sign up SIGN UP

Paket Komplit! Ini 7 Manfaat Biji Wijen yang Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Diabetes!

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 10 Apr 2022 13:00 WIB
Paket Komplit! Ini 7 Manfaat Biji Wijen yang Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Diabetes!
caption
Jakarta -

Beauties, tentunya kamu tidak asing, dong, dengan biji wijen? Biji wijen memang lebih sering digunakan sebagai penambah rasa atau topping pada makanan. Bahkan, daerah Timur Tengah memiliki sebuah saus yang terbuat dari biji wijen, yaitu Tahini.

Selain memperkaya rasa pada makanan, biji wijen memiliki banyak manfaat yang belum diketahui banyak orang. Melansir dari Stylecraze, berikut adalah 7 manfaat biji wijen bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak!

Mencegah Diabetes dan Kanker

Manfaat biji wijen
Mencegah diabetes dan kanker/Foto: Pixabay.com/stevepb

Biji wijen mengandung magnesium dan nutrisi lain yang telah terbukti dapat memerangi diabetes. Penggunaan biji wijen sebagai minyak nabati telah terbukti efektif dalam menurunkan tekanan darah dan glukosa plasma pada penderita diabetes hipersensitif.

Selain itu, kandungan magnesium dalam biji wijen juga berfungsi sebagai antikanker dan telah terbukti efektif mengurangi risiko tumor kolorektal, sehingga mampu mencegah munculnya kanker kolorektal.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat biji wijen
Menjaga kesehatan tulang/Foto: Freepik.com/tirachard

Biji wijen mengandung seng yang mampu meningkatkan kepadatan mineral dan kesehatan tulang. Selain itu, biji wijen juga merupakan sumber kalsium yang bagus, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Mengobati Sunburn

Manfaat biji wijen
Mengobati sunburn/Foto: Freepik.com/gpointstudio

Menurut penelitian, biji wijen mengandung filter UV yang dapat mengatasi kulit yang terbakar matahari. Minyak biji wijen yang dioleskan ke kulit akan mencegah sinar ultraviolet, sehingga mencegah munculnya keriput dan kerusakan kulit yang lain.

Detoksifikasi Kulit

Manfaat biji wijen
Detoksifikasi kulit/Foto: Pixabay.com/Ivanovgood

Beberapa percaya bahwa kandungan antioksidan pada minyak biji wijen dapat membantu detoksifikasi kulit. Ketika dioleskan, molekul minyak akan menarik racun yang berada di dalam kulit.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Manfaat biji wijen
Mendorong pertumbuhan rambut/Foto: Freepik.com/jcomp

Biji wijen juga mengandung omega-3, omega-6, omega-9 yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Kamu bisa memijat kulit kepala menggunakan minyak biji wijen untuk memperlancar sirkulasi darah.

Melancarkan Pencernaan

Manfaat biji wijen
Melancarkan pencernaan/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Kaya akan serat membuat biji wijen baik untuk pencernaan. Kandungan serat yang tinggi membantu kelancaran fungsi usus, sehingga bantu melancarkan pencernaan dan menghilangkan sembelit.

Mengobati Kecemasan

Manfaat biji wijen
Mengatasi kecemasan/Foto: Freepik.com/jcomp

Kandungan thiamin pada biji wijen  membantu fungsi saraf sehingga mampu mengatasi kecemasan dan depresi. Biji wijen juga mengandung triptofan yang membantu meningkatkan hormon serotonin (hormon bahagia), sehingga dapat mengatur pola tidur dan suasana hati.

Itulah tujuh manfaat yang bisa kamu temukan dalam biji wijen. Meskipun kecil, manfaat dari biji wijen ini cukup banyak ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id