STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bukan Gula Putih, 5 Alternatif Pemanis Alami Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Kamis, 27 Oct 2022 06:45 WIB
Bukan Gula Putih, 5 Alternatif Pemanis Alami Ini Aman Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita, baik oleh usia muda maupun orangtua. Bahkan menurut CDC, 37,3 juta orang di AS menderita diabetes dan 96 juta orang menderita pradiabetes.

Ada dua jenis diabetes, yakni tipe 1, yang juga dikenal sebagai diabetes juvenile-onset atau insulin-dependent, dan diabetes tipe 2, yang sebagian besar terkait gaya hidup dan berkembang seiring waktu.

Jika tidak diobati, diabetes bisa menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih serius lagi, seperti kerusakan saraf, gagal ginjal, kebutaan, penyakit jantung, dan amputasi. Bagi penderita diabetes tentu harus memerhatikan konsumsi makanan sehari-hari, terutama gula atau yang mengandung gula.

Dilansir dari detikFood, ini dia deretan alternatif pemanis atau gula alami yang akan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Apa saja, simak yuk!

1. Stevia

Stevia
Stevia/Foto: Freepik.com/Jcomp

Deretan gula alami yang pertama yaitu stevia. Stevia adalah pemanis alami yang terbuat dari daun stevia.

Saat ini, banyak produk gula diet menggunakan stevia sebagai bahan dasar yang lebih sehat. Stevia memiliki nol kalori dan lebih manis dari gula.

Mengganti gula dengan stevia membantu mencegah penambahan berat badan dan lonjakan gula darah. Sebaiknya konsumsi stevia di siang hari untuk menghindari penumpukan karbohidrat di malam hari.

2. Kurma

Kurma
Kurma/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Kurma merupakan salah satu buah yang juga dikenal sebagai pemanis alami terbaik. Kurma mengandung fruktosa, yang membuat rasa buah ini semanis gula. 

Buah yang selalu identik dengan bulan Puasa ini mengandung banyak nutrisi seperti serat, potasium, zat besi dan magnesium, yang berkontribusi pada produksi protein dalam tubuh. Karena komposisi dan sifat kurma yang sangat kaya, banyak ahli merekomendasikan untuk mengganti gula dengan kurma.

3. Madu

Madu
Madu/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Madu mengandung mineral dan vitamin penting. Konsumsi satu sendok makan madu, kamu bisa mendapatkan kalsium, kalium, vitamin C, B1, B2, B3, B5, dan B6.

Selain itu, madu memiliki indeks glikemik yang rendah dibandingkan gula, sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Madu mengandung antibakteri, antijamur, dan juga mengandung bahan antiinflamasi. 

4. Gula Merah

Gula Merah
Gula Merah/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Gula merah adalah gula yang berasal dari pohon aren dan memiliki rasa manis yang khas mirip dengan sari buah kelapa. Gula merah dibuat secara berbeda, gula merah mengandung sirup alami yang tidak dimiliki gula putih.

Pemanis alami yang satu ini dapat membantu mengontrol keseimbangan elektrolit dan mencegah dehidrasi. Manfaat yang ditawarkan juga beragam, mulai dari sebagai pengawet, menjaga kesehatan pencernaan, hingga meningkatkan energi.

5. Gula Aren

Malaysian palm sugar or Gula Melaka on a wooden surfaceIlustrasi gula aren/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Sporran

Gula aren dibuat dari olahan tebu, dengan melewati proses penambahan molase, yang membuatnya lebih bergizi daripada gula putih. Selain itu, gula aren juga mengandung zat gizi mikro seperti kalsium, zat besi, seng, kalium, fosfor dan vitamin B6, yang diperlukan untuk mendukung fungsi organ tubuh. Selain rasanya yang manis, manfaat gula aren lainnya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Nah Beauties, itu dia deretan pemanis alami pengganti gula putih yang lebih aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes! Namun sebaiknya, tetap gunakan secukupnya saja ya, jangan berlebihan karena yang berlebihan tentu tidaklah baik!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE