sign up SIGN UP

Beneran Malas Sikat Gigi Memicu Penyakit Jantung dan Kanker? Kenali Dampak Buruk Lainnya!

Aqillah Diaz | Beautynesia
Rabu, 15 Jun 2022 10:00 WIB
Beneran Malas Sikat Gigi Memicu Penyakit Jantung dan Kanker? Kenali Dampak Buruk Lainnya!
caption
Jakarta -

Sejak kecil pastinya kamu sudah diajarkan untuk rajin menggosok gigi kan, Beauties? Kebiasaan baik ini penting dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi.

Namun, ternyata banyak orang yang masih malas menyikat gigi. Padahal bakteri dan racun yang ada di dalam mulut dapat mengalir ke aliran darah, bahkan dapat terhubung ke arteri koroner dan bisa menyebabkan penyakit jantung.

Hayo, siapa nih diantara kamu yang sering malas gosok gigi? Nah, jika kamu sering malas menggosok gigi, hati-hati saja karena nggak hanya bisa bikin gigi berlubang tetapi bisa menyebabkan permasalahan lainnya, lho!

Melansir laman Dental Aesthetics, berikut beberapa penjelasan dampak buruk karena malas membersihkan gigi. Simak yuk!

1. Penyakit Gusi atau Gingivitis

Stres dan cemas bisa menimbulkan penyakit gigi dan infeksi gusi.Penyakit Gusi/ Foto: Freepik.com

Banyak orang yang tidak menyadari ketika gusi mulai berdarah, bahkan hal ini dapat terjadi ketika kamu sedang membersihkan gigi.

Apabila hal ini terjadi, tandanya kamu mengalami beberapa penyakit gusi, yang mana biasanya sebelum gusi berdarah ditandai dengan gusi yang merah dan bengkak. Tentunya hal ini dikarenakan bakteri yang menumpuk di antara gusi dan gigi.

Oleh karena itu, apabila kamu mengalami penyakit ini, segeralah untuk diobati agar plak yang menumpuk tidak merusak jaringan dan tulang di dalam mulut. Dan juga hindari menyikat gigi terlalu keras, karena memang pada dasarnya menyikat gigi dapat merangsang aliran darah ke gusi yang merupakan bagian penting dari kesehatan mulut.

2. Gigi Berlubang atau Karies

Penyakit satu ini memang sering terjadi apabila banyak sisa makanan menempel di gigi dan kamu tidak membersihkannya secara menyeluruh. Sisa makanan tersebut dapat memicu munculnya bakteri dan dapat menyebabkan gigi berlubang.

Gigi berlubang biasanya diawali dengan terkikisnya lapisan terluar gigi atau enamel yang kemudian menyebar hingga ke lapisan tengah gigi atau dentin, dan dapat menyebar lagi hingga ke akar.

3. Berisiko Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

Ilustrasi penyakit jantung/ Foto: Freepik.comBerisiko Penyakit Jantung dan Storek/ Foto: Freepik.com

Bakteri di dalam mulut dapat berkembang biak apabila kamu malas membersihkan gigi. Bahkan, jarang menggosok gigi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kardiovaskular sebanyak 3 kali lipat.

Hal ini dikarenakan bakteri dapat menginfeksi gusi, sehingga menyebabkan penyakit periodontitis yang mana dapat mengalir ke pembuluh darah. Tentunya, akan menyebabkan peradangan dan kerusakan di pembuluh darah sehingga dapat menyumbat pembuluh darah. Apalagi jika sampai ke otak, hal ini dapat membuatmu menderita stroke.

4. Bau Mulut

Malas membersihkan gigi dapat menyebabkan bau mulut. Bahkan, biasanya kondisi ini sering tidak disadari dan hal ini dapat menyiksa orang yang ada di sekitarmu.

Bau mulut dikarenakan sisa makanan yang ada di gigi tidak dibersihkan secara menyeluruh, sehingga memicu munculnya bakteri dan adanya bakteri dalam mulut dapat menghasilkan gas sulfur yang menimbulkan bau tidak enak. Mau nggak mau, kini kamu harus rajin untuk sikat gigi agar kamu nggak dijauhi oleh orang di sekitarmu.

Kamu bisa membersihkan gigi 2 kali sehari, sesudah sarapan dan sebelum tidur, ya!

5. Menyebabkan Risiko Terkena Kanker

Mencegah kankerRisiko Terkena Kanker/Foto: Pixabay.com/marijana1

Menurut penelitian, seseorang yang menderita penyakit gusi, lebih mungkin didiagnosis menderita kanker ginjal atau pankreas. Bahkan, juga mungkin didiagnosis menderita kanker dalam darah.

Hal ini dikarenakan penyakit gusi bisa menyebabkan penyakit periodontal, sehingga dapat memicu seseorang terkena kanker. Ada baiknya untuk selalu memperhatikan kebersihan gigi secara baik.

6. Muncul Karang Gigi

Last but not least, dilansir dari detikHot, ketika kamu tidak menggosok gigi atau malas menggosok gigi, kotoran atau sisa makanan dalam mulut akan menyebabkan timbunan plak di antara gigi. Sehingga apabila timbulan ini terus menumpuk akan susah untuk dibersihkan dan menyebabkan adanya karang gigi.

Apabila karang gigi semakin banyak dan mengeras akan berisiko merusak enamel gigi yang bisa membuat gigi menjadi kusam dan membuat gigi berlubang.

Itulah beberapa dampak buruk dari malas membersihkan gigi. Kini, kamu sudah tahu kan, jadi masih malas nggak buat bersihin gigi Beauties?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id