sign up SIGN UP

Biar Tidur Lebih Nyenyak, 4 Cara Alami Ini Ampuh Usir Nyamuk Mengganggu di Kamar

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Senin, 25 Jul 2022 20:00 WIB
Biar Tidur Lebih Nyenyak, 4 Cara Alami Ini Ampuh Usir Nyamuk Mengganggu di Kamar
caption

Nuansa alamiah memang menghadirkan kesejukan tersendiri. Misalnya saja membuka ventilasi kecil di malam hari untuk mendapat hawa dingin alami dari luar.

Namun, hal ini biasanya malah membawa petaka kecil lainnya. Seperti masuknya serangga kecil dan bahkan nyamuk yang nantinya malah mengganggu kenyamananmu beraktivitas di dalam kamar.

Ada banyak untuk mengusir nyamuk. Cara termudahnya tentu menyemprot produk penghilang serangga, memasang obat nyamuk elektrik, maupun mengoles lotion nyamuk pada kulit. Walau terbukti efektif, tapi dampaknya terhadap pernafasan dan kulit kurang baik.

Sehingga, banyak orang lebih memilih melakukan beberapa cara alami di bawah ini untuk mengusir nyamuk. Baca lengkapnya di sini yuk!

1. Bersihkan Kamar

kamar yang bersih adalah kunci utama agar tidak ada nyamuk
kamar yang bersih/foto: pexels.com/dominika-roseclay

Kamar yang bersih merupakan kunci dari segalanya. Seperti dijauhkan dari serangga berbahaya hingga penyakit.

Hal ini dikarenakan kamar yang bersih memiliki sirkulasi udara yang baik, penataan ruang yang tepat, hingga kerapian barang dalam kamar. Tak heran, jika membersihkan kamar adalah kunci utama untuk menghilangkan adanya sarang nyamuk. Karena, nyamuk menyukai tempat yang lembab dan kotor. Nah, kalau kamarmu sudah bersih nggak ada yang perlu dihiraukan lagi, bukan?

2. Nyalakan Kipas Angin

Ilustrasi tidur dengan kipas angin menyalaIlustrasi tidur dengan kipas angin menyala/ Foto: Getty Images/iStockphoto/invizbk

Kipas angin memang serba guna. Selain memberikan tambahan angin dan kesejukan, alat satu ini bisa digunakan untuk mengusir nyamuk yang mendekat.

Untuk pemakaian yang efektif, arahkan ke tempat tidurmu lalu klik tombol putar kanan-kiri. Dengan begitu, tidurmu tidak akan terganggu lagi oleh gigitan nyamuk.

3. Memakai Kaos Kaki

kaos kaki bisa menjadi alternatif untuk menghindari gigitan nyamuk
kaos kaki/foto: pexels.com/lukas-horak

Walau terdengar aneh, memakai kaos kaki ternyata bisa menjadi cara termudah untuk terhindar dari gigitan ganas si nyamuk. Pasalnya, kaos kaki memiliki lapisan yang tidak mudah ditembus oleh tusukan nyamuk.

Sehingga, area bagian bawahmu akan secara otomatis terlindungi dan hangat di waktu bersamaan. Terlebih lagi, ketika selimutmu tidak terlalu menutupi bagian kaki bawah. Tidak ada salahnya kan memakai kaos kaki?

4. Taruh Tanaman Anti Nyamuk

tanaman lavender bisa mengusir nyamuk loh
lavender/foto: pexels.com/leah-kelley

Beberapa tanaman mungkin cenderung menjadi sarang bagi nyamuk itu sendiri. Tapi, tanaman seperti lavender, serai, kemangi, rosemary, dan dedaunan mint bisa membantu mengusir nyamuk secara alami.

Hal ini dikarenakan kandungan zat dan bau yang dikeluarkan oleh tanaman tersebut sangatlah menyengat dan tidak disukai oleh nyamuk. Baiknya, tanaman anti nyamuk tersebut ditaruh di sudut yang terpapar cahaya matahari.

Itu tadi 4 cara alami membasmi nyamuk termudah, beauties. Pembasmian alamiah tersebut bertujuan untuk mengurangi resiko terhadap pemakaian bahan kimia. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id