STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Biar Tidur Nyenyak dan Berkualitas, Ini 6 Rutinitas Malam yang Perlu Kamu Lakukan

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Rabu, 09 Nov 2022 20:30 WIB
Biar Tidur Nyenyak dan Berkualitas, Ini 6 Rutinitas Malam yang Perlu Kamu Lakukan

Mengalami gangguan tidur sehingga sulit mendapatkan jam istirahat berkualitas? Cobalah perbaiki kondisi tersebut dengan menerapkan rutinitas malam yang benar.

Ya, seperti halnya morning habit yang baik diterapkan demi menunjang harimu seharian, rutinitas malam juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya, segala aktivitas sebelum tidur akan mempengaruhi tidur itu sendiri sehingga perlu diterapkan kebiasaan yang tepat untuk tidur malam yang nyenyak. 

Nah Beauties, berikut ini ada 6 rutinitas malam harian yang perlu kamu coba.

1. Mandi Air Hangat 

Mandi air hangat sebelum tidur bantu merelaksasi tubuh serta pikiran sehingga tidur nyenyak setelahnya.
Relaksasi tubuh dengan air hangat/Foto:Freepik.com/Freepik

Suhu tubuh di malam hari akan menurun dan bisa berbanding terbalik dengan suhu ruangan, sehingga berpotensi membuat kamu sulit untuk tertidur. Dengan mandi air hangat, membuat kedua suhu tersebut seimbang yang kemudian bisa membuat tidur lebih nyaman seperti dilansir dari laman Self. 

Agar prosesnya maksimal, luangkanlah waktu 1 sampai 2 jam dari waktu mandi sebelum tidur ya, Beauties.

2. Makan Sebelum Larut 

Makan dengan memberikan jeda 30 sampai 1 jam sebelum tidur menghindari istirahat malam dari adanya gangguan.
Makan tidak mepet jam tidur/Foto:Freepik.com/Freepik

Melansir dari laman Very Well Health, makan dekat dengan jam tidur akan membuatmu terjaga karena bertambahnya energi. Kebiasaan ini juga memicu mulas sampai GERD yang berpotensi semakin mengganggu istirahatmu. 

Berikanlah waktu untuk memproses makanan dengan membiasakan makan malam 2 atau 3 jam sebelum tidur. Perut yang terbebas dari sensasi penuh memudahkan kamu untuk tidur nyaman tanpa hambatan.

3. Meditasi 

Ringankan tubuh serta pikiran sebelum tidur dengan melakukan meditasi.
Meditasi sebelum tidur/Foto:Freepik.com/Simonapilola


Menenangkan pikiran lewat meditasi bisa dilakukan setiap waktu tak terkecuali di malam hari. Berlatih meditasi sebelum tidur membuat pikiran rileks sehingga bisa tidur lebih cepat sekaligus lebih nyenyak. 

Ambilah posisi nyaman boleh duduk atau berbaring dan aturlah napas sembari memfokuskan pikiran. Cukup luangkan waktu 5-10 menit dan rasakan tidur yang lebih berkualitas. 


4. Jauhkan Barang Elektronik 

Hindari penggunaan gadget dan barang elektronik lain saat mendekati jam tidur.
Jauhkan gadget sebelum tidur/Foto:Freepik.com/Drobotdean


Terlalu asyik berselancar di media sosial seringkali membuat kamu melewatkan jam tidur malam ideal. Hal ini dikarenakan paparan layar elektronik merangsang otak tetap waspada yang kemudian membuatmu kesulitan tidur hingga insomnia.

Berikan waktu untuk tubuh beristirahat dengan membatasi pemakaian gadget 30 menit sebelum tidur. Jauhkan juga barang elektronik lain, seperti TV, tablet, dan sebagainya yang dapat membuatmu kembali terjaga.

5. Mendengarkan Musik

Mendengarkan lagu-lagu dengan tempo lambat sebelum tidur membuat pikiran serta tubuh lebih rileks.
Tenangkan pikiran dengan musik/Foto:Freepik.com/Freepik


Lebih dari sekadar hobi, mendengarkan musik bisa menjadi rutinitas yang membantu tidur nyenyak di malam hari. Mendengarkan musik memang bisa berasal dari gadget, namun khusus satu ini, sepertinya bisa dijadikan pengecualian dengan syarat tertentu.

Saat mendengarkan lagu, otak akan mengirimkan sinyal ke setiap bagian tubuh untuk merespon musik tersebut. Pemilihan musik dengan tempo lambat akan menghantarkan perasaan tenang yang cocok untuk menemani tubuh beristirahat sepanjang malam. 

6. Journaling 

Kebiasaan menulis sebelum tidur efektif untuk membebaskan diri dari beban emosi yang dirasakan sehingga tubuh dan pikiran lebih tenang untuk tidur.
Menulis sebelum tidur/Foto:Freepik.com/Seventyfour


Sering terganggu dengan cemas dan pikiran buruk sebelum tidur? Atasi masalah tersebut dengan kebiasaan menulis.

Ya, menulis menjadi alternatif terbaik untuk  mengutarakan emosi yang kamu rasakan selama seharian. Setelahnya, kondisi hati serta pikiran menjadi lebih tenang sehingga tidur terasa lebih mudah.

Seperti yang dilansir dari laman Healthgrades, kebiasaan menulis sebelum tidur dapat mengurangi stres serta meningkatkan kualitas tidur malam.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE