaruhi motilitas lambung, yaitu kontraksi otot-otot yang membantu memecah makanan. 

Dari hal-hal tersebut, dampaknya yakni penyerapan nutrisi tidak berjalan maksimal serta dapat memicu peradangan usus, sehingga dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan. Studi lain pun mengonfirmasi penelitian ini. Berdasar Journal of Tropical Pediatrics, para peneliti menyelidiki efek stres pada hampir 2.700 anak berusia 10 hingga 16 tahun dan menemukan bahwa lebih dari 15 persen mengalami sembelit. 

Masalah ini lebih sering terjadi pada anak-anak yang mengalami kehidupan yang penuh tekanan, seperti masalah keluarga. Para ilmuwan juga menjelaskan bahwa stres mental mempengaruhi fungsi usus dan menyebabkan gejala pencernaan.

Stres Saat Mudik Bisa Terjadi

Penelitian: Mempersiapkan Mudik Bisa Membuat Stres dan Dapat Menyebabkan Sembelit!
Mudik Bisa Menyebabkan Sembelit/Foto: pexels.com/Anna Shvets

Walaupun mungkin kamu bersukacita karena akan berlibur dan melepas rindu dengan keluarga, mudik juga bisa membuatmu stres hingga mengalami sembelit. Dilansir dari Health Digest,  bepergian dapat menyebabkan sembelit dikarenakan oleh perubahan rutinitas yang dapat menyebabkan stres psikologis.

Selain itu, tubuhmu mungkin perlu waktu untuk beradaptasi dengan makanan baru dan zona waktu baru. Walaupun ini merupakan hal kecil, para ahli menyatakan bahwa hal-hal baru yang memerlukan adaptasi memang dapat menyebabkan stres, termasuk seperti melakukan perjalanan hingga  mengemasi barang-barang.

Jadi, Apa yang Harus Dilakukan?

Penelitian: Mempersiapkan Mudik Bisa Membuat Stres dan Dapat Menyebabkan Sembelit!
Yoga/Foto: pexels.com/Cliff Booth

Sebagai permulaan, kamu bisa meningkatkan asupan air dan juga serat. Selain itu, buatlah komitmen untuk berolahraga secara teratur setelah sampai di tempat tujuan yang dapat membuat fungsi usus bergerak secara maksimal serta dapat menghilangkan stres. Olahraga yang mungkin bisa kamu coba adalah yoga dan meditasi. Tak hanya itu, aktivitas sosial juga bisa membantumu mengurangi stres, lho!

Yuk, persiapkan mudik dengan baik namun tetap menjaga kesehatan untuk membuat perjalanan mudik menjadi menyenangkan tanpa hambatan, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id