STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Cara yang Perlu Orang Tua Lakukan dalam Melindungi Anak dari Ancaman Gagal Ginjal Akut Misterius

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Sabtu, 29 Oct 2022 10:00 WIB
6 Cara yang Perlu Orang Tua Lakukan dalam Melindungi Anak dari Ancaman Gagal Ginjal Akut Misterius

Menurut data Kementerian Kesehatan per 24 Oktober lalu, terdapat 143 anak meninggal dunia akibat gagal ginjal misterius. Lalu disusul dengan disorotnya beberapa obat-obatan yang diduga mengandung pemicu gangguan ginjal.

Menyikapi kondisi ini, orang tua tentu harus mengambil sejumlah tindakan perlindungan sedini mungkin untuk mencegah risiko gagal ginjal terjadi pada anak. Selain menjauhi daftar obat yang telah dilarang Kementerian Kesehatan bersama BPOM RI, tentunya perlu dilengkapi sejumlah cara lain.

Lantas, apa sajakah perlindungan yang bisa dilakukan oleh orang tua? Simak cara-caranya berikut ini!

1. Terapkan Pola Makan Sehat

Rutin mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah akan menjaga ginjal tetap sehat.
Konsumsi makanan sehat/Foto:Freepik.com/2kassets

Semakin lengkap nutrisi yang masuk maka menjaga anak agar tetap sehat, tidak gampang sakit, juga semakin baik pula fungsi ginjal. Membiasakan anak mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah menjadi cara terbaik untuk melindungi ginjal sekaligus kesehatan tubuhnya. Jauhkan anak dari makanan tinggi natrium yang merupakan salah satu dari penyebab dari penyakit ginjal.

2. Memantau Berat Badan Anak 

Pantau terus berat badan anak agar tidak berlebihan hingga obesitas.
Obesitas bisa merusak ginjal/Foto:Freepik.com/Freepik

Anak tumbuh gemuk sering disalahkaprahkan sebagai patokan tubuh sehat. Kondisi ini justru berisiko memicu gangguan kesehatan seperti diabetes, jantung hingga gagal ginjal, seperti yang dilansir dari laman Healthline. 

Penting bagi orang tua untuk selalu memantau perkembangan berat badan anak. Lakukanlah kontrol rutin ke dokter untuk mencegah anak mengalami berat badan berlebih atau obesitas.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan Anak 

Biasakan anak untuk rajin minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi dan merusak kesehatan ginjalnya.
Banyak minum air putih/Foto:Freepik.com/Alexander


Dilansir dari laman Very Well Family, anak membutuhkan 5 sampai 11 gelas air di setiap harinya. Selain menunjang aktivitas, kebutuhan air ini diperlukan untuk memperlancar peredaran darah serta menjaga kesehatan ginjal.

Ketika kekurangan cairan, aliran darah yang membawa nutrisi ke ginjal menjadi terganggu yang kemudian memicu gangguan ginjal pada anak. 

4. Hati-hati dalam Memberi Obat 

Ketika anak sakit, jangan terburu-buru untuk memberikan obat karena dikhawatirkan dapat merusak ginjal.
Pemberian obat sembarang sebabkan ginjal rusak/Foto:Freepik.com/Proostoleh

Kuatnya dugaan obat pemicu gagal ginjal membuat orang tua harus ekstra hati-hati. Bila anak panas, sebaiknya hindari terburu-buru memberikan obat dan lakukanlah cara alami terlebih dulu seperti mengompres air hangat atau menerapkan metode skin to skin. Jika tidak ampuh dan harus membutuhkan obat, sebaiknya bawa ke dokter.

5. Biasakan Anak Aktif Bergerak 

Anak yang banyak bergerak memiliki kekebalan yang lebih kuat sekaligus terhindar dari resiko gagal ginjal.
Perbanyak aktivitas fisik/Foto:Freepik.com/Freepik

Banyak orang tua yang membatasi gerak anak karena khawatir cepat sakit. Faktanya, dari studi pada American College of Sports Medicine, aktif bergerak dapat memperkuat kekebalan tubuh serta kinerja ginjal anak. 

Pilihlah aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah seperti bermain bola, lompat tali atau petak umpet. Berikanlah pujian setiap kali anak berhasil melakukan permainan agak mereka termotivasi dan tidak malas untuk bergerak. 

6. Jangan Biarkan Anak Jajan Sembarangan 

Jajan sembarangan menjadi salah satu penyebab dari banyaknya gangguan kesehatan salah satunya gagal ginjal.
Hindari jajan sembarangan/Foto:Freepik.com/Gpointstudio

Tidak jelasnya kandungan dalam jajanan sembarang dapat memicu gangguan kesehatan salah satunya gagal ginjal. Supaya terhindar dari ancaman tersebut, berikanlah pengertian pada anak untuk menghindari kebiasaan jajan sembarangan. Kreasikan camilan sehat dari sayuran atau smoothie sebagai bekal untuk dibawa ke sekolah.

Beauties, kesehatan anak penting untuk diperhatikan oleh orang tua. Yuk, mulai terapkan 6 bentuk perlindungan di atas agar anak terhindar dari ancaman gagal ginjal serta penyakit lainnya. 

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE