sign up SIGN UP

Perut Buncit dan Keras Bikin Enggak Nyaman? Mungkin Ini Penyebabnya, Cek di Sini!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Rabu, 12 Jan 2022 10:15 WIB
Perut Buncit dan Keras Bikin Enggak Nyaman? Mungkin Ini Penyebabnya, Cek di Sini!
caption
Jakarta -

Terkadang kita menyepelekan hal-hal kecil yang menjadi penyebab perut buncit. Padahal memiliki perut buncit adalah satu mimpi buruk bagi semua orang. Selain tidak sehat, hal ini juga bisa mengganggu penampilan serta tingkat kepercayaan diri.

Nyatanya, kondisi ini ternyata tidak hanya dimiliki oleh orang yang mempunyai berat badan berlebih saja, akan tetapi orang yang mempunyai berat badan ideal pun juga bisa mengalaminya. Selain itu, ada beberapa kondisi di mana seseorang memiliki perut buncit dan keras. Kira-kira apa penyebabnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Tumpukan Lemak Keras

Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pexels.com/Towfiqu barbhuiya
Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pexels.com/Towfiqu barbhuiya

Sudah menjadi rahasia umum jika perut buncit disebabkan oleh adanya penumpukan lemak di perut. Lemak tersebut kemudian mendorong dinding perut keluar sehingga memberikan kesan buncit dan terlihat keras.

Perut yang keras tersebut biasanya disebabkan oleh tumpukan lemak visceral, sedangkan seseorang yang mempunyai perut buncit tapi lunak biasanya disebabkan oleh penumpukan lemak subkutan. Kedua lemak ini biasanya bertumpuk di dekat permukaan kulit perut dan muncul karena terlalu banyak konsumsi makanan berlemak.

2. Faktor Genetik

Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pixabay.com/Bru-nO
Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pixabay.com/Bru-nO

Selain penumpukan lemak karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, faktor genetik juga bisa menjadi penyebab perut buncit dan keras. Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Sports Sciences, ada tiga gen terkait dengan Waist to Hip Ratio (WHR) yang diidentifikasi bisa menentukan berapa banyak lemak visceral yang dimiliki oleh seseorang.

3. Kurang Bergerak

Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pixabay.com/amhnasim
Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pixabay.com/amhnasim

Penyebab perut buncit selanjutnya yaitu kurang banyak menggerakkan badan. Gaya hidup yang tidak pernah berolahraga ataupun sedikit bergerak bisa menyebabkan penumpukan lemak pada perut. Oleh karena itu, sesibuk apapun usahakan untuk bergerak atau sedikit berolahraga agar lemak dalam perut tidak menumpuk, ya!

4. Makanan yang Salah

Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pixabay.com/Joenomias
Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pixabay.com/Joenomias

Seseorang yang tidak bisa mengendalikan porsi makan atau juga mengonsumsi makanan apapun tanpa melihat berapa kandungan lemak di dalam makanan, maka akan menyebabkan perut buncit. Apalagi jika terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, walaupun enak dan murah tetapi kandungan lemak yang ada di dalamnya sangat tinggi. Sebenarnya boleh saja asal diimbangi dengan olahraga yang teratur sehingga kalori yang masuk seimbang dengan kalori yang keluar.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pixabay.com/carlosfs05
Penyebab Perut Buncit dan Keras/Foto: Pixabay.com/carlosfs05

Jika sudah terlanjur mempunyai perut buncit, maka cara mengatasinya bisa dengan merubah gaya hidup seperti mulai berolahraga, memakan makanan yang sehat dan mulai menurunkan berat badan. Selain itu pastikan waktu istirahatmu cukup setiap harinya sehingga bisa mengurangi penumpukan lemak visceral yang ada di perut. Menghindari stres juga bisa membantu mengecilkan perut buncit.

Memperbanyak asupan cairan yang masuk dalam tubuh juga bisa membantu mengecilkan perut buncit. Karena cairan yang masuk pada tubuh bisa membantu melancarkan pencernaan.

Itulah penyebab perut buncit dan keras serta cara mengatasinya. Mempunyai perut buncit memang cukup merepotkan dan juga tidak menyehatkan. Akan tetapi tidak perlu khawatir karena perut yang terlanjur buncit bisa diratakan dengan melakukan olahraga perut selama 10-15 menit setiap hari agar bisa membakar lemak membandel. Selain itu juga harus melakukan diet sehat agar lemak bisa terbakar dan perut kembali menjadi rata. Semangat, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id