sign up SIGN UP

4 Kebiasaan yang Perlu Dihindari Setelah Makan Karena Memengaruhi Pencernaan, Langsung Mandi Salah Satunya

Ika Nur Amalia | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 12:00 WIB
4 Kebiasaan yang Perlu Dihindari Setelah Makan Karena Memengaruhi Pencernaan, Langsung Mandi Salah Satunya
caption

Tahukah Beauties kalau tubuh kita bisa tetap kekurangan nutrisi penting walau telah makan sehat dan seimbang loh!

Tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan setelah makan yang tampak tidak berbahaya, namun bisa mengganggu keseimbangan nutrisi makanan yang Beauties konsumsi. Ini disebabkan karena kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat menghambat mekanisme penyerapan nutrisi dalam tubuh kita, Beauties.

Lalu apa saja sih hal-hal yang sebaiknya Beauties hindari setelah makan? Yuk cari tahu di sini!

1) Tidur

As an ordinary people, terkadang Beauties mungkin merasakan kantuk setelah makan. Tapi rasa kantuk tersebut nggak boleh diamini begitu saja ya Beauties. Memilih untuk langsung tidur karena mengantuk setelah makan, merupakan pilihan yang sangat buruk.

Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur /Foto: Andrea Piacquadio/Pexels

Sama halnya dengan yang dilansir pada laman Health Shots, kebiasaan tidur setelah makan harus dihindari. Pasalnya, tidur setelah makan akan membuat cairan pencernaan yang diproduksi oleh perut, naik dan menyebabkan saki perut. Hal ini tentu akan membuat seluruh proses pencernaan akan terpengaruh, Beauties.

2) Mandi

Mandi selepas makan juga menjadi kebiasaan yang perlu kamu hindari. Kenapa? Sesuai dengan yang dilansir pada laman HealthXChange.sg, mandi setelah makan dapat menghambat proses pencernaan.

Ilustrasi mandi
Ilustrasi mandi /Foto: Armin Rimoldi/Pexels

Pencernaan makanan dalam tubuh kita, membutuhkan banyak energi dan aliran darah yang baik menuju perut. Saat kamu mandi, terjadi penurunan suhu tubuh yang mana memengaruhi proses pencernaan.

Tunggulah sekitar 30-45 menit setelah makan sebelum mandi. Bila memungkinkan, mandilah dulu sebelum makan malam. Demikian yang dilansir pada laman Ekachai Hospital.

3) Merokok

Kebiasaan buruk yang nggak boleh dilakukan setelah makan lainnya yaitu merokok. Beauties tentu tahu jika merokok berbahaya bagi kesehatan. Menurut Manisha, seorang ahli gizi yang dikutip pada laman Health Shots, merokok tepat setelah makan sebenarnya 10 kali lebih buruk.

Larangan merokok
Larangan merokok /Foto: Ann H/Pexels

Manisha juga mengingatkan, bahwa rokok mengandung karsinogen yang dapat memperburuk sindrom iritasi usus besar dan bahkan menyebabkan kolitis ulseratif atau peradangan usus besar.

Hal serupa juga tertuang pada artikel yang dilansir pada laman Ekachai Hospital. Yakni, merokok setelah makan akan mendorong mulas dengan merelaksasi sfingter esofagus bagian bawah.

Beauties tentu nggak mau kan dampak kebiasaan buruk ini menjadi sangat comlplicated? Jadi, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok setelah makan ya!

4) Berolahraga

Memilih berolahraga setelah makan juga bukan pilihan yang tepat, Beauties. Sesuai yang dilansir pada laman Health Shots, berolahraga tepat setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan. Selain itu, olahraga setelah makan akan meningkatkan kemungkinan kamu mengalami muntah, hingga sakit perut atau kram.

Melakukan exercise
Melakukan exercise /Foto: Mentatdgt/Pexels

Jika Beauties menganggap bahwa berjalan-jalan segera setelah makan dapat membantu mencerna makanan dengan mudah, maka buang jauh-jauh pemikiran tersebut ya. Seperti yang dilansir pada laman Times Food, makanan kita perlu waktu untuk mengendap, sehingga akan lebih baik untuk tidak melakukan olahraga berat segera setelah makan.

Nah, sekarang sudah tahu kan kebiasaan-kebiasaan yang harus Beauties jauhi setelah makan? Pastikan memulainya untuk mengubah kebiasaan buruk sedini mungkin. Ajak teman dan orang terkasihmu untuk turut mengaplikasikannya juga.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id