STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bukan Alasan untuk 'Mager', Ini Sederet Kiat dan Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Menstruasi

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Senin, 14 Nov 2022 07:30 WIB
Bukan Alasan untuk 'Mager', Ini Sederet Kiat dan Jenis Olahraga yang Cocok Dilakukan saat Menstruasi

Olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, baik fisik maupun mental. Namun, bagi sebagian perempuan, olahraga akan terasa sedikit menantang saat menstruasi tiba. Yup, saat menstruasi, kebanyakan perempuan akan mengalami rasa sakit, khususnya nyeri dan kram perut, pinggang, hingga sakit kepala.

Meskipun demikian, menstruasi bukan jadi halangan untuk kamu berolahraga, lho, Beauties. Justru berolahraga saat menstruasi memiliki sejumlah manfaat. Mengutip dari CNN Indonesia, menurut sebuah studi dari Journal of Education and Health Promotion, berolahraga selama 30 menit dalam 3 hari berturut-turut pada periode menstruasi dapat membantu mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi.

Namun, kamu juga perlu memilih jenis olahraga yang tepat selama haid. Lantas, bagaimana kiat berolahraga saat menstruasi? Dan olahraga apa yang cocok selama periode tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Kiat Berolahraga saat Menstruasi

Stretching

stretching
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Hal utama dan penting dilakukan sebelum berolahraga yaitu melakukan peregangan atau stretching. Melansir dari Medical News Today, stretching bermanfaat untuk menyiapkan tubuh untuk berolahraga dan mengurangi cedera serta membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Pilih Intensitas Olahraga Ringan atau Sedang

Menstruasi memang harusnya bukan halangan untuk tetap berolahraga. Namun, sebaiknya tidak melakukan olahraga dengan intensitas berat atau high impact. Melansir dari CNN Indonesia, olahraga dengan intensitas berat yang dilakukan saat menstruasi berisiko mengalami cedera otot, karena pada saat menstruasi kondisi otot tubuh cenderung lebih melemah.

Cukupi Hidrasi Tubuh

Minum air putih
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_stockers

Melansir dari Medical News Today, hal lainnya yang perlu diperhatikan saat olahraga pada periode menstruasi adalah kecukupan cairan tubuh. Jika hidrasi tubuh tidak tercukupi maka kamu akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengalami sembelit.

Mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih juga dapat mengurangi nyeri haid. Sebuah penelitian pada tahun 2021 menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak air memiliki nyeri haid yang lebih ringan selama tiga hari pertama menstruasi.

Minum Obat Pereda Nyeri

Rasa nyeri dan kram saat haid awalnya dapat menghalangi seseorang untuk berolahraga. Mengutip dari Medical News Today, kamu dapat mengatasi rasa nyeri tersebut dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Obat tersebut dapat membantu mengurangi keram sebelum sesi olahraga dimulai.

Jenis Olahraga yang Dianjurkan Selama Menstruasi

Jalan Kaki

jalan kaki
Jalan Kaki/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Olahraga pertama yang mudah dan ringan untuk dilakukan saat menstruasi yaitu jalan kaki. Olahraga yang satu ini meskipun terbilang sederhana, ternyata memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan mood hingga bantu turunkan berat badan.

Kardio

Kardio
Kardio/Foto: Freepik.com/lookstudio

Kardio merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari kaum perempuan karena diyakini dapat membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari detikHealth, kardio seperti aerobik jadi salah satu olahraga yang diperbolehkan selama menstruasi. Hal ini dikarenakan olahraga kardio bagus untuk metabolisme tubuh dan melancarkan aliran darah.

Yoga

YogaYoga/ Foto: freepik.com/senivpetro

Yoga juga menjadi salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan saat menstruasi, karena yoga termasuk dalam olahraga dengan intensitas ringan. Selain itu yoga yang disertai dengan meditasi juga bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan mengatasi mood swing.

Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa gerakan yoga yang sebaiknya tidak dilakukan. Mengutip dari CNN Indonesia, gerakan yoga yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi, misalnya head stand dan berbagai gerakan yang memposisikan kaki berada di atas kepala. Hal ini dikarenakan gerakan demikian dapat memicu tersumbatnya pembuluh darah di rahim dan dapat menyebabkan masalah gangguan reproduksi.

Bersepeda

Bersepeda
Bersepeda/Foto: Pexels.com/andrea-piacquadio

Terakhir, alternatif olahraga lainnya yang bisa dilakukan saat haid adalah bersepeda. Melansir dari detikHealth, bersepeda dapat membantu melancarkan sirkulasi darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke semua otot di seluruh tubuh. Dengan begitu ini juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri karena haid.

Itulah beberapa kiat dan jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat menstruasi. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE