sign up SIGN UP

6 Kebiasaan Anak Muda yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Usus, Jangan Dianggap Sepele!

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 22:00 WIB
6 Kebiasaan Anak Muda yang Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Usus, Jangan Dianggap Sepele!
Kebiasaaan Anak Muda yang Menyebabkan Kanker Usus/Foto: Freepik.com/Lifestylememory
Jakarta -

Beauties, perkembangan zaman tentu berpengaruh terhadap perubahan gaya hidup. Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan anak muda yang mengikuti perkembangan zaman namun pada kenyataannya dapat memengaruhi kesehatan hingga memicu timbulnya penyakit, salah satunya risiko terkena kanker usus.

Kanker usus atau kanker kolorektal adalah kanker yang cukup ganas dan tumbuh di sekitar jaringan usus besar, biasanya muncul karena pertumbuhan sel yang tidak ganas (adenoma). Kebiasaan sehari-hari yang mungkin kurang memperhatikan kesehatan dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus.

Melansir dari CNN Indonesia, berikut ini adalah kebiasaan anak muda yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker usus. Yuk, simak!

Banyak Mengonsumsi Daging Merah atau Daging Olahan

Daging Merah/freepik.com/stockking
Daging Merah/freepik.com/stockking

Makanan selalu mengalami inovasi secara terus menerus, beragam sekali jenis dan rupanya. Tidak terkecuali daging merah atau daging olahan yang banyak dijual dan menjadi kesukaan anak muda.

Tapi hati-hati, Beauties! Mengonsumsi 50 gram daging olahan atau daging merah dapat meningkatkan risiko terkena kanker usus. Oleh karena itu jangan dikonsumsi secara berlebihan ya!

Gemar Minum Minuman Manis

Minum Minuman ManisMinum Minuman Manis/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Gula yang terkandung dalam minuman manis, ternyata tidak hanya jadi pemicu obesitas. Akan tetapi, dapat memicu peradangan yang kronis dan perkembangan berbagai jenis kanker di seluruh tubuh, termasuk kanker usus. Oleh karena itu, kamu bisa mengurangi konsumsi minuman manis dan menggantinya dengan air putih atau minuman rendah gula atau rendah kalori lainnya.

Kurang Aktif dan Malas Bergerak

Sekarang ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus banyak bergerak. Tak jarang hal ini membuat anak muda lebih sering mager dan memilih setiap kegiatan pemenuhan kebutuhannya secara online. Waspada, Beauties, kurangnya aktivitas fisik dapat memperbesar peluang terkena kanker usus.

Merokok

Merokok/rawpixel.com/Roungoroat
Merokok/rawpixel.com/Roungoroat

Merokok mungkin lebih dikenal sebagai penyebab kanker paru-paru, tapi Beauties perlu tahu juga nih. Ternyata merokok juga terkait dengan penyakit kanker lainnya, salah satunya adalah kanker usus.

Mengonsumsi Alkohol

Asupan alkohol ringan hingga sedang dikaitkan dengan beberapa risiko. Sebaiknya menghindari mengkonsumsi alkohol agar kesehatan tetap terjaga dengan baik serta menurunkan risiko terkena kanker usus.

Kelebihan Berat Badan atau Obesitas

Setiap hal yang berlebihan memang nyatanya kurang baik. Ternyata kelebihan berat badan atau obesistas juga bisa memicu penyakit kanker usus, lho! Dilansir dari laman American Cancer Society, kelebihan berat badan atau obesitas membuat seseorang lebih berisiko terkena kanker kolorektal.

Kanker Usus/freepik.com/cookie_studio
Kanker Usus/freepik.com/cookie_studio

Dilansir dari Yale Medicine, ciri-ciri yang mungkin bisa dikenali dari kanker usus diantaranya adalah sembelit dan adanya pendarahan atau perubahan mendadak dalam buang air besar. Jika gejala pemicu itu mulai dirasakan, Beauties bisa langsung konsultasikan ke dokter.

Lalu hal apa yang bisa dilakukan agar menurunkan risiko terkena kanker usus? Kamu harus mulai membuat perubahan pada gaya hidup. Misalnya saja, jika merokok, maka berhentilah untuk merokok, kurangi mager dan biasakan beraktivitas atau olahraga 30 menit sehari.

Selain itu, konsumsi serat yang cukup, seperti memperbanyak makan sayuran, buah-buahan segar, kacang-kacangan atau biji-bijian. Jaga pula berat badan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id