STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

JADI LEBIH BAIK

Bikin Hidup Lebih Tenang, Ini 4 Ide Resolusi Realistis untuk Kesehatan Mental

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 13 Jan 2022 19:00 WIB
Bikin Hidup Lebih Tenang, Ini 4 Ide Resolusi Realistis untuk Kesehatan Mental

Di pergantian tahun, ada satu hal yang sangat identik dan banyak dilakukan oleh orang-orang. Yup, membuat resolusi.

Ada banyak aspek di kehidupan yang bisa dibuat menjadi resolusi. Beberapa yang populer di antaranya adalah seputar kesehatan, keuangan, dan karier. Namun, ada satu resolusi yang sebenarnya tak kalah penting, terutama di saat pandemi seperti ini, yakni resolusi untuk kesehatan mental.

Berikut beberapa ide resolusi kesehatan mental yang realistis yang bisa kamu coba. Check it out!

Batasi Penggunaan Media Sosial

kepribadian neuroticism juga cenderung aktif di media sosialIlustrasi bermain media sosial/Foto: Unsplash.com/ Vladimir Fedotov

Penggunaan media sosial yang berlebihan cukup sering dikaitkan dengan kesehatan mental yang buruk. Mulai dari perasaan insecure, membanding-bandingkan diri dengan orang lain, fear of missing out alias FOMO, hingga gangguan kesehatan mental seperti depresi, social media anxiety disorder, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan mental, menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bermain media sosial juga dapat memengaruhi kualitas tidur dan hubungan dengan orang lain. Oleh karena itu, buatlah tekad untuk membatasi penggunaannya, misalnya hanya 30 menit sehari. Ganti kegiatan candu ini dengan aktivitas lain yang lebih positif, seperti berolahraga, melakukan hobi, atau berinteraksi dengan orang sekitar.

Luangkan Waktu untuk Self Care

self careIlustrasi self care/Foto: Freepik

Beauties, sudahkah kamu rutin untuk melakukan self care alias perawatan diri? Setelah lelah beraktivitas dengan segala beban dan tekanan yang menyertai, tentu tubuh dan pikiran membutuhkan waktu khusus untuk rehat dan dirawat.

Buatlah daftar kegiatan perawatan diri yang membuatmu bahagia dan jadwalkan sebagai bagian dari rutinitas harian. Bentuk self care sendiri sebenarnya bermacam-macam, mulai dari yang menyenangkan seperti menonton film favorit hingga yang membutuhkan tekad kuat seperti berolahraga.

Apapun bentuk kegiatan self care yang kamu pilih, ketahuilah bahwa merawat diri bukan hal yang egois. Sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dengan cara terbaik versi dirimu sendiri.

Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

Memfokuskan diri untuk love self.Ilustrasi self love/Foto: Freepik

Mungkin di tahun yang baru ini, kamu mengalami beberapa perubahan dalam hidup atau ada hal-hal berat yang terjadi. Perubahan tentu bisa jadi sulit dan sering kali membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Alih-alih memarahi diri sendiri, cobalah untuk bersikap baik pada diri sendiri. Jika kamu membuat kesalahan, pahami bahwa itu adalah hal yang wajar terjadi, maka maafkanlah diri dan belajar dari kesalahan tersebut. Ingat, dirimu penting dan berharga, so don't be so hard on yourself, Beauties!

Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Tidur Malam Sekitar 7-8 JamIlustrasi tidur/Foto: Freepik.com/Gpointstudio

Beberapa studi menemukan bahwa tidur dan kesehatan mental sebenarnya saling berhubungan. Tidur cukup dan berkualitas dinilai dapat menciptakan ketahanan mental dan emosional. Sebaliknya, kurang tidur bisa menyebabkan seseorang lebih rentan merasa cemas, depresi, dan berpikir negatif.

Oleh karena itu, cobalah untuk tidur lebih awal dan hindari penggunaan ponsel minimal satu jam sebelum tidur. Olahraga rutin dan menjaga pola makan juga bisa membantu kamu untuk memiliki tidur yang berkualitas.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE