STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

6 Jenis Makanan yang Ternyata Tak Bisa Dikonsumsi Bersamaan, Duh Kenapa?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Sabtu, 05 Nov 2022 10:30 WIB
6 Jenis Makanan yang Ternyata Tak Bisa Dikonsumsi Bersamaan, Duh Kenapa?

Mengombinasikan makanan dalam satu piring merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Namun, ada beberapa jenis makanan yang tidak bisa dimakan bersamaan, loh!

Hal itu berdampak pada penyerapan protein dan nutrisi dari makanan yang tidak bisa terserap secara maksimal. Akibatnya, Beauties akan merasakan kembung, sakit perut, dan gangguan pencernaan lainnya.

Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya menghindari mengkombinasikan makanan-makanan berikut ini. Melansir dari Ayurvedic Institute, deretan jenis makanan yang perlu Beauties hindari untuk dikonsumsi bersamaan. Simak penjelasannya!

1. Buah dan Yogurt

Buah dan Yogurt dapat menghasilkan racun dan menyebabkan diare
Buah dan Yoghurt/ Foto: Freepik.com/author/kamranaydinov

Mencampurkan buah-buahan dengan yoghurt merupakan perpaduan yang tepat. Sering kali makanan satu ini dijadikan menu sarapan untuk diet.

Namun, mengombinasikan kedua jenis makanan tersebut dapat mempengaruhi pencernaan, loh. Hal ini karena yoghurt mengandung protein dan buah-buahan mengandung asam, apabila dikonsumsi bersamaan akan menghasilkan racun dan menyebabkan diare.

2. Susu Kedelai dan Telur

Susu Kedelai dan Telur dapat membuat protein tidak terserap sempurna oleh tubuh
Susu Kedelai dan Telur/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Telur merupakan makanan tinggi protein, sedangkan susu kedelai memiliki sifat yang dapat mengurangi aktivitas dari enzim protease yang digunakan tubuh untuk mencerna protein. Saat kedua makanan tersebut dikonsumsi bersamaan maka protein tidak dapat terserap sempurna yang menyebabkan tubuh kekurangan protein.

3. Buah-buahan dan Susu

Buah dan Susu yang dikonsumsi bersamaan dapat membuat tubuh sulit mencernanya
Buah-buahan dan Susu/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Alasan buah-buahan tidak dapat dimakan bersamaan dengan susu adalah karena buah-buahan mengandung asam, apabila dikonsumsi bersama dengan susu yang tinggi protein maka tubuh akan kesulitan untuk mencernanya. Untuk itu, hindari memakan buah-buahan dengan campuran susu di atasnya ya, Beauties.

4. Teh dan Susu

Teh dan Susu yang dicampur dapat membuat nutrisi yang ada terhambat
Teh dan Susu/ Foto: Freepik.com/author/fahrwasser

Banyak ditemukan minuman teh dicampur dengan susu di dalamnya. Kedua campuran minuman ini memang sangat pas dan terasa enak diminum saat haus.

Namun, perlu Beauties ketahui bahwa mencampur teh yang memiliki kandungan antioksidan dan susu tinggi protein bersamaan dapat membuat nutrisi dari makanan tersebut terhambat. Karena sifat protein pada susu dapat mengikat antioksidan di dalam teh yang membuatnya tidak bisa jika dikonsumsi bersamaan.

5. Pisang dan Susu

Pisang dan Susu memiliki protein yang sangat tinggi membuat tubuh sulit untuk mencernanya
Pisang dan Susu/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Sering dijadikan menu sarapan simpel dan mengenyangkan, tapi ternyata pisang dan susu tidak bisa dikonsumsi bersamaan, loh. Hal ini disebabkan oleh kandungan kedua makanan ini yang tinggi protein dan mengenyangkan, membuat perut merasa kekenyangan dan terlalu begah. Sehingga, kedua makanan ini sulit untuk dicerna tubuh secara bersamaan.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE