sign up SIGN UP

7 Makanan Kaya Nutrisi yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Hamil

Natasha Riyandani | Beautynesia
Rabu, 27 Jul 2022 07:15 WIB
7 Makanan Kaya Nutrisi yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Hamil
caption

Makanan yang dikonsumsi untuk ibu hamil sangat berpengaruh untuk kesehatan janin selama di dalam kandungan. Tak jarang jika ibu hamil berusaha memenuhi asupan nutrisi tersebut dengan meminum vitamin maupun susu tinggi protein.

Namun, tak semua makanan baik untuk dikonsumsi saat hamil, lho. Karena ada beberapa makanan yang bernilai gizi tinggi tetapi tidak untuk dikonsumsi untuk ibu hamil.

Untuk itu, Beauties harus tau nih makanan apa aja yang sebaiknya dikonsumsi saat sedang hamil untuk memenuhi gizi sang janin di dalam kandungan. Mengutip dalam Healthline, makanan tinggi nutrisi berikut ini sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil karena bermanfaat untuk tumbuh kembang janin. Simak yuk!

1. Salmon

Salmon sangat dianjurkan untuk ibu hamil
Salmon/ Foto: Freepik.com/author/timolina

Salmon merupakan sumber makanan bergizi tinggi yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Kaya asam lemak, omega-3 esensial yang membantu perkembangan otak dan mata bayi dalam kandungan. Selain itu, salmon mengandung vitamin D yang berguna untuk kesehatan tulang dan menjaga kekebalan tubuh.

Namun, perlu diingat oleh ibu hamil untuk menghindari mengonsumsi salmon mentah. Beauties dapat mengolahnya terlebih dahulu seperti dipanggang atau presto.

2. Brokoli dan Sayuran Hijau Gelap Lainnya

Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau gelap kaya nutrisi
Brokoli dan Sayuran Hijau Gelap/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Brokoli dan sayuran hijau gelap seperti kangkung, bayam, mengandung banyak nutrisi yang diperlukan ibu hamil. Sayuran berwarna hijau gelap ini mengandung serat, vitamin C, K, A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Kandungan tersebut sangat baik untuk perkembangan sang janin di dalam perut.

3. Telur

Telur menjadi salah satu makanan terbaik untuk kesehatan
Telur/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Telur merupakan makanan terbaik untuk kesehatan, karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk ibu hamil. Satu butir telur mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Selain itu, telur juga mengandung kolin yang merupakan nutrisi baik untuk janin dalam kandungan. Namun, ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi telur mentah ya, karena memiliki bakteri yang berbahaya untuk janin.

4. Produk Olahan Susu

Produk olahan susu memberikan banyak protein yang baik untuk janin
Produk Olahan Susu/ Foto: Freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Selama masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi banyak protein dan kalsium yang berguna untuk memenuhi kebutuhan bayi di dalam kandungan. Produk olahan susu seperti yogurt dan keju mengandung banyak protein yang dibutuhkan tubuh.

5. Daging Tanpa Lemak

Olahan daging tanpa lemak dapat dikonsumsi ibu hamil
Daging Tanpa Lemak/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Berbagai jenis daging mengandung protein yang tinggi dan baik untuk tubuh seperti daging ayam, daging sapi, dan daging ikan. Daging sapi kaya akan zat besi, kolin, dan vitamin B, yang mana sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Kandungan zat besi pada daging memberi manfaat untuk pembentukan sel darah merah yang berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh.

6. Alpukat

Aalpukat kaya akan nutrisi yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil
Alpukat/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak asam lemak tak jenuh. Alpukat kaya sumber serat, vitamin B, K, E, C, folat, dan kalium, kandungan tersebut yang membuat alpukat menjadi buah yang tepat untuk dikonsumsi saat hamil.

Asam lemak pada alpukat bermanfaat untuk membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan perkembangan sel-sel pada bayi. Sementara, kalium pada alpukat dipercaya mampu mengurangi kram pada kaki yang dialami ibu hamil.

7. Berries

Berries merupakan camilan sehat untuk ibu hamil
Berries/ Foto: Freepik.com/author/azerbaijan-stockers

Buah berries seperti blueberry, strawberry, goji berry, maupun raspberry merupakan buah yang kaya mineral, karbohidrat, vitamin C, serat, dan antioksidan. Berries dapat dikonsumsi sebagai camilan untuk ibu hamil karena memberikan banyak rasa dan nutrisi, dengan jumlah kalori yang sedikit.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id