sign up SIGN UP

4 Makanan Ini Ternyata Bisa Memperburuk Gangguan Kecemasan, Mending Di-skip!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Jumat, 09 Sep 2022 12:30 WIB
4 Makanan Ini Ternyata Bisa Memperburuk Gangguan Kecemasan, Mending Di-skip!
caption

Rasa cemas wajar dirasakan sebagai respon terhadap suatu kondisi yang menyebabkan stres. Namun bagi seseorang yang memiliki gangguan kecemasan atau anxiety disorder, rasa cemas yang muncul terjadi sangat intens dan bisa bertambah buruk seiring waktu sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Menurut National Institute of Mental Health, peneliti menemukan faktor genetik dan lingkungan dapat menjadi salah satu penyebab yang berkontribusi pada risiko mengembangkan gangguan kecemasan. Sementara bagi orang yang telah memiliki gangguan kecemasan, makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa menjadi faktor yang dapat memperburuk kondisi yang dimiliki. 

Mengutip dari Healthline, berikut 4 makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita gangguan kecemasan!

1. Makanan dengan Gula Tambahan

makanan manis bisa memperburuk kecemasan
Makanan mengandung gula tambahan bisa memperburuk kecemasan/Foto: Freepik/Drazenzigic

Menurut penelitian, kadar gula darah yang tinggi dapat berpengaruh pada suasana hati dan meningkatkan kecemasan. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan tinggi gula tidak disarankan oleh penderita gangguan kecemasan karena dapat memicu perasaan khawatir, lekas marah dan sedih. 

Namun tidak harus menghindari 100% asupan gula setiap saat. Kamu tetap bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan gula alami seperti buah-buahan, namun sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula tambahan tinggi, seperti kue, biskuit, sereal hingga yogurt rasa buah.

2. Karbohidrat Olahan

makanan yang bisa memperburuk kecemasan
Roti putih termasuk karbohidrat olahan yang bisa memperburuk kecemasan/Foto: Freepik/Freepik

Tidak hanya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan obesitas, karbohidrat olahan juga berpengaruh pada kondisi kecemasan seseorang. 

Menurut studi di tahun 2019, mengonsumsi karbohidrat olahan berkaitan dengan kecemasan dan depresi pada perempuan. Sedangkan studi lain di tahun 2018 menemukan bahwa tikus yang diberi konsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan mengalami obesitas sedang dan peningkatan kecemasan serta perilaku depresi.

Makanan yang termasuk karbohidrat olahan, di antaranya seperti tepung, gula pasir, nasi putih dan roti putih. Makanan-makanan tersebut dijuluki juga sebagai makanan rendah zat gizi karena telah melewati serangkaian proses pengolahan panjang, yang membuatnya kehilangan kandungan serat, vitamin, dan mineral alaminya.

Sebagai gantinya, coba konsumsi pilihan karbohidrat yang lebih sehat, seperti roti dari gandum utuh, beras merah, quinoa dan biji-bijian tinggi karbohidrat.

3. Kafein

Kafein bisa memperburuk kecemasan
Kafein dapat memperburuk kondisi kecemasan/Foto: Freepik/Freepik

Bagi kamu yang memiliki gangguan kecemasan, sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi kopi. Pasalnya, kadar kafein yang tinggi pada kopi dapat meningkatkan kecemasan dan rasa gugup, serta dapat menurunkan produksi serotonin yang menyebabkan perubahan suasana hati. 

Selain pada kopi, kadar kafein dalam teh, cokelat hingga obat sakit kepala tertentu juga bisa menyebabkan perasaan cemas sehingga perlu kamu perhatikan ya, Beauties. Untuk menghindari minuman berkafein, kamu bisa menggantinya dengan mengonsumsi teh herbal seperti teh chamomile, teh lemon balm maupun teh peppermint yang menyegarkan sekaligus memiliki efek menenangkan. 

4. Alkohol

alkohol bisa memperburuk kecemasan
https://www.freepik.com/author/drazenzigicFoto: Freepik/Wirestock

Alkohol dapat mengubah kadar serotonin dan neurotransmiter di otak, yang dinilai bisa memperburuk kondisi kecemasan. Selain itu, konsumsi alkohol juga bisa berdampak buruk pada kadar gula darah dan menyebabkan insomnia.

Seperti yang diungkapkan para peneliti di Binghamton University, kurang tidur di bawah delapan jam sehari bisa dampak buruk terhadap peningkatan risiko kecemasan dan depresi.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id