sign up SIGN UP

Nggak Disangka, 5 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Masih Banyak Dilakukan Ini Ternyata Pemicu Masalah!

Aqillah Diaz | Beautynesia
Rabu, 08 Jun 2022 10:00 WIB
Nggak Disangka, 5 Kebiasaan di Kamar Mandi yang Masih Banyak Dilakukan Ini Ternyata Pemicu Masalah!
caption
Jakarta -

Banyak orang yang menghabiskan waktu di kamar mandi untuk membersihkan tubuh sambil berendam atau menikmati air hangat di bawah pancuran air hangat atau lainnya. Tentunya, pasti kamu belum tahu jika ternyata menghabiskan waktu lama di kamar mandi membuatmu tidak sadar melakukan kebiasaan yang justru dapat memicu masalah besar.

Tak hanya itu, kamar mandi juga merupakan salah satu tempat yang menyimpan banyak kuman dan bakteri yang dapat membuat tubuh tidak sehat. Namun, kita seringkali tidak sadar akan kebiasaan yang kita lakukan justru dapat membahayakan kesehatan.

Kira-kira kebiasaan apa ya? Dilansir dari detikHealth, berikut beberapa kebiasaan jorok yang harus dihindari

1. Membawa Handphone ke Kamar Mandi

Layanan Halo BCA yang kini bisa diakses lewat Whatsapp/freepik/wayhomestudioAsyik Main Handphone/Foto: Freepik/wayhomestudio

Sebagian orang pergi ke kamar mandi untuk mendengarkan lagu, membalas chat, atau menonton video ketika sedang mandi atau buang air besar. Ternyata kegiatan ini justru berdampak buruk bagi kesehatan.

Hal ini dikarenakan kuman-kuman bekas membersihkan badan dapat menempel pada handphone dan akan berisiko menempel, bahkan menyebar di bagian tubuh lain. Sebaiknya kini kamu harus segera menghindari kebiasaan jorok ini ya karena ini juga penting untuk kesehatan dan kebersihanmu.

2. Menggunakan Handuk Badan untuk Mengusap Wajah

Ilustrasi perempuan yang menggunakan handuk wajah alih-alih tisuMenggunakan Handuk Badan untuk Wajah/Foto: Pexels/Ron Lach

Siapa nih di sini yang suka abai jika mengusap wajah menggunakan handuk badan? Nah, ternyata hal ini dapat memicu munculnya masalah kulit akibat bakteri yang berkembang biak di handuk badan.

Sebaiknya kamu menggunakan handuk yang berbeda ketika akan mengusap bagian wajah dan bagian tubuh lainnya. Usahakan juga untuk mengganti handuk badan sekitar satu minggu sekali atau bahkan satu minggu dua kali agar kamu terhindar dari bakteri yang ada pada handuk.

3. Cuci Tangan Tidak Bersih dan Cuci Tangan dengan Sabun Batangan

Pastikan tangan selalu bersih sebelum digunakan.Mencuci Tangan Tidak Bersih/Foto: Freepik.com

Dilansir dari detikHealth, mencuci tangan merupakan cara paling efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya penyakit. Meskipun selama pandemi sudah banyak pihak dan banyak orang mengingatkan untuk selalu mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas atau sebelum masuk ke tempat umum, tapi masih saja banyak orang yang tidak memperdulikannya.

Setidaknya kamu harus mencuci tangan dengan air mengalir dan menggosok area bawah kuku yang menjadi sarang kuman dan bakteri. Ketika mencuci tangan, ada baiknya kamu menggunakan sabun cair atau sabun khusus cuci tangan.

Hindari menggunakan sabun batangan karena bakteri yang terdapat di sabun batangan cepat untuk berkembang biak dan mudah menyebar.

4. Terlalu Lama Duduk di Toilet

Terlalu Lama Duduk di Toilet/ Foto: Getty Images/eldemir

Selain jangan membawa handphone atau gadget ke dalam kamar mandi karena alasan bakteri dapat tersebar, hal ini juga berkaitan bahwa ketika kamu membawa handphone ke kamar mandi akan membuatmu menghabiskan waktu yang lama untuk duduk di toilet dan bermain ponselmu.

Secara tidak sadar, pasti waktu yang kamu habiskan di dalam toilet akan menyita waktumu dan duduk di toilet selama 15 menit saja sudah berdampak negatif bagi kesehatan, yakni dapat menimbulkan wasir. Hmmm, masih mau untuk duduk lama di toilet sambil bermain gadget?

5. Tidak Menjemur Handuk dan Membiarkannya Menggantung di Kamar Mandi

Selain skincare, ganti handuk secara berkalaTidak Menjemur Handuk/Foto: Freepik.com

Siapa nih yang masih malas untuk menjemur handuk ketika setelah mandi? Hal ini adalah kebiasaan jorok yang harus kamu hindari karena justru kamu akan membuat handuk semakin lembap dan menyebabkan bakteri di handuk semakin berkembang biak dan menyebar.

Membiarkan handuk menggantung di kamar mandi dapat memicu dampak negatif bagi kesehatan. Maka dari itu, setelah mandi langsung jemur ya!

Nah, itulah kebiasaan jorok yang harus kamu hindari ketika di kamar mandi. Apakah kamu pernah melakukannya? Jika iya, kamu harus segera memperbaikinya dan cobalah untuk hidup sehat dan bersih.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id