sign up SIGN UP

6 Jenis Teh yang Bikin Kulit Auto Glowing dan Sehat

Ayuliy Lestari | Selasa, 16 Mar 2021 20:45 WIB
6 Jenis Teh yang Bikin Kulit Auto Glowing dan Sehat
caption

Teh merupakan salah satu minuman yang sangat digemari dan paling sering dikonsumsi. Tak hanya rasanya yang nikmat, banyak kandungan-kandungan baik di dalamnya seperti vitamin A, C, E, serta polifenol yang membuat rileks dan bermanfaat untuk kesehatan.

Tak hanya kesehatan tubuh saja, beberapa jenis teh juga berpengaruh pada kecantikan kulit. Bahkan manfaat teh untuk wajah sangat beragam, mulai dari melembabkan, mencerahkan, anti peradangan dan jerawat, bahkan juga melindungi kulit dari sinar UV serta mencegah penuaan dini.

Berikut jenis-jenis teh yang memiliki banyak khasiat untuk kulit wajah. Simak yuk!

1. Teh Hijau

manfaat teh untuk kecantikan
manfaat teh untuk kecantikan/freepik.com

Teh yang satu ini memang dikenal memberikan banyak manfaat untuk kecantikan. Teh hijau sendiri berasal dari tanaman camellia sinensis yang memiliki daun tidak teroksidasi sehingga memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang tinggi.

Teh hijau mengandung molekul antioksidan epigallocatechin gallate (EGCG). Memiliki sifat antioksidan, antimikroba dan anti peradangan sehingga membuat kulit wajah sehat, teroksidasi, lembab, bahkan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan dini dan mengurangi produksi minyak berlebih di kulit.

2. Teh Chamomile

manfaat teh untuk kecantikan
manfaat teh untuk kecantikan/freepik.com

Teh dari bunga kamalia ini memiliki efek menenangkan tubuh sehingga cukup efektif meredakan stres dan membuat rileks. Bahkan juga mampu mencegah jerawat yang diakibatkan oleh stres. Selain itu kandungan flavonoid dalam teh chamomile mampu menangkal radikal bebas dan mengatasi peradangan.

Teh chamomile juga mengandung levomenol yang merupakan zat pelembab dan antiradang alami bahkan terbukti bisa membantu mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit, mengurangi rasa gatal dan memperbaiki tekstur serta elastisitas kulit.

3. Teh Oolong

manfaat teh untuk kecantikan
manfaat teh untuk kecantikan/freepik.com

Teh oolong merupakan teh yang diolah melalui proses fermentasi. Proses fermentasi inilah yang memberikan warna gelap, rasa yang sedikit pahit, dan aroma yang khas pada teh oolong. Namun kandungan zat antioksidan seperti polifenol di dalamnya bermanfaat untuk mengeluarkan racun dan menenangkan kulit.

Bahkan dengan mengonsumsi teh ini, kulit dapat terlindungi dari pigmentasi akibat sinar UV yang berbahaya. Teh oolong juga mampu menekan reaksi alergi, dapat melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

4. Teh Kombucha

manfaat teh untuk kecantikan
manfaat teh untuk kecantikan/freepik.com

Teh kombucha sudah dikonsumsi selama hampir 2000 tahun di Tiongkok. Teh ini berasal dari fermentasi teh, ragi dan gula selama seminggu atau lebih. Selama proses tersebut, zat asam, bakteri dan alkohol akan terbentuk.

Teh kombucha sendiri memiliki kandungan vitamin B1, B6, B12, dan vitamin C sehingga dapat mencerahkan kulit, mendukung fungsi seluler dan perbaikan kerusakan oksidatif serta membantu menjaga elastisitas dan menghidrasi kulit dengan baik.

[Gambas:Instagram]

5. Teh hitam

manfaat teh untuk kecantikan
manfaat teh untuk kecantikan/freepik.com

Teh hitam sebenarnya berasal dari daun camellia sinensis. Hanya saja, cara memanen dan pengolahannya cukup berbeda. Untuk menghasilkan teh hitam dibutuhkan proses yang disebut oksidasi untuk mengubah daun camellia sinensis yang berwarna hijau menjadi warna hitam kecoklatan.

Kandungan antioksidan tinggi di dalam teh hitam adalah polifenol, thearubigin, katekin dan theaflavin sehingga dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif yang disebabkan oleh aktivitas radikal bebas. Dengan teh hitam, regenerasi kulit akan lebih cepat terbentuk dan menyembuhkan jerawat dari dalam.

6. Teh Rooibos

manfaat teh untuk kecantikan
manfaat teh untuk kecantikan/freepik.com

Teh rooibos adalah teh herbal yang terbuat dari daun semak Aspalathus linearis. Teh ini bebas kandungan kafein sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil, anak-anak dan orang-orang yang memiliki alergi terhadap kafein.

Teh ini juga kaya asam alfa hidroksil dan seng yang dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Kandungan tersebut juga dapat merevitalisasi kulit dan membuat kulit cerah alami. Teh ini juga dapat membantu menyembuhkan luka dan memberikan perlindungan terhadap sinar UV yang berbahaya dari matahari.

Nah, itulah beberapa manfaat teh untuk wajah. Tak hanya menggunakan perawatan kulit di bagian luar namun kamu juga perlu merawatnya dari dalam dengan mengkonsumsi jenis-jenis teh di atas.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id