sign up SIGN UP

6 Kebiasaan Perempuan Indonesia Zaman Dulu Ini Bisa Bantu Tunda Penuaan Dini, Tertarik Coba?

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 31 Jul 2022 19:30 WIB
6 Kebiasaan Perempuan Indonesia Zaman Dulu Ini Bisa Bantu Tunda Penuaan Dini, Tertarik Coba?
caption

Kulit perempuan Indonesia yang rata-rata berwarna sawo matang sering kali membuat orang luar merasa iri, lho! Mereka menganggap kalau perempuan Indonesia terlihat begitu eksotis  dengan kulit sawo matang yang dimiliki.

Melihat jauh ke belakang, perempuan Indonesia zaman dulu terlihat begitu cantik dengan kulit sawo matang yang mereka rawat menggunakan bahan-bahan alami. Nah, kebiasaan perempuan Indonesia zaman dulu ini bisa kamu terapkan di masa sekarang untuk menjaga kulit tetap terlihat awet muda. Apa saja? Melansir Bright Side, berikut 6 kebiasaan perempuan Indonesia zaman dulu untuk bantu menunda penuaan dini. 

Rutin Mengonsumsi Jamu

Kebiasaan perempuan Indonesia zaman dulu
Rutin minum jamu/Foto: Freepik.com/rostovtsevayu

Apakah kamu termasuk orang yang sampai sekarang masih suka mengonsumsi jamu? Kamu beruntung, Beauties! Zaman sekarang, banyak sekali perempuan Indonesia yang sudah tidak mengonsumsi jamu, padahal jamu memiliki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan.

Tidak heran jika perempuan Indonesia zaman dulu memiliki kulit yang kencang, wajah bebas jerawat, dan terlihat awet muda karena mereka rutin mengonsumsi jamu setiap hari. Kamu bisa mencoba resep jamu yang dikutip dari Downshiftology berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 125 gram kunyit.
  • 20 gram jahe, sekitar satu ruas jari.
  • 4 gelas air kelapa.
  • 1 buah lemon, peras airnya.
  • 2 sendok makan madu murni.
  • Sejumput lada hitam.

Cara Membuat:

  • Iris tipis kunyit dan jahe.
  • Masukkan kunyit, jahe, air kelapa, dan lada hitam ke dalam blender, tunggu sampai tercampur rata.
  • Tuang campuran ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Setelah mendidih, kecilkan api dan tunggu selama 20 menit. Kemudian tambahkan air lemon dan madu, lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Saring campuran jamu dan simpan di dalam botol. Bisa dinikmati dingin ataupun hangat.

Menggunakan Lulur Tradisional

Kebiasaan perempuan Indonesia zaman dulu
Ilustrasi lulur tradisional/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Saat ini, sudah tersedia banyak lulur instan yang bisa langsung digunakan. Tapi, tidak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu membuat lulur tradisional dan menikmati waktu sendiri dengan suasana tradisional. Perempuan Indonesia zaman dulu menggunakan lulur tradisional untuk membersihkan dan melembutkan kulit. Lulur tradisional juga biasanya dipakai sebagai ritual awal pernikahan.

Menggunakan Boreh untuk Menghilangkan Kerutan

Boreh merupakan ramuan khas Bali yang terbuat dari ragam rempah, seperti minyak kelapa, mineral lempung, kunyit, jahe, dan tanaman kumis kucing. Selain menghilangkan kerutan, boreh juga baik untuk meredakan nyeri otot dan merangsang sirkulasi darah karena sifatnya yang menghangatkan. Selain itu, boreh juga mampu membersihkan pori-pori dan membersihkan racun dalam tubuh.

Menggunakan Masker Perut

Kebiasaan perempuan Indonesia zaman dulu
Menggunakan masker perut/Foto: Freepik.com/ArtPhoto_studio

Masker ini sering digunakan oleh perempuan Indonesia zaman dulu setelah melahirkan. Masker yang terbuat dari beras giling dan kencur ini memiliki manfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi stretch mark.

Saat ini, stretch mark tidak hanya muncul karena efek dari kehamilan. Salah satu faktor lain yang memicu munculnya stretch mark adalah obesitas. Kamu bisa menggunakan masker ini untuk bantu kurangi stretch mark di tubuh.

Menggunakan Bedak Dingin

Bedak dingin merupakan skincare populer di zaman dulu, biasanya digunakan oleh kaum bangsawan. Bahan utama bedak dingin adalah tepung beras, yang mengandung vitamin B dan tiamin. Dua kandungan ini akan menjaga dan melindungi wajah dari sengatan sinar matahari.

Konsumsi Air Kelapa Setiap Hari

Kebiasaan perempuan Indonesia zaman dulu
Minum air kelapa setiap hari/Foto: Freepik.com/jcomp

Perempuan Indonesia zaman dulu dianjurkan untuk mengonsumsi air kelapa setiap hari karena mengandung vitamin, mineral, dan bebas lemak, sehingga baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menghidrasi kulit. Saat ini pun kamu bisa menemukan air kelapa asli dengan mudah tanpa harus repot memotong kulit kelapanya.

Bagaimana, Beauties? Masih ingin melewatkan kebiasaan perempuan Indonesia zaman dulu dalam merawat kulit mereka? Bahan-bahan alami yang digunakan tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan, tapi juga kesehatan tubuh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id