STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Astaga, Nonton Netflix Waktu Libur Dianggap Bisa Jadi Pemicu Stres Bagi Milenial! Cek 6 Kebiasaan Lainnya

Tim Redaksi CNN Indonesia | Beautynesia
Jumat, 01 Jul 2022 15:30 WIB
Astaga, Nonton Netflix Waktu Libur Dianggap Bisa Jadi Pemicu Stres Bagi Milenial! Cek 6 Kebiasaan Lainnya

Memasuki usia produktif, stres dan tekanan kerap dialami generasi millennial. Apalagi dengan perkembangan teknologi dan media sosial, yang kadang malah jadi faktor pemicu lainnya selain pekerjaan.

Psikolog Loren Soeiro menyebut stres memang lekat dengan generasi milenial. Bahkan, sebanyak 17 persen di antaranya mengalami depresi dan 14 persen mengalami kecemasan. Dibanding generasi sebelumnya, milenial lebih sering mencari bantuan psikolog atau konselor.

"Uang adalah satu dari sekian banyak kekhawatiran milenial. Kebanyakan susah menemukan pekerjaan, masih hidup bersama orang tua atau memendam kekhawatiran serius tentang menghasilkan cukup uang untuk hidup sendiri," kata Soeiro dalam tulisannya di Psychology Today.

Nah Beauties siapa sangka bila ada banyak hal biasa yang sudah jadi rutinitas kamu sehari-hari justru bisa jadi faktor lain pemicu stres lainnya. Wah apa saja nih? Let's check it out.

Kerja Sampai Lupa Waktu

Zodiak yang Susah Dapat Kerja/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadioilustrasi kerja/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Standar kesuksesan membuat kaum milenial mau tak mau harus bekerja keras. Penghasilan dari pekerjaan utama kerap dianggap tidak cukup sehingga perlu ada pekerjaan sampingan.

Hal ini diperparah dengan maraknya istilah 'hustle culture', dimana ada anggapan bahwa sukses hanya bisa dicapai dengan kerja keras tanpa batas.

Padahal, kamu harus ingat, tubuh memiliki batas dan tak selalu bisa mengimbangi tanggung jawab yang menggunung.

"Kita bahkan mungkin tergoda untuk membawa pulang pekerjaan kita dan menyelesaikan proyek di tempat tidur pada malam hari. Ini dapat menciptakan hubungan mental antara kasur dan pekerjaan, bukan kasur dan tidur. Tidur pun makin susah," jelas Martin Reed, ahli kesehatan tidur klinis dan pendiri Insomnia Coach.

Begadang

kebiasaan bangun tidur terlalu siangilustrasi begadang/ Foto: freepik

Kerja lupa waktu juga berujung begadang dan jam tidur kamu pun terganggu. Kurang tidur berkontribusi pada stres dan cemas. Seperti dikutip dari Forbes, studi oleh University of California at Berkeley menemukan, kurang tidur bisa berpengaruh pada area otak yang berhubungan dengan kecemasan berlebih.

Minum Kopi Berlebihan

Ilustrasi minum kopi di coffee shopIlustrasi minum kopi di coffee shop/ Foto: istockphoto.com/Rawpixel

Minum kopi sering kali sudah jadi bagian dari gaya hidup millennial. Sering kali kita mendengar ungkapan 'Nggak ngopi, nggak bisa kerja". Kopi memang memberikan efek 'melek' dan mendukung performa dalam pekerjaan jangka pendek. Namun di sisi lain, kopi akan memicu rasa gelisah, gugup, dan gampang marah, apalagi jika kamu memiliki riwayat kecemasan.
Nah mulai sekarang jangan terlalu berlebihan ya Beauties.

Libur Diisi dengan Netflix

Menonton film/ Foto: freepik.com/freepikMenonton film/ Foto: freepik.com/freepik/ 

Waktu libur paling pas diisi dengan kegiatan santai, termasuk menonton serial kesayangan. Anggapannya, aktivitas ini akan membantu meredakan stres. Padahal, yang terjadi justru sebaliknya.

Terlalu sering nonton serial jadi salah satu kebiasaan yang gampang bikin stres.
Dalam sebuah studi, partisipan merasa lebih depresi dan cemas setelah nonton televisi selama dua jam dibanding yang tidak nonton.
Sebaiknya, isi waktu libur dengan aktivitas luar ruangan, bersosialisasi dengan teman, atau kegiatan lain selain yang berhubungan dengan gadget.

Selain itu masih ada juga lho Beauties pemicu stres lainnya bagi kaum millennial. Termasuk jika kamu terlalu sering duduk! Selengkapnya, kamu bisa baca di sini.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE