sign up SIGN UP

Alami dan Sehat, Ini 5 Cara Mudah Meratakan Perut Buncit di Usia 40-an

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 22 Feb 2022 11:45 WIB
Alami dan Sehat, Ini 5 Cara Mudah Meratakan Perut Buncit di Usia 40-an
caption
Jakarta -

Perut buncit menjadi permasalahan umum yang sering dialami banyak orang, tak terkecuali perempuan yang menginjak usia 40-an. Menghilangkan lemak perut sangat penting sebab perut buncit dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Mulai dari masalah pernapasan, penyakit jantung, diabetes tipe 2, hingga tekanan darah tinggi.

Namun masalahnya, menghilangkan perut buncit semakin sulit dilakukan setelah menginjak usia 40-an. Alasannya karena seiring bertambahnya usia, tubuh kehilangan massa otot yang memperlambat metabolisme sehingga hanya membakar sedikit kalori. Hal inilah yang menyebabkan lemak di bagian perut sulit untuk dihilangkan.

Meskipun sulit, bukan berarti meratakan perut buncit adalah hal yang mustahil, namun memang diperlukan usaha ekstra. Berikut 5 cara untuk meratakan perut buncit di usia 40-an. Yuk, simak!

Kurangi Konsumsi Gula

Gula dapat berfungsi sebagai scrub pengangkat sel kulit matiIlustrasi gula/Foto: Unsplash/Sharon Mccutcheon

Tips pertama untuk mengatasi perut buncit di usia 40-an adalah mengurangi konsumsi gula. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan secara umum, tapi juga dapat menyebabkan penumpukan lemak di area perut.

"Gula menyebabkan lonjakan insulin yang dapat menyebabkan penyimpanan lemak, terutama di sekitar bagian perut. Cobalah untuk makan lebih sedikit gula," ungkap ahli gizi Dianne Rishikof kepada Eat This! Not That.

Hindari Konsumsi Garam Berlebih

Air garam dipercaya bisa meredakan sakit gigiIlustrasi garam/Foto: Freepik/Racool_studio

Selain mengurangi konsumsi gula, hindari pula mengonsumsi garam secara berlebihan. Mengutip dari Healthline, mengonsumsi terlalu banyak natrium dalam bentuk garam dapat menyebabkan penambahan berat badan. Tidak hanya itu, mengonsumsi garam secara berlebih juga dapat membahayakan kesehatan, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung.

"Hindari makanan siap saji dan makanan kaleng, yang sarat dengan garam. Dan saat Anda berada di restoran, cukup minta sedikit atau hilangkan garam sepenuhnya dalam makanan Anda. Perubahan kecil dapat membuat perubahan besar ke pinggang Anda," ungkap pelatih pribadi bersertifikat dan bintang kebugaran YouTube Amanda Russel.

Hindari Makanan yang Membuat Perut Kembung

Selain gula dan garam, pertimbangkan pula untuk tidak mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan perut menjadi kembung, salah satunya produk susu. Seiring bertambahnya usia, tubuh di usia 40-an tidak dapat memecah laktosa secara efisien. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya gas dan kembung sehingga membuat perut menjadi buncit.

Sarapan dengan Makanan Kaya Protein

Resep sarapan tinggi protein yang anti ribet/freepik.comIlustrasi sarapan/Foto: Freepik

Sarapan tidak hanya penting untuk kesehatan, namun juga sangat penting untuk meningkatkan metabolisme dalam membuat perut jadi langsing. Menu sarapan terbaik yang bisa dipilih adalah makanan yang kaya akan serat dan protein.

"Memulai hari Anda dengan protein, bukan karbohidrat, dapat mencegah lonjakan gula darah dan aktivitas insulin (hormon penyimpan lemak). Ini juga mencegah kembung. Singkirkan sereal dan roti panggang dan mulailah hari Anda dengan dua telur rebus, protein shake, satu telur dadar sayuran, atau greek yogurt dengan biji chia dan buah beri," ungkap ahli gizi Amy Shapiro.

Tingkatkan Kualitas Tidur

Manfaat Tidur Siang yang Jarang Diketahui / foto : pexels.com/KetutSubiyantoIlustrasi tidur/Foto: Pexels.com/Ketut Subiyanto

Ketika di usia 20-an, tidur larut malam mungkin menjadi hal yang biasa dilakukan. Namun ketika menginjak usia 40-an, kondisi tubuh tentu sudah berubah. Kurang tidur dan tidur tidak berkualitas akan mengganggu aktivitas di keesokan harinya dan bisa menjadi faktor penyebab perut buncit.

Ketika kurang tidur, tubuh akan merasa cepat lapar. Hal ini dapat mempengaruhi seseorang untuk mengonsumsi lebih banyak kalori dari makanan tinggi lemak dan gula. 

Menghilangkan perut buncit di usia 40-an mungkin tidak semudah ketika berusia 20-an. Ini karena metabolisme yang melambat, jadi apa yang mungkin dulu berhasil di usia 20-an tidak lagi efektif. Oleh karena itu, sabar dan konsisten menjadi kunci untuk mendapatkan perut langsing. Selamat mencoba!

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id