STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Benarkah Tidur Lebih Lama Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan? Berikut Jawabannya!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Selasa, 17 Jan 2023 20:30 WIB
Benarkah Tidur Lebih Lama Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan? Berikut Jawabannya!
Tidur cukup/ Foto: freepik.com/jcomp

Diet untuk menurunkan berat badan tidak sekadar mengurangi porsi makanan atau bahkan menghindari makan. Ada banyak faktor penunjang lain yang bisa membantu menurunkan berat badan, seperti olahraga teratur dan menerapkan pola hidup yang sehat. Terkait pola hidup sehat, kamu tidak boleh mengabaikan satu hal penting Beauties, yakni tidur yang berkualitas. 

Sebab, dikatakan tidur lebih lama bisa membantu menurunkan berat badan lho. Ternyata melansir dari laman Verywell Health, pernyataan tersebut memang benar adanya. Penjelasan lebih lengkapnya seperti berikut ini.

Tidur Mempengaruhi Metabolisme

Tidur mempengaruhi metabolisme
Tidur mempengaruhi metabolisme/ Foto: freepik.com/jcomp

Tidur lebih lama bisa membantu metabolisme tubuh berjalan dengan baik sehingga pembakaran kalori selagi tubuh istirahat bisa berjalan optimal. Sebaliknya, ketika kurang tidur, maka metabolisme tubuh bisa terganggu dan mempengaruhi jumlah kalori yang terbakar selama tidur.

Kemampuan tubuh untuk mengolah karbohidrat juga jadi berkurang dan menyebabkan kadar glukosa darah tinggi, yang menyebabkan kadar insulin lebih tinggi dan penyimpanan lemak tubuh lebih besar

Dampak lain dari kurang tidur adalah pelepasan hormon kortisol yang dapat merangsang rasa lapar. Hormon ghrelin juga ikut meningkat ketika tubuh kurang tidur sehingga semakin memicu rasa lapar. Tak heran jika nafsu makan semakin meningkat dan mengacaukan pola dietmu.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE