sign up SIGN UP

Studi: Mencuci Piring Bisa Bantu Redakan Stres dan Jaga Kesehatan Mental

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 09 Sep 2022 14:30 WIB
Studi: Mencuci Piring Bisa Bantu Redakan Stres dan Jaga Kesehatan Mental
caption
Jakarta -

Beauties, ketika kamu sedang merasa sedih atau stres, kegiatan apa yang biasanya kamu lakukan? Menonton film, mendengarkan musik, atau tidur? Biasanya, kegiatan yang menyenangkan serta membuat pikiran rileks sering jadi solusi ketika sedang merasa down. Namun, tahukah kamu kalau mencuci piring bisa membantu mengatasi stres?

Buat sebagian orang, kegiatan mencuci piring mungkin terlihat melelahkan. Tapi sebenarnya, mencuci piring bisa membantu meredakan stres hingga menjaga kesehatan mental, lho!

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Mindfulness melaporkan bahwa mencuci piring adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan benar-benar dapat meningkatkan kesejahteraan mental. Mencuci piring juga menjadi kegiatan yang baik untuk relaksasi.

Stop kebiasaan malas ganti spons cuci piring! Ini bahayanya untuk kesehatan/Foto: pexels.com/Kampus ProductionIlustrasi mencuci piring/Foto: Pexels.com/Kampus Production

"Kami berhipotesis bahwa, relatif terhadap kondisi kontrol, peserta yang menerima instruksi mencuci piring akan membuktikan kesadaran yang lebih besar, kesadaran penuh perhatian, dan pengaruh positif, serta mengurangi pengaruh negatif dan mengarah pada perkiraan waktu yang dihabiskan untuk mencuci piring," tulis penulis penelitian di Universitas Negeri Florida di Tallahassee, dikutip dari Life Hack.

Setelah melakukan penelitian, para peneliti di Florida State University menemukan bahwa mencuci piring dengan penuh perhatian, yang mencakup fokus pada aroma sabun dan air yang mengalir dapat memicu keadaan pikiran yang positif.

Bagaimana Mencuci Piring Bisa Membantu Jaga Kesehatan Mental?

Ilustrasi mencuci piringIlustrasi mencuci piring/ Foto: Freepik

Ketika kamu mencuci piring, kamu akan fokus dengan apa yang sedang dikerjakan. Pikiran dan tubuhmu pun akan hadir di masa sekarang. Dengan kata lain, kamu harus mencuci piring dengan penuh perhatian.

Perhatian penuh adalah praktik menghilangkan pikiran negatif atau mengganggu untuk memungkinkan kesadaran penuh akan perasaan dan indera seseorang pada saat ini. Hal ini telah terbukti mampu menghilangkan stres, mengurangi kecemasan, menurunkan risiko depresi dan berkontribusi pada peningkatan kualitas tidur.

Pada studi ini, para peneliti menyelidiki apakah keadaan pikiran yang positif dapat dicapai melalui kegiatan sehari-hari yang sederhana, misalnya mencuci piring. Penelitian ini melibatkan 51 pelajar berusia awal 20-an, di mana lebih dari setengah subjek diberikan bacaan dengan 230 kata yang menekankan pengalaman indrawi mencuci piring.

Separuh peserta lainnya, yang bertindak sebagai kontrol, membaca bagian yang sama panjangnya yang menekankan teknik mencuci piring yang benar. Kedua kelompok mata pelajaran tersebut memberikan interpretasi bacaannya secara tertulis dan lisan. Kemudian masing-masing peserta mencuci 18 piring bersih.

"Saya sangat tertarik pada bagaimana aktivitas duniawi dalam kehidupan dapat digunakan untuk mempromosikan keadaan penuh perhatian dan, dengan demikian, meningkatkan rasa kesejahteraan secara keseluruhan," ungkap salah seorang peneliti.

Hasil Penelitian

Ilustrasi mencuci piringIlustrasi mencuci piring/ Foto: Freepik

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa tingkat kecemasan menurun sebesar 27 persen ketika peserta mencuci piring. Selain itu, mencuci piring dengan penuh perhatian meningkatkan rasa waktu yang melambat, tulis para peneliti.

"Implikasi untuk temuan ini beraneka ragam dan menunjukkan bahwa perhatian serta pengaruh positif dapat dikembangkan melalui keterlibatan yang disengaja dalam berbagai kegiatan," ungkap peneliti.

Nah, gimana, Beauties? Tertarik rajin cuci piring untuk membantu redakan stres?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id