sign up SIGN UP

Biar Hari Senin Fresh dan Ceria, Ini Cara Tidur Cepat yang Ampuh Cuma Butuh Itungan Detik!

Rini Apriliani | Beautynesia
Minggu, 11 Sep 2022 20:30 WIB
Biar Hari Senin Fresh dan Ceria, Ini Cara Tidur Cepat yang Ampuh Cuma Butuh Itungan Detik!
caption
Jakarta -

Karena santai menghadapi hari libur, tak jarang banyak orang yang menghabiskan waktu Sabtu dan Minggunya untuk begadang. Meski hanya dilakukan dalam dua hari, kebiasaan begadang atau tidur larut malam bisa mengganggu jam tidur di hari selanjutnya. 

Siapa nih yang suka gelisah sendiri sampai Minggu malam yang seharusnya sudah mempersiapkan diri untuk tidur dan beraktivitas di pagi harinya, malah dilanda tak bisa tidur? Jika kamu salah satunya, yuk simak cara tidur cepat yang ampuh hanya dalam hitungan menit berikut ini. Simak di sini ya!

1. Metode Tidur Cepat ala Militer Cuma Butuh 10 Detik - 2 Menit

Ilustrasi TidurIlustrasi Tidur/ Foto: Getty Images/iStockphoto/millann

Melansir Healthline, ada yang namanya metode militer untuk bantu kamu tidur lebih cepat. Metode tidur ini dikembangkan dari sebuah buku berjudul "Relax and Win: Championship Performance" yang pertama kali dilaporkan oleh Sharon Ackerman. 

Menurut Ackerman, Sekolah Pra-Penerbangan Angkatan Laut Amerika Serikat membuat rutinitas untuk membantu pola tertidur dalam 2 menit atau kurang. Pilot butuh latihan sekitar 6 minggu, dengan terbiasa minum kopi dan suara tembakan di latar belakang. Bahkan cara tidur ini pun bisa bekerja untuk tidur sambil duduk. 

Langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Rilekskan seluruh wajah, termasuk otot-otot di dalam mulut
  • Turunkan bahu untuk melepas ketegangan dan biarkan tangan jatuh ke samping tubuh
  • Buang napas dan rilekskan dada, kaki, paha, dan betis
  • Selanjutkan kosongkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan pemandangan yang menenangkan
  • Jika ini tidak berhasil, coba ucapkan kata-kata "jangan berpikir" berulang-ulang selama 10 detik
  • Dalam 10 detik, kamu harus tertidur. Lakukan langkah di atas secara berulang jika masih kesulitan tidur.

2. Cara Tidur dalam 60 Detik

Rekomendasi sleeping patch untuk meningkatkan kualitas tidur/pexels.com/Andrea PiacquadioIlustrasi tidur/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Cara tidur ini akan berfokus pada pernapasan dan otot kamu, membantu mengalihkan pikiran dari topik yang mengganggu dan tidur. Meski disebutkan hanya butuh 60 detik, untukmu yang masih pemula mungkin akan membutuhkan waktu sampai 2 menit untuk bekerja.

Ini menggunakan metode 4-7-8 untuk membuatmu lebih tenang secara alami. Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama letakkan ujung lidah di langit-langit mulut, di bagian belakang dua gigi depan
  • Pertahankan lidah kamu sepanjang waktu dan kerutkan bibir jika perlu
  • Biarkan bibir sedikit terbuka dan buka suara mendesing saat kamu mengeluarkan napas dari mulut 
  • Kemudian tutup bibirmu dan tarik napas dalam diam melalui hidung
  • Hitung sampai 4 di kepala dan kemudian tahan napas selama 7 detik, setelah itu buang napas selama 8 detik
  • Hindari terlalu waspada di akhir setiap siklus. Cobalah untuk berlatih tanpa berpikir
  • Terakhir, selesaikan siklus ini selama empat napas penuh dan biarkan sampai tubuh merasa lebih rileks

Nah Beauties, itu dia kedua cara tidur cepat yang bisa kamu coba. Persiapkan dirimu untuk hari Senin yang lebih fresh dan ceria ya. Semangat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id