sign up SIGN UP

6 Kesalahan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Gagal Diet!

tyana | Beautynesia
Sabtu, 06 Mar 2021 07:00 WIB
6 Kesalahan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Gagal Diet!
caption

Memiliki tubuh ideal merupakan idaman setiap orang. Untuk mewujudkannya banyak orang melakukan diet. Bukan hanya masalah penampilan tetapi juga kesehatan. Memiliki berat badan yang berlebih dapat meningkat risiko penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan juga diabetes.

Sayangnya meskipun informasi tentang tips diet ataupun kesehatan telah menjamur di internet, tetapi kita masih kesulitan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan. Bukan hanya kesulitan menurunkan berat badan, tetapi diet juga sering kali gagal di tengah jalan atau jatuh sakit saat melakukan diet.

Apakah kamu mengalami permasalahan seperti ini, Ladies? Mungkin tanpa kamu sadari masih melakukan hal ini.

1. Defisit Kalori Terlalu Tinggi

6 Kesalahan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Gagal Diet!
Ilustrasi Defisit Kalori/freepik.com

Kesalahan yang sering banget dilakukan orang yang sedang berdiet adalah mengurangi kalori terlalu tinggi. Defisit kalori memang ampuh dalam menurunkan berat badan, tetapi apabila defisit terlalu tinggi dapat menyebabkan permasalahan untuk tubuh kita seperti tubuh menjadi gampang lelah, mudah sakit, dn juga gagal diet. Bahkan apabila defisit kalori terlalu tinggi dan dilakukan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada organ tubuh terutama organ pencernaan. 

Kalori yang kita dapat dari makanan akan diolah tubuh menjadi energi. Setiap orang memiliki kebutuhan kalori harian berbeda-beda tergantung usia, tinggi badan, jenis kelamin dan juga aktivitas yang dilakukan. Dilansir dari medicalnewstoday.com untuk menurunkan berat badan kita dapat mengurangi 500-1000 kalori/per hari dari kebutuhan kalori harian kita. 

2. Kurang Konsumsi Air Putih

6 Kesalahan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Gagal Diet!
Ilustrasi Kurang mengonsumsi Air Putih/freepik.com

Ladies, mengonsumsi air putih dapat membantu mengoptimalkan tubuh dalam pembakaran kalori dan metabolisme. Kekurangan air dalam tubuh juga dapat menyebabkan dehidrasi, kulit kering dan mudah lapar. Lapar pada tubuh juga tak hanya merupakan tanda bahwa kita membutuhkan makanan tetapi juga kita membutuhkan air. 

mengonsumsi air sebelum makanan dapat membantu tubuh kenyang lebih lama sehingga kita tak kalap saat makanan. Jadi jangan males lagi nih Ladies untuk konsumsi air putih yang cukup setiap hari. 

3. Kalap saat Cheating Day

6 Kesalahan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Gagal Diet!
Ilustrasi Kalap saat Cheating Day/freepik.com

Cheating day memang penting untuk menyeimbangkan pola diet kita. Membuat satu hari untuk mengonsumsi makanan yang kita inginkan saat diet juga dapat membantu menjaga mood kita dan juga mempertahankan semangat diet.

Sayangnya, saat cheating day kita sering terlalu kalap sehingga mengonsumsi makanan dengan kalori yang sangat besar sehingga berat badan sulit untuk turun. Oleh karena itu saat cheating day, meskipun kita dapat mengonsumsi makanan yang kita inginkan tetapi porsi yang dimakan tetap diperhitungkan dengan kebutuhan kalori tubuh. 

4. Over Olahraga

6 Kesalahan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Gagal Diet!
Ilustrasi Over Olahraga/freepik.com

Untuk memaksimalkan penurunan berat badan kita perlu menyeimbangkannya dengan olahraga. Olahraga yang rutin juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan pikiran menjadi lebih tenang. Tetapi gimana kalau kamu merasa sebaliknya setelah berolahraga?

Tubuh menjadi sering sakit, kelelahan dan juga kesulitan untuk tidur. Ladies, semua hal yang berlebihan memiliki efek termasuk olahraga. Meskipun memiliki banyak manfaat tetapi olahraga terlalu berlebihan juga dapat berbahaya untuk tubuh. 

5. Kurang Tidur

6 Kesalahan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Gagal Diet!
Ilustrasi Kurang Tidur/freepik.com

Kamu sudah melakukan defisit kalori dan juga olahraga yang rutin tetapi kenapa berat badan masih belum turun dan terbilang tetap? Ladies, mungkin kamu kekurangan tidur. Saat kita tidur tubuh tak beristirahat tetapi juga bekerja memperbaiki sel tubuh kita yang rusak, oleh karena itu saat kita tidurpun kita tetap membakar kalori. 

Kekurangan tidur dapat menyebabkan badan kita mudah lelah, mood menjadi negatif bahkan dapat menggagalkan diet kita. Apabila pola tidur kita tetap tidak sehat dapat menyebabkan berbagai permasalahan untuk tubuh kita termasuk meningkatkan risiko terkena penyakit berbahaya. 

[Gambas:Instagram]

6. Target Terlalu Muluk

6 Kesalahan yang Tanpa Kita Sadari Bikin Gagal Diet!
Ilustrasi Target Terlalu Muluk/freepik.com

Menentukan target berat badan yang kita inginkan dapat meningkatkan semangat saat diet. Sayangnya masih banyak orang yang menentukan target terlalu tinggi dalam waktu yang singkat. Ladies, tidak ada hal yang instan menghasilkan sesuatu yang baik, setiap hal butuh proses termasuk dalam menurunkan berat badan.

Jangan sampai kita kecewa dan gagal diet saat target yang kita tentukan belum tercapai. Sebelum memulai diet juga kita tak hanya perlu menentukan target berat badan yang kita inginkan tetapi kita juga perlu menentukan waktu. 

Apakah kamu masih melakukan kesalahan di atas? Yuk! Coba untuk perbaiki dan semoga sukses dalam menurunkan berat badan. Semangat!!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id