STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Biar Nggak Gampang Sakit saat Perubahan Cuaca, Yuk Hindari 6 Kebiasaan Makan Ini Menurut Ahli!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Kamis, 29 Sep 2022 22:30 WIB
Biar Nggak Gampang Sakit saat Perubahan Cuaca, Yuk Hindari 6 Kebiasaan Makan Ini Menurut Ahli!

Beauties, apakah kamu menyadari bahwa cuaca akhir-akhir ini jadi semakin cepat berubah? Di pagi hari cerah, lalu menjelang siang dan sore tiba-tiba hujan deras. Perubahan cuaca terjadi karena adanya perubahan pada kondisi atmosfer bumi yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti curah hujan yang tinggi, musim kemarau yang berkepanjangan hingga aktivitas yang disebabkan oleh manusia.

Berdasarkan dari faktornya, maka perubahan cuaca bisa terjadi dalam jangka waktu yang panjang sehingga dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan di bumi. Salah satu dampak buruknya, yaitu menimbulkan banyak risiko bagi manusia seperti membuat tubuh menjadi mudah terserang penyakit.

Nah, untuk menjaga tubuh agar tetap sehat di tengah perubahan cuaca maka kamu harus membiasakan hidup sehat dengan menghindari beberapa kebiasaan makan tertentu. Merangkum dari Health Shots, berikut 6 kebiasaan makan yang harus dihindari saat terjadi perubahan cuaca menurut ahli.

Tidak Mengonsumsi Makanan Probiotik

Makanan probiotik
Makanan probiotik/Foto: Freepik/@freepik

Banyak orang yang salah paham tentang makanan probiotik sehingga saat terjadi perubahan cuaca mereka justru menghindarinya. Padahal faktanya, menurut Sneha Sanjay, seorang ahli gizi eksekutif senior di Grup Rumah Sakit Cloudnine, Jayanagar, Bengaluru, mengonsumsi makanan probiotik dapat meningkatkan bakteri baik di usus dan memperkuat fungsi kekebalan tubuh. Jadi, jika selama terjadi perubahan cuaca kamu biasanya tidak mengonsumsi makanan probiotik, sebaiknya dihindari ya. Kamu justru harus mengonsumsinya.

Mengurangi Hidrasi

Perempuan minum air putih
Perempuan minum air putih/Foto: Freepik/@tawatchai07

Beauties, apakah kamu termasuk orang yang jarang minum air putih? Jika iya, sebaiknya hindari ya. Perubahan cuaca bisa membuat tubuh menjadi dehidrasi sehingga keseimbangan cairan dalam tubuh (hidrasi) menjadi berkurang. Jika kamu jarang minum air putih di masa-masa ini maka tubuhmu akan rentan terkena penyakit.

Selain itu, menurut Sneha, hidrasi dapat membantu menjaga tingkat energi, mengurangi dehidrasi musim dingin, melawan penambahan berat badan, dan juga membuat orang tidak mudah terkena infeksi atau alergi.

Mengonsumsi Makanan Mentah

Sushi
Sushi/Foto: Pexels/Rajesh TP

Beauties, bayangkan apa yang akan terjadi pada dirimu jika saat ini sedang mengalami perubahan cuaca dan kamu memiliki kebiasaan suka mengonsumsi makanan mentah? Tentu tubuhmu akan rentan terkena penyakit bukan?

Kok bisa ya? Ini terjadi karena makanan mentah memberikan peluang kepada patogen untuk masuk dengan mudah ke dalam tubuh sehingga menyebabkan infeksi bakteri dan virus. Inilah mengapa tubuh menjadi rentan terkena penyakit ketika mengonsumsi makanan mentah. Jadi, usahakan hindari mengonsumsi makanan mentah ya, Beauties!

Terlalu Banyak Makan Gorengan

Gorengan
Gorengan/Foto: Freepik/@dashu83

Pencinta gorengan mana suaranya? Gorengan memang masih menjadi makanan favorit bagi hampir sebagian masyarakat di Indonesia. Apalagi jika gorengan tersebut disuguhi masih panas-panas dengan ditambah cabai rawit, hmm memang sangat menggoda bukan?

Meskipun gorengan sangat enak, tetapi kamu harus tetap mengontrol porsinya ya, Beauties! Apalagi di tengah terjadinya perubahan cuaca. Menurut Sneha, terlalu banyak makan gorengan bisa menyebabkan komplikasi gastroenteritis, yang mana akan membuat perut menjadi  kembung dan dapat menyebabkan sakit perut.

Tidak Mengonsumsi Sumber Makanan Vitamin C

Perempuan membeli jeruk
Perempuan membeli jeruk/Foto: Pexels/Anna Shvets

Untuk menjaga tubuh tetap sehat di kala terjadinya perubahan cuaca, kamu harus mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk. Buah jeruk merupakan sumber vitamin C terbaik yang penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena melawan infeksi.

Mengabaikan Produk Musiman

Buah dan sayur
Buah dan sayur/Foto: Freepik/@KamranAydinov

Indonesia memiliki dua jenis musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Berdasarkan kedua musim tersebut maka ada beberapa produk makanan yang hanya ada pada musim tertentu. Ini artinya produk seperti buah dan sayuran ada yang bersifat musiman.

Nah, ketika terjadi perubahan cuaca, ada baiknya untuk membeli buah dan sayuran yang sedang musimnya. Mengapa? Karena buah dan sayuran musiman memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mudah dicerna dan memiliki sifat antioksidan, yang mana dapat menjauhkanmu dari penyakit selama perubahan cuaca.

Nah, Beauties itulah tadi 6 kebiasaan makan yang harus dihindari selama terjadi perubahan cuaca. Tetap jaga kesehatanmu, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE