sign up SIGN UP

Biar Nggak Keracunan, Ayam Mentah yang Disimpan di Kulkas Bisa Bertahan Berapa Lama ya?

Rini Apriliani | Beautynesia
Senin, 15 Aug 2022 13:30 WIB
Biar Nggak Keracunan, Ayam Mentah yang Disimpan di Kulkas Bisa Bertahan Berapa Lama ya?
caption
Jakarta -

Kulkas menjadi tempat 'aman' untuk menyimpan berbagai makanan dan minuman agar kesegarannya bisa tetap terjaga. Demi sebuah kepraktisan, sebagian orang pun memilih menyimpan bahan makanan mereka di kulkas, untuk dimasak esok atau kemudian hari.

Ayam mentah misalnya. Biar tetap segar dan bisa dimasak sewaktu-waktu, kita sering menyimpannya di dalam kulkas. Barulah akan dikeluarkan jika siap untuk diolah.

Makanan penambah tinggi badan anakAyam Mentah/Foto: Freepik.com

Namun, setiap makanan memiliki 'umur'-nya masing-masing, dan kita harus paham dengan hal ini. Karena jika sampai lalai, bisa menyebabkan keracunan. Seperti yang terjadi di Amerika Serikat, setiap tahunnya diperkirakan 1 juta orang sakit karena makan unggas yang tak disimpan atau disiapkan dengan benar. 

Belajar dari hal ini, biar kita bisa tetap aman saat memakannya, ayam mentah di kulkas bisa bertahan berapa lama sih? Simak selengkapnya di sini yuk!

Berapa Lama Ayam Mentah Bisa Disimpan di Kulkas?

Stok bahan makanan di kulkas/pexels/@Kindel MediaIlustrasi stok bahan makanan di kulkas/Foto: pexels/@Kindel Media

Dikutip dari Healthline, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, ayam mentah, entah itu sudah berbentuk potongan atau utuh, bisa disimpan di dalam kulkas, hanya satu atau dua hari saja. Sedangkan, ayam matang, bisa bertahan 3-4 hari di dalam kulkas. 

Ingin lebih awet, penyimpanan terbaik adalah di dalam freezer. Karena jika ayam mentah disimpan di freezer, bisa awet sampai 9 bulan.

Lalu, ayam yang masih utuh, bisa bertahan setahun, dan ayam yang sudah dimasak bisa bertahan 2-6 bulan jika di dalam freezer

Yang perlu diperhatikan saat penyimpanan adalah harus di simpan dalam wadah antibocor agar sarinya tidak bocor dan mencemari makanan lain. 

Ini Tanda Ayam Mentah Sudah Busuk dan Tak Layak Makan!

Jarang diketahui, mencuci ayam mentah ternyata bisa timbulkan penyakit. Ini fakta menurut ahli/Foto: eatthis.comAyam Mentah/Foto: eathis.com

Dikutip dari eatingwell.com, ada beberapa tanda jika ayam mentah di kulkas sudah busuk dan tak layak untuk dimasak. Lebih lengkapnya sebagai berikut:

1. Ayam busuk bisa kita rasakan dari baunya. Dimana, ayam busuk akan mengeluarkan bau yang sangat tak sedap untuk dicium.

2. Tak sama dengan yang segar, daging ayam yang sudah busuk akan terlihat mengkilat dan berlendir.

3. Akan terjadi perubahan warna. Yang mana, ayam yang busuk akan berubah warna dari yang tadinya ada rona merah muda, berubah jadi abu-abu, atau jadi hijau dan kuning. Tak jarang juga ada jamur di dagingnya.

4. Tekstur daging akan berubah. Ayam mentah yang tak layak makan akan terasa kaku, terutama saat kamu menekannya, akan menghasilkan lekukan, yang tak kembali pada bentuk aslinya yang harusnya memantul.

5. Selain berlendir, beberapa daging ayam busuk pun akan terasa begitu lunak. 

Beauties, setelah ini sudah tahu bukan berapa lama ayam mentah bisa disimpan bahkan sampai tanda ayam busuk. Jangan lagi lalai demi kesehatanmu ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id