sign up SIGN UP

Jarang Orang Tahu, Ini Manfaat Rajin Mengonsumsi Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh!

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 11:00 WIB
Jarang Orang Tahu, Ini Manfaat Rajin Mengonsumsi Buah Jeruk untuk Kesehatan Tubuh!
caption

Siapa nih diantara kamu yang nggak suka makan buah? Padahal buah memiliki berbagai manfaat, lho. Salah satu buah yang memiliki banyak manfaat adalah buah jeruk.

Buah berwarna oranye dengan rasa manis cenderung asam dan berbentuk bulat ini cukup mudah ditemui. Kandungan vitamin C di dalam jeruk dapat melindungi diri dari berbagai penyakit, tetapi untuk mendapatkan manfaatnya kamu harus mengonsumsinya 100 gram tiap harinya. 

Tak hanya itu, jeruk juga mengandung folat, serat, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Melansir dari detikFood, berikut beberapa manfaat jeruk untuk kesehatan tubuh. Simak yuk, Beauties!

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan / foto : iStock
Menjaga Kesehatan Pencernaan / foto : iStock

Mengonsumsi jeruk secara rutin dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan serat dalam buah jeruk sehingga serat tersebut dapat membantu melancarkan pembuangan kotoran dalam tubuh, serta mencegah terjadinya sindrom iritasi usus besar.

Bahkan, buah jeruk juga dapat mengatasi konstipasi dan mengurangi gejala sembelit. 

2. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Mengurangi Risiko Serangan Jantung / foto : pexels.com/EnginAkyurt
Mengurangi Risiko Serangan Jantung / foto : pexels.com/EnginAkyurt

Kandungan antioksidan dalam jeruk dapat melawan radikal bebas dan mencegah terjadinya oksidasi kolesterol. Oksidasi kolesterol biasanya menempel di bagian arteri dan membatasi suplai darah ke jantung, sehingga dapat memicu serangan jantung.

Tidak hanya buahnya yang memiliki manfaat, tapo kulit jeruk juga memiliki kandungan polymethosxylated flavones (PMFs) dan d-limonene yang dapat mengaktifkan detoksifikasi pada lever, menurunkan kolesterol jahat, serta menjaga keseimbangan gula darah yang mana ketiganya berkaitan dengan kesehatan jantung. 

3. Mencegah Kanker

KankerKanker/ Foto: Freepik.com

Mengutip dari detikHealth, kandungan antioksidan dan vitamin C dalam jeruk dapat mencegah kanker, yakni dengan mengurangi pembentukan radikal bebas.

Kandungan senyawa limonene juga dapat mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya, tanpa memberi kesempatan untuk menyebar. Mengonsumsi buah dengan vitamin C dan serat yang tinggi dapat bertujuan menurunkan risiko terkena kanker kolorektal.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Kekebalan Tubuh / foto : pexels.com/JessicaTicozzelli
Meningkatkan Kekebalan Tubuh / foto : pexels.com/JessicaTicozzelli

Apabila kekebalan tubuh kita kuat, maka kita dapat terhindar dari penyakit. Oleh karena itu, mengonsumsi jeruk sangat baik untuk tubuh.

Melansir dari detikHealth, kandungan vitamin C dalam buah jeruk lebih tinggi daripada buah lainnya. Satu buah jeruk dapat memenuhi 72% kebutuhan harian vitamin C.

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C dalam jeruk juga dapat membantu sel tubuh melawan penyakit dan mencegah diri dari infeksi.

5. Menjaga Tekanan Darah Tinggi dan Menurunkan Terjadinya Risiko Stroke

Menjaga Tekanan Darah Tinggi dan Menurunkan Terjadinya Risiko Stroke / foto : pexels.com/VladaKarpovich
Menjaga Tekanan Darah Tinggi dan Menurunkan Terjadinya Risiko Stroke / foto : pexels.com/VladaKarpovich

Tekanan darah tinggi dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan flavanoid dalam jeruk dapat mengontrol tekanan darah dan sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi. Tak hanya itu, kandungan magnesium juga dapat membantu menjaga tekanan darah agar tidak tinggi.

Melansir dari detikHealth, kandungan senyawa di dalam jeruk juga dapat menurunkan terjadinya risiko stroke iskemik bagi perempuan. Stroke iskemik terjadi pada sel otak akibat kekurangan oksigen dan nutrisi.

Hal ini terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah, sehingga apabila kamu mengonsumsi jeruk secara rutin risiko kamu terkena stroke lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsinya. 

6. Mengendalikan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolestrol/Foto: Freepik.com/SenivpetroMengendalikan Kolestrol/Foto: Freepik.com/Senivpetro

Mengonsumsi buah jeruk secara rutin sangat dianjurkan bagi kamu yang memiliki permasalahan dengan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar serat sitrat dalam jeruk dapat mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Bahkan, dengan mengonsumsinya secara rutin selama 60 hari akan terjadi penurunan kolesterol yang signifikan.  

7. Mengatasi Capek Setelah Olahraga

Mengatasi Capek Setelah Olahraga / foto : pexels.com/FrankCone
Mengatasi Capek Setelah Olahraga / foto : pexels.com/FrankCone

Biasanya setelah berolahraga, badan akan terasa capek dan nyeri di beberapa bagian. Namun, kini kamu nggak perlu khawatir karena jeruk ampuh untuk mengatasi pegal-pegal yang muncul.

Kandungan vitamin C dalam jeruk menjadi salah satu kandungan utama yang bisa mengatasi keluhan capek dan nyeri pada tubuh, serta dapat menghilangkan rasa sakit pada tubuh dalam waktu 24 jam.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi buah jeruk bagi kesehatan. Namun, tetap hindari mengonsumsi jeruk secara berlebihan karena dapat menimbulkan efek samping, seperti kembung, diare, dan sakit perut. Kamu bisa mengonsumsinya sebanyak 1 hingga 2 buah saja per hari.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id