sign up SIGN UP

Agar Diet Lancar dan Aman, Ini Daftar Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 21 Apr 2022 23:30 WIB
Agar Diet Lancar dan Aman, Ini Daftar Makanan yang Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Lambung
caption
Jakarta -

Bagi penderita asam lambung, menjalani program diet mungkin menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, timbul rasa khawatir jika asam lambung kambuh ketika sedang menjalankan diet demi mendapat tubuh ideal. Jika sudah begini, rasanya menjadi serba salah. 

Namun, sebenarnya penderita asam lambung tetap bisa menjalankan diet, kok, Beauties. Caranya adalah dengan menerapkan kiat-kiat aman menjalankan diet bagi penderita asam lambung, salah satunya dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang disarankan dikonsumsi bagi penderita asam lambung agar diet berjalan lancar dan aman. Dihimpun dari Healthline, yuk, simak!

Sayur-sayuran

Penjelasan mengenai diet klimatarian/Foto: Freepik.com/freepikIlustrasi makan sayur/Foto: Freepik.com/freepik

Sayuran adalah makanan yang secara alami memiliki kadar lemak dan gula yang rendah. Hal ini dapat membantu mengurangi asam lambung. Nah, buat kamu yang memiliki riwayat asam lambung, kamu bisa coba mengonsumsi sayur-sayuran seperti kacang-kacangan, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

Jahe

ramuan obat herbal untuk mengatasi fluIlustrasi jahe/Foto: Freepik

Rempah-rempah satu ini memang kaya manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh. Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami. Tak heran jika jahe dinilai sebagai pengobatan alami untuk sakit maag dan masalah yang berkaitan dengan pencernaan.

Ada banyak cara untuk mengonsumsi jahe. Kamu bisa menambahkan jahe sebagai aroma dalam makanan ataupun minuman.

Oatmeal

Oatmeal dapat menyerap minyak berlebih pada kulit dan membantu mengatasi jerawat.Ilustrasi oatmeal/Foto: Freepik

Kamu mungkin sudah tahu kalau oatmeal merupakan makanan yang sering dikonsumsi ketika sedang menjalankan diet. Bukan tanpa alasan, oatmeal memiliki kandungan biji-bijian utuh dan sumber serat yang sangat baik, sangat cocok untuk dijadikan menu sarapan saat diet. Nah, diet tinggi serat sendiri sering kali dikaitkan dengan risiko penurunan asam lambung yang lebih rendah.

Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak cocok dikonsumsi saat dietIlustrasi daging tanpa lemak/Foto: Pexels/Olya Kobruseva

Bagi penderita asam lambung yang sedang menjalankan diet, boleh mengonsumsi daging tanpa lemak. Sebab, jenis makanan ini dapat mengurangi gejala refluks asam.

Namun yang harus diperhatikan, sebaiknya kamu mengonsumsi daging tanpa lemak dengan dibakar atau direbus ya, Beauties. Karena, makanan yang digoreng akan lebih banyak memiliki kandungan lemak.

Nah, itulah beberapa jenis makanan yang disarankan dikonsumsi bagi penderita asam lambung saat diet. Selain memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, tips lainnya yang bisa kamu terapkan adalah makan sedikit tapi sering, olahraga rutin, tidur yang cukup, dan batasi konsumsi kopi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id