sign up SIGN UP

7 Makanan yang Jadi Penyebab Jerawat di Wajah Semakin Banyak, Nggak Cuma Kacang-kacangan!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Rabu, 07 Sep 2022 10:30 WIB
7 Makanan yang Jadi Penyebab Jerawat di Wajah Semakin Banyak, Nggak Cuma Kacang-kacangan!
caption

Kemunculan jerawat di wajah menjadi masalah kulit yang paling dihindari, terutama bagi perempuan. Jerawat yang timbul di wajah dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti penyumbatan pori-pori, adanya bakteri, produksi minyak berlebih, dan hormon.

Namun, selain faktor-faktor tersebut, pemilihan makanan yang dikonsumsi juga dapat memengaruhi munculnya jerawat, lho! Nah, untuk mencegah jerawat semakin parah, Beauties dapat menghindari makanan-makanan yang menyebabkan jerawat.

Melansir dari beberapa sumber, salah satunya Healthline, deretan makanan berikut ini sebaiknya dihindari agar jerawat tidak semakin banyak. Yuk, kita simak bersama!

1. Makanan Tinggi Karbohidrat dan Gula Tambahan

Makanan sejenis roti, biskuit dapat menjadi penyebab muncul jerawat
Makanan Tinggi Karbohidrat dan Gula Tambahan/ Foto: Freepik.com/author/8photo 

Mengonsumsi makanan olahan tinggi karbohidrat ternyata dapat menjadi penyebab jerawat muncul. Makanan tinggi karbohidrat seperti roti, biskuit, soda, dan sirup maple dapat membuat wajah memiliki risiko berjerawat lebih besar.

Hal tersebut karena efek karbohidrat olahan pada gula darah dan kadar insulin. Sehingga, karbohidrat olahan diserap dengan cepat ke dalam aliran darah dan meningkatkan kadar gula darah. Hal ini yang membuat wajah lebih mudah berjerawat ketika mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

2. Produk Olahan Susu

Produk Olahan Susu dapat memperparah keadaan jerawat
Produk Olahan Susu/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Produk olahan susu menjadi salah satu penyebab keparahan jerawat di wajah pada usia remaja. Meski belum diteliti lebih lanjut, susu mengandung kadar insulin yang mana memiliki pengaruh terhadap gula dara dan memperburuk keadaan jerawat. Sementara itu, susu sapi mengandung asam amino yang merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak IGF-1, yang banyak dikaitkan dengan perkembangan jerawat di wajah.

3. Makanan Cepat Saji

Berbagai jenis makanan cepat saji dapat menjadi penyebab timbul jerawat
Makanan Cepat Saji/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Seperti diketahui, makanan cepat saji mengandung lemak, kalori, dan karbohidrat olahan yang tidak baik untuk dikonsumsi terus menerus. Makanan cepat saji seperti burger, ayam krispy, kentang goreng, dan nugget merupakan makanan yang dapat meningkatkan risiko jerawat. Hal ini terjadi karena makanan cepat saji mengandung kadar lemak yang banyak, sehingga mendorong perkembangan jerawat di kulit wajah.

4. Cokelat

Cokelat dinilai sebagai pemicu jerawat
Cokelat/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Selama ini cokelat dinilai sebagai pemicu jerawat di wajah. Mengonsumsi 25 gram cokelat setiap hari dapat menyebabkan perubahan kulit sehingga mengalami peningkatan jerawat setelahnya.

Kondisi seperti ini kerap terjadi pada usia remaja karena memiliki kulit yang cenderung sensitif. Lebih aman, Beauties dapat mengonsumsi cokelat hitam karena rendah gula.

5. Makanan Tinggi Lemak Omega-6

Makanan Tinggi Lemak Omega-6 dapat menyebabkan tubuh mengalami inflamasi
Makanan Tinggi Lemak Omega-6/ Foto: Freepik.com/author/master1305

Makanan penyebab jerawat lainnya adalah makanan tinggi lemak omega-6. Orang-orang cenderung mengonsumsi makanan berat tinggi lemak omega-6 dan sedikit omega-3. Ketidakseimbangan asam lemak omega-6 dan omega-3 yang menyebabkan tubuh mengalami inflamasi dan peradangan yang dapat memperburuk keadaan jerawat.

6. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan dinilai menjadi penyebab jerawat
Kacang-kacangan/ Foto: Freepik.com/author/8photo

Banyak orang yang mengira mengonsumsi kacang-kacangan membuat jerawat semakin parah. Hal ini dapat terjadi apabila Beauties mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah banyak sehingga dapat merangsang minyak berlebih dan timbul jerawat.

7. Alkohol

Minuman berakohol dapat menjadi penyebab jerawat
Alkohol/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Minuman beralkohol belum terbukti menjadi penyebab jerawat muncul di wajah. Namun, saat mengonsumsi alkohol membuat kulit menghasilkan lebih banyak minyak yang dapat memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

Beauties, biar jerawat tidak semakin parah, coba hindari beberapa makanan di atas ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id