sign up SIGN UP

Biar Hubungan Sehat, Kenali Dampak dan Cara Mengatasi Dependensi Emosional!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Rabu, 13 Jul 2022 17:30 WIB
Biar Hubungan Sehat, Kenali Dampak dan Cara Mengatasi Dependensi Emosional!
caption

Beauties, ketika menjalani sebuah hubungan percintaan, dukungan emosional sangat penting karena dapat mempererat jalinan kasih kedua belah pihak. Ketika kamu dihadapi masalah dan kegalauan dalam hidup, curhat kepada pasangan bisa menjadi hal yang melegakan, karena pasanganmu bisa menjadi pendengar yang baik dan membantu memvalidasi perasaanmu.

Menginginkan perhatian dan dukungan dari pasangan memang wajar, tapi kalau kamu terlalu bergantung secara emosional kepada pasangan, hal itu bisa membuat hubungan kamu tidak sehat. Orang yang bergantung secara emosional membutuhkan perhatian, persetujuan, dan dukungan terus-menerus dari pasangan karena memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah dan tidak bisa mengelola emosinya sendiri.

Dampak Ketergantungan secara Emosional

Berikut adalah beberapa dampak ketergantungan secara emosional, yang wajib kamu pahami!

1. Hubungan yang Bermasalah

Hubungan yang bermasalah/ Foto:pexels.com/Odonata Wellnesscenter
Hubungan yang bermasalah/ Foto:pexels.com/Odonata Wellnesscenter

Ketergantungan emosi membuat hubunganmu tidak sehat karena biasanya kamu membutuhkan banyak kepastian dan dukungan dari pasanganmu karena kamu mengalami insecure atau keraguan diri. Kamu mungkin seringkali bertanya apakah pasanganmu mencintaimu dan hal-hal yang meragukan komitmen kalian. Hal ini jika terjadi terlalu sering, bisa membuat pasanganmu jengkel karena merasa tidak dipercayai.

2. Menimbulkan Stres

Menimbulkan stress/ Foto:freepik.com
Menimbulkan stres/ Foto:freepik.com

Terus-terusan merasa cemas saat pasangan jauh darimu dan bertanya-tanya apa yang sedang dilakukannya atau apakah dia masih mencintaimu dapat memberikan tekanan terhadap dirimu sendiri. Nggak heran, kadang kamu bisa uring-uringan sendiri dan merasa stres karena dugaan-dugaan yang tanpa alasan.

3. Abai Terhadap Diri

Abai terhadap diri/ Foto:pexels.com/Molly Champion
Abai terhadap diri/ Foto:pexels.com/Molly Champion

Kalau kamu terlalu bergantung secara emosional terhadap pasanganmu, kamu jadi nggak tau gimana caranya untuk memberikan support bagi dirimu sendiri. Padahal sangat penting mengenal dan mengelola emosi diri saat dilanda masalah, karena orang lain belum tentu selalu ada untukmu.

Lantas, Gimana Sih Cara Mengatasinya?

Ilustrasi cemasCara Mengatasi Dependensi Emosional/Foto: Freepik.com

Berikut beberapa cara untukmu mengatasinya. Simak yuk!

1. Kenali Emosimu Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan agar terhindar dari ketergantungan emosional adalah mengenali dan mengakui emosi yang sedang kamu rasakan. Tidak apa-apa kok merasa sedih dan diliputi kecemasan.

Ingatlah, bahwa emosi negatif dan positif memang ada untuk mengasah dirimu lebih terampil dalam mengelola emosi. Jadi, daripada terus-terusan mengandalkan orang lain untuk menghilangkan perasaan negatifmu, belajarlah untuk mengatasinya sendiri ya, Beauties.

2. Kendalikan Emosimu

Kenali Istilah Sadfishing yang Sedang Tren, Ternyata Bisa Mempengaruhi Emosi Orang LainMengendalikan Emosimu/Foto: pexels.com/Karolina Graboswka

Setelah kamu mengenali emosi apa yang sedang kamu rasakan, saatnya untuk mengendalikan dan mencari cara untuk mengatasi emosi negatif tersebut. Salah satu contohnya jika pasanganmu seharian ini tidak ada kabar, kamu jadi merasa kesepian, diabaikan dan tidak dicintai.

Tapi cobalah untuk berpikir positif, bisa jadi pasanganmu memang lagi sibuk banget dengan pekerjaannya, atau lagi ada masalah dan pengin waktu untuk sendiri dulu. Kamupun bisa lebih banyak menggunakan waktumu untuk melakukan kegiatan menyenangkan, seperti berwisata bareng teman, mendalami hobi, me time, dan lainnya.

3. Identifikasi Penyebab Ketergantungan Emosi

Mengetahui dengan pasti apa penyebab munculnya ketergantungan emosi dapat membantu kamu menerapkan metode yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Kamu bisa membicarakan perasaaanmu kepada teman atau menerapkan positive self talk untuk menyemangati diri.

4. Bicarakan kepada Terapis 

self diagnose dapat membuat orang mengabaikan profesi psikologBicara pada Terapis/Foto: Freepik.com/tirachardz

Kalau kamu merasa ketergantungan emosionalmu sudah sangat parah dan membawa dampak negatif dalam kehidupanmu, segera konsultasi dengan terapis. Terapis dapat membantumu menelisik penyebab dependensi emosional dan memberikan saran terkait kebutuhan emosionalmu.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id