sign up SIGN UP

Ramai soal 'Perempuan Harus Bisa Masak', Netizen: Masak Bukan Soal Gender, Tapi Basic Life Skill!

Syalma Namira | Beautynesia
Rabu, 10 Aug 2022 07:30 WIB
Ramai soal 'Perempuan Harus Bisa Masak', Netizen: Masak Bukan Soal Gender, Tapi Basic Life Skill!
caption

Beauties, kamu mungkin sudah tidak asing dengan ungkapan 'perempuan harus bisa masak'. Baru-baru ini jagat maya diramaikan dengan pro dan kontra mencuatnya kewajiban perempuan yang harus bisa diandalkan dalam urusan dapur.

Hal ini bermula pada pernyataan Ketua Umum PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri saat menghadiri Kick Off Kolaborasi Penurunan Stunting pada Senin (8/8). Megawati yang turut membagikan perihal pemenuhan gizi stunting, menuturkan dalam pernyataannya bahwa memasak adalah keterampilan yang utama bagi seorang perempuan.

Ia turut menambahkan saat dirinya menjabat sebagai presiden ataupun wakil presiden, aktivitas memasak tidak pernah ia tinggalkan, kendati kesibukannya sebagai orang nomor satu RI pada saat itu.

Berkreasi masak di dapur/Foto: Freepik.com/pvproductionsIlustrasi masak/Foto: Freepik.com/pvproductions

"Presiden saya waktu itu, wapres, presiden, saya tetap, lo, memasakkan bagi keluarga saya. Jadi adalah sebuah alasan yang tidak wajar menurut saya kalau yang namanya perempuan tidak bisa memasak," katanya, dikutip dari detikNews.

Sontak, pernyataan tersebut menjadi perbincangan netizen di media sosial. Terlepas dari perempuan harus bisa masak atau tidak, tak sedikit netizen yang menyorot memasak bukanlah kegiatan yang harus dilakukan salah satu gender saja. Mengingat, memasak merupakan keterampilan yang memang diperlukan siapa pun tanpa pandang bulu.

Dapur yang selalu identik dengan gender perempuan, sejatinya adalah ruangan di mana bahan baku yang diolah menjadi makanan siap saji tersebut dapat diakses oleh berbagai gender. Tak hanya perempuan.

Anggapan yang melekat tersebut, tanpa disadari menjadi standar bagi perempuan dalam menjalani kehidupannya. Perempuan yang tidak lihai dalam menguasai penggorengan dan perkakas lainnya dianggap bukan lah perempuan “seutuhnya”.

Lantas, pekerjaan memasak menjadi tanggung jawab siapa? Apakah seyogyanya diperuntukkan untuk perempuan saja? Atau seluruh gender? Simak ulasan berikut, yuk, Beauties!

Memasak Merupakan Keterampilan Dasar Bagi Seluruh Gender untuk Bertahan Hidup

Memasak/Foto:Pexels.com/Elle Hughes
Memasak/Foto:Pexels.com/Elle Hughes

Memasak adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk bertahan hidup dari kelaparan dan dapat dilakukan baik pria maupun perempuan. Namun, anggapan soal perempuan harus bisa memasak seolah-olah membuat tanggung jawab di dapur hanya berada di tangan kaum perempuan saja. 

Anggapan tersebut dapat terpatahkan dengan sudut pandang bahwa sesungguhnya memasak adalah keterampilan dasar yang bisa dikuasai oleh pria maupun perempuan. Sehingga, tidak mengharuskan hanya perempuan saja yang bertanggung jawab untuk memasak, pria pun juga.

Tidak Hanya Perempuan, Pria Juga Banyak yang Jago Memasak

Pasangan yang sedang memasak/Foto:Pexels.com/Amina Fillkins
Pasangan yang sedang memasak/Foto:Pexels.com/Amina Fillkins

Melansir detikFood, seperempat populasi anak di Inggris mengungkapkan menyukai masakan ayah mereka. Hal tersebut membuktikan urusan dapur tidak hanya dipegang oleh perempuan.

Memasak merupakan keterampilan bertahan hidup yang dapat dilakukan oleh siapapun. Bahkan, 4 dari 10 perempuan di Inggris mengungkapkan pasangan mereka menghasilkan kreasi masakan yang lezat dibanding dengan mereka. Hal tersebut tidak membuat mereka terusik, sebab dianggap membantu dan saling melengkapi sebagai pasangan.

Tanggapan Netizen soal Stigma Perempuan Harus Bisa Masak

Seiring berjalannya waktu, perempuan kini semakin menggali nilai dirinya. Ilmu pengetahuan yang semakin mudah terakses membuat para perempuan tersadar, urusan mereka bukanlah hanya sebatas dapur, kasur, sumur. Melainkan perempuan memiliki potensi yang lebih dari itu.

Stigma perempuan harus bisa memasak masih melekat/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Stigma perempuan harus bisa memasak masih melekat/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Netizen di media sosial, yakni Twitter, membagikan tanggapan mereka soal stigma perempuan harus bisa masak. Berikut beberapa di antaranya:

“Bukan perempuan, tapi “semua orang harus bisa masak” PLIS MASAK ITU BASIC LIFE, mau makan apa kalau ga bisa masak? Beli? Uang dari mana kalau enggak kerja? Bukan CUMA PEREMPUAN YANG KUDU MASAK,” tulis salah seorang netizen @dhea******.

“Semua orang harus bisa masak, gak boleh ngandelin kaum perempuan doang,” tutur akun @JHalu*****.

“Yaaa sebenarnya mau perempuan apa pria tetep harus bisa masak sh. Gak perlu yang sesusah kayak di resto. Masakan simple aja juga gak masalah,” ungkap @res*****.

Menurut Beauties, sebaiknya perempuan harus bisa memasak atau tidak? Yuk, bagikan pandangan kamu!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id