sign up SIGN UP

Bantu Atasi Insecure, Ini 4 Manfaat Istirahat Media Sosial untuk Menenangkan Hati dan Pikiran

Martatillah Nikita Karin | Beautynesia
Jumat, 01 Jul 2022 23:30 WIB
Bantu Atasi Insecure, Ini 4 Manfaat Istirahat Media Sosial untuk Menenangkan Hati dan Pikiran
caption

Beauties, menggunakan media sosial tentunya akan membuatmu menyaring banyak informasi yang begitu beragam. Meskipun banyak manfaat yang bisa kamu ambil, namun, tidak jarang hal tersebut bisa membuatmu merasa cemas. Kecemasan tersebut dapat terjadi karena kamu melihat pencapaian orang lain, terutama teman-temanmu. Hingga menyebabkan dirimu merasa insecure, dan tertinggal jauh dari pencapaian orang lain. Untuk itulah, penting bagi kamu untuk mencoba istirahat media sosial sementara waktu.

Survei yang telah dilakukan oleh Healthline menyebutkan bahwa, 53 persen mengatakan bahwa terdapat manfaat dari mengurangi penggunaan sosial media dan melonjak hingga 66 persen saat pandemi COVID-19. Yuk, cari tahu manfaat istirahat dari media sosial untuk menenangkan hati dan pikiran. Check this out!

Meningkatkan Citra Diri

Sosial media dapat membuatmu insecure atas keberhasilan dan pencapaian orang lain
Bercermin/foto: pexels.com/min-an

Survei tahun 2021 oleh ExpressVPN memperoleh hasil bahwa 86 persen melaporkan bahwa media sosial secara langsung dapat berdampak negatif terhadap kebahagiaan dan citra diri. Bahkan, hingga mengalami efek negatif seperti perasaan cemas, kesepian hingga depresi.

Tidak heran, media sosial adalah sarana berbagi informasi yang paling mudah dan cepat. Kamu bisa melihat pencapaian temanmu, melihat kebahagiaan yang dibagikan orang lain, atau penampilan seseorang yang terlihat sangat indah. Terkadang, hal ini bisa membuatmu merasa iri dan tidak bisa mencintai dirimu. Yuk, stop bandingkan dirimu dengan orang-orang yang berada di media sosial!

Membantu Menetapkan Batasan

Sosial media bisa membuatmu belajar menentukan batasan terhadap apa yang bisa mengganggumu
Ilustrasi Media Sosial/foto: pexels.com/picjumbocom

Akun sosial media yang kamu ikuti tidak jarang mengeluarkan konten yang dapat membuatmu merasa tidak nyaman. Melansir dari Forbes, hal tersebut bisa membuat media sosial seolah sebuah ruangan yang dapat membuat hati dan pikiran tidak tenang. Hal tersebut bisa kamu kendalikan sendiri, apakah kamu akan terus menerus membukanya, atau memberi jeda untuk sementara.

Mematikan kebisingan dalam kehidupan di media sosial bisa membuatmu terhindar dari hal-hal negatif yang akan meresap ke dalam dirimu dan membantumu membuat batasan dari hal-hal yang dapat mengganggumu.

Fokus Pada Tujuan

Ketimbang menghabiskan waktu untuk membuka sosial media, lebih baik gunakan waktu untuk mempelajari hal baru
Ilustrasi Online/foto: pexels.com/andrea-piacquadio

Melansir dari Forbes, menjauh dari sosial media bisa membantumu untuk merawat energi yang kamu miliki agar tidak terbuang karena memikirkan komentar orang lain dan siapa yang melihat unggahan terbarumu.

Bayangkan saja, jika kamu sedang merencanakan tujuan, dan kamu tiba-tiba melihat sebuah postingan orang lain yang akhirnya membuatmu merasa tidak semangat lagi. Atau saat kamu sedang membagikan sebuah proses keberhasilanmu dan orang-orang memberikan komentar yang menjatuhkan. Ketimbang energi tersebut kamu gunakan untuk mencari penilaian dan standar ideal dari orang lain, lebih baik kamu gunakan waktu dan tujuanmu untuk mengejar tujuanmu dengan lebih baik lagi.

Memanfaatkan Waktu

Apakah kamu pernah memeriksa durasi penggunaan layar atau sosial mediamu? Jika iya, coba hitung rata-rata berapa jam kamu menghabiskan waktumu sembari menatap layar ponsel. Hitung total durasi yang kamu gunakan untuk memeriksa sosial mediamu dan cari perbandingannya.

Jika kamu menghabiskan rata-rata minimal 5 jam dalam menggunakan sosial media per hari, bayangkan saja, dalam waktu tersebut hal baru apa yang bisa kamu lakukan dan  pelajari jika menggunakan waktu tersebut.

dampak positif dan negatif sosial media tergantung dari bagaimana kamu memanfaatkannya
Ilustrasi Online/foto: pexels.com/andrea-piacquadio

Meskipun ada banyak manfaat, tanpa disadari penggunaan sosial media yang berlebihan dapat memberikan banyak dampak negatifnya. Jika kamu kesulitan karena kamu merasa cemas saat tidak bisa mengakses sosial mediamu, kamu bisa bersikap lebih tegas ke diri sendiri. Jika kamu masih kesulitan, kamu bisa meminta bantuan kepada profesional seperti psikolog atau psikiater, karena kecanduan media sosial pun sama bahayanya dengan kecanduan lainnya.

Yuk, Beauties, manfaatkan waktu sebaik-baiknya dengan mengakses hal-hal penting yang dapat membantumu menenangkan hati dan pikiran serta membuat hidupmu menjadi lebih baik lagi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id