STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Minum Air Panas Menurut Ahli!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Selasa, 01 Nov 2022 07:30 WIB
Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Ini 7 Manfaat Kesehatan Minum Air Panas Menurut Ahli!

Air menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari yang sangat penting bagi manusia. Bukan hanya sekadar untuk mandi dan mencuci, tetapi air juga digunakan untuk keperluan minum dan memasak. Dalam prosesnya, air sering dibedakan menjadi dua macam, yakni air dingin dan air panas.

Kedua macam air tersebut tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda, terutama dalam hal kesehatan. Kamu mungkin sebelumnya pernah mendengar manfaat kesehatan dari air dingin, misalnya untuk merawat kesehatan rambut. Tetapi, bagaimana dengan air panas? Apakah air panas juga memiliki manfaat untuk kesehatan?

Menurut beberapa sumber, air panas juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, salah satunya adalah untuk menurunkan berat badan. Tetapi, menurut seorang konsultan ahli diet/ahli gizi dari Rumah Sakit Ibu, di Chennai, Hari Lakshmi, masih banyak manfaat kesehatan lainnya dari air panas. 

Nah, kira-kira apa saja? Melansir dari Health Shots, berikut 7 manfaat kesehatan minum air panas menurut ahli. Yuk, simak!

Menurunkan Berat Badan

Air panas bisa untuk menurunkan berat badan
Air panas bisa untuk menurunkan berat badan/Foto: Freepik/@atlascompany

Menurut Lakshmi, meminum air panas di pagi hari bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Sebab, air panas bisa meningkatkan metabolisme tubuh dengan cara memecahkan molekul lemak dalam makanan yang telah dikonsumsi. Untuk melihat apakah ini bisa berhasil atau tidak pada tubuhmu, kamu perlu meminumnya secara konsisten.

Melancarkan Pencernaan

Beauties, tahukah kamu? Air panas dapat bekerja lebih cepat dibandingkan air dingin dalam hal menghaluskan makanan. Ini karena air panas bisa mengatur gerakan usus dan mengurangi risiko sembelit. Sehingga dengan meminum air panas, pencernaanmu bisa menjadi lancar.

Melawan Sinus

Air panas bisa untuk melawan sinus
Air panas bisa untuk melawan sinus/Foto: Freepik/@master1305

Sinus adalah penyakit peradangan yang terjadi pada hidung. Jika kamu memiliki penyakit ini, ada baiknya untuk mencoba menghirup uap air panas. Sebab, uap air panas bisa membuka sumbatan pada sinus dan membantu memindahkan lendir dengan cepat. Sehingga dapat melonggarkan pernapasan sekaligus meredakan tenggorokan yang tersumbat akibat penumpakan lendir.

Menghilangkan Racun

Air panas juga bisa bermanfaat dalam menghilangkan racun pada tubuh. Ini karena ketika kamu meminum air panas, tubuhmu akan bereaksi dengan menghasilkan keringat. Sehingga dengan adanya reaksi tersebut, tubuh akan melepaskan racun yang ada di dalamnya.

Mengurangi Kram Menstruasi

Air panas bisa untuk mengurangi kram menstruasi
Air panas bisa untuk mengurangi kram menstruasi/Foto: Freepik/@Lifestylememory

Air panas bisa digunakan untuk mengurangi kram menstruasi. Sebab, air panas dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sekaligus mengendurkan otot-otot perut. Sehingga dengan meminum air panas, rasa kram pada perut yang disebabkan oleh kontraksi rahim ketika menstruasi bisa berkurang.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Melansir dari Blue Cross Blue Shield, meminum satu atau dua cangkir air panas bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah. Apabila kamu menginginkan tubuh yang sehat, seperti dalam hal mengurangi risiko penyakit jantung atau menurunkan tekanan darah, kamu bisa dengan rutin mengonsumsi air panas.

Mencegah Penuaan Dini

Air panas bisa untuk mencegah penuaan dini
Air panas bisa untuk mencegah penuaan dini/Foto: Freepik/@diana.grytsku

Kamu bisa meminum air panas dengan campuran lemon dan madu secara rutin untuk mencegah penuaan dini. Ini juga termasuk dalam membuat kulit lebih awet muda dan bercahaya, serta membantu memperbaiki sel-sel kulit sehingga kulit akan terasa lebih elastis dan halus.

Sebagaimana yang dilansir dari Emoha, lemon dan madu memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan anti-penuaan dengan nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Vitamin C dan flavonoid di dalamnya juga akan membantu peremajaan sel pada kulit dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

Nah, Beauties itulah tadi 7 manfaat kesehatan minum air panas. Yuk, mulai sekarang coba terapkan minum air panas minimal sehari sekali di pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE