sign up SIGN UP

Ada Sayuran dan Buah, Daftar Makanan Sehat Ini Ternyata Juga Berpotensi Sebabkan Keracunan

Fina Prichilia | Rabu, 12 Jan 2022 16:30 WIB
Ada Sayuran dan Buah, Daftar Makanan Sehat Ini Ternyata Juga Berpotensi Sebabkan Keracunan
Makanan sehat yang berpotensi bikin keracunan makanan. /Foto: Freepik/wayhomestudio
Jakarta -

Dalam pikiran kita, keracunan makanan kerap dikaitkan dengan makanan tidak sehat maupun yang sudah kedaluwarsa.

Tetapi rupanya, metode produksi juga bagaimana distribusinya menyumbang penyebab keracunan makanan, sekalipun pada makanan yang sehat, Beauties. Demikian dikutip dari laman Eat This.

Itu karena terjadi kontaminasi dari tempat pendistribusian. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebut beberapa makanan sehat yang bisa sebabkan keracunan, antara lain:

Buah dan Sayuran

Cegah Mata Rabun, Konsumsi Sayuran Kaya Nutrisi untuk Kesehatan MataPastikan cuci bersih sayuran yang akan dikonsumsi. /Foto: Freepik/dashu83

Mengonsumsi buah dan sayuran memang baik bagi kesehatan. Tetapi terkadang juga bisa sebabkan keracunan, sebab telah terkontaminasi oleh bakteri berbahaya seperti: Salmonella, E.coli dan Listeria.

Hal ini bisa dialami buah dan sayuran di sepanjang perjalanan distribusi mulai dari perkebunan hingga sampai di toko. Demi mencegah hal itu, CDC menyarankan agar kamu mengonsumsi sayuran matang dan telah dicuci bersih.

Telur

Masker telur putih mentah bisa menginfeksi kulitTelur mengandung Salmonella. / Foto: Pexels/ Pixabay/

Telur mentah sudah dikenal lama bisa mengandung bakteri Salmonella, --meski tampilan luarnya tidak pecah dan mulus lho, Beauties.

Karenanya kamu disarankan untuk memasak telur sampai matang sebelum dikonsumsi, serta hindari makanan yang mengandung telur mentah, termasuk mencicip adonan kue.

Makanan Laut

5 Seafood Gerobakan Ini Viral di YouTube karena Menunya Komplet5 Seafood Gerobakan Ini Viral di YouTube karena Menunya Komplet/ Foto: youtube

Seafood mentah atau setengah matang bisa mengandung bakteri Vibrio, yang dapat menyebabkan infeksi vibriosis.

Karenanya, CDC menyarankan agar kerang dan ikan harus dimasak terlebih dahulu sebelum disantap pada suhu 145 derajat Farenheit. Bila makanan tidak habis, maka penting untuk memperhatikan suhu ketika memanaskannya kembali yakni di suhu 165 derajat Farenheit.

Daging

Daging ayam termasuk salah satu protein disukai banyak orangIlustrasi daging /Foto : Freeepik.com/jcomp/

Memasak produk daging secara tepat bisa menghancurkan bakteri, sehingga menghindarkan kamu dari keracunan makanan.

Kebanyakan unggal mengandung Campylobacter, Salmonella, Clostridium perfringens, dan bakteri lainnya. Sementara daging mentah dapat mengadung Salmonella, E.coli, Yersinia, dan bakteri lainnya.

CDC juga menyebut agar daging tidak perlu dicuci karena berpotensi menyebarkan bakteri ke permukaan lain.

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id