sign up SIGN UP

Jadi Kebiasaan Anak Muda, Tidur dengan Kipas Angin Menyala Ternyata Mengundang Deretan Penyakit Ini!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Selasa, 17 May 2022 10:00 WIB
Jadi Kebiasaan Anak Muda, Tidur dengan Kipas Angin Menyala Ternyata Mengundang Deretan Penyakit Ini!
caption
Jakarta -

Cuaca panas yang tak menentu belakangan ini membuat banyak orang merasakan kegerahan. Tak jarang orang-orang menggunakan kipas angin untuk menyejukkan ruangan. Kipas angin diandalkan karena dapat menyejukkan diri di tengah udara panas dengan angin yang kencang.

Harga barang yang lebih ekonomis membuat kipas angin banyak dipilih, dan tersedia di rumah-rumah. Tak heran untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan adem, sebagian orang menyalakan kipas angin untuk menyejukkan kamar. Namun, tak banyak diketahui menyalakan kipas angin semalaman untuk tidur memiliki dampak yang berisiko untuk kesehatan tubuh.

Mengutip dalam Healthline, beberapa dampak bahaya tidur malam dengan kipas angin. Simak informasinya!

1. Penyumbatan Pernafasan

Masuknya virus menggangu kerja organ pernapasan khususnya hidung dan tenggorokanPenyumbatan Pernapasan/Foto:Freepik.com/Katemangostar

Udara yang dikeluarkan kipas angin untuk menyejukkan ruangan dapat membuat sirkulasi udara mengering yang membuat mulut, hidung, dan tenggorokan terasa kering disebabkan oleh kipas angin yang menyala langsung mengenai tubuh. Hal tersebut menyebabkan produksi lendir berlebihan mengakibatkan sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorakan, dan mendengkur saat tertidur.

Solusinya, Beauties dapat mengurangi pemakaian kipas angin saat tidur dimalam hari dan minum cukup air.

2. Alergi

Flu atau influenzaAlergi/Foto: Freepik.com/Marymarkevich/ Foto: Octavia Tunggal Dewi

Kipas angin dapat membuat debu berterbangan karena pertukaran udara yang dilakukan, yang menjadi penyebab alergi pada sebagian orang. Pertukaran udara kotor tersebut dapat menyebabkan pilek, gatal pada tenggorokan, bersin, dan kesulitan bernafas.

Sehingga, apabila Beauties menggunakan kipas angin di rumah, sering-sering untuk membersihkannya ya!

3. Kulit dan Mata Kering

Lemak omega-3 beperan dalam kesehatan mata, termasuk menjaga kelembapan mata dan bahkan produksi air mata.Kulit dan Mata Kering/Foto: Freepik.com/user18526052/ Foto: Intan Dwi

Penggunaan kipas angin yang terlalu lama dapat menjadi penyebab kulit dan mata kering akibat angin yang dikeluarkan. Untuk melembapkan kulit dapat menggunakan lotion dan menggunakan obat tetes mata untuk menghindari mata kering karena kipas angin.

4. Nyeri Otot

Tubuh nyeri dan pegal-pegal juga bisa menjadi tanda bahwa ususmu kotor.Nyeri Otot/Foto: Freepik.com

Terpaan angin yang terus menerus mengenai tubuh semalaman dapat membuat otot tubuh tegang dan kram. Untuk menghindari terkena nyeri otot akibat penggunaan kipas angin, Beauties sebaiknya tidak mengarahkan kipas angin langsung mengenai tubuh kalian ya. Lebih baik mengarahkannya ke udara atau digantung di atas ruangan.

Beauties, itu beberapa dampak dari kebiasaan tidur dengan kipas angin menyala. Biar sehat, lebih perhatikan kesehatanmu ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id