sign up SIGN UP

3 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa, Bisa Picu Asam Lambung!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Kamis, 21 Apr 2022 03:34 WIB
3 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa, Bisa Picu Asam Lambung!
caption

Saat berpuasa tubuh menjadi rentan mengalami dehidrasi karena kurangnya asupan cairan. Oleh karena itu, saat tiba waktu berbuka puasa, kita disarankan untuk lebih memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi makanan yang dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, seperti buah-buahan.

Meski begitu, tidak semua buah ternyata baik dikonsumsi saat berbuka puasa yaBeauties. Terutama bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung alias GERD (gastroesophageal reflux disease), beberapa buah berikut ini perlu kamu hindari karena dapat memicu naiknya asam lambung. Simak daftarnya!

1. Buah Citrus

buah citrus
Buah citrus/Foto: Freepik/Wirestock

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon atau jeruk nipis merupakan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun jenis buah ini sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka puasa, terutama bagi kamu yang menderita GERD.

Mengutip dari Healthline, jenis buah-buahan ini tinggi akan kandungan asam sehingga dapat memicu munculnya gejala GERD jika dikonsumsi saat perut kosong. Gejala-gejala yang timbul di antaranya seperti sensasi terbakar, mual dan nyeri ulu hati.

2. Nanas

buah pemicu gerd
Buah nanas/Foto: Freepik/Jcomp

Berbuka puasa dengan nanas terdengar sangat menyegarkan ya, Beauties. Buah ini memiliki kandungan air yang tinggi serta rasa manis asam yang segar sehingga kerap dijadikan menu campuran untuk sup buah

Namun bagi kamu yang memiliki penyakit asam lambung, buah ini sebaiknya dihindari karena kandungan asamnya yang tinggi (dengan pH 3 - 4) sehingga dapat memicu penyakit GERD-mu kambuh.

3. Apel Hijau

buah pemicu gerd
Buah apel/Foto: Freepik/Pereslavtseva

Buah selanjutnya yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa adalah apel hijau. Secara umum, buah apel sebenarnya aman-aman saja untuk dikonsumsi. Namun bagi sebagian orang yang memiliki penyakit asam lambung, mengonsumsi apel hijau bisa berdampak negatif pada kondisi mereka. Sebab, jenis apel ini memiliki kadar asam yang lebih tinggi dibanding jenis apel lainnya.

Nah, itu dia deretan buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat berbuka puasa. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih jenis-jenis buah lainnya yang juga kaya air, namun lebih aman untuk lambung, seperti buah semangka, melon dan pir. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id