STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bukan Main HP, Satu Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Susah Tidur di Malam Hari Menurut Psikolog!

Nadya Quamila | Beautynesia
Senin, 05 Dec 2022 20:00 WIB
Bukan Main HP, Satu Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Susah Tidur di Malam Hari Menurut Psikolog!

Sama halnya seperti makan, minum, dan bernapas, manusia membutuhkan tidur untuk dapat bertahan hidup. Namun bagi sebagian orang, mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas bukanlah hal yang mudah. Menurut psikolog, ada satu kebiasaan yang membuat orang-orang sulit tidur.

Bukan scrolling media sosial dan bermain ponsel, rupanya kebiasaan yang bisa merusak kualitas tidur adalah ruminasi, yaitu terus menerus memikirkan suatu masalah atau peristiwa secara berulang-ulang.

Kebiasaan yang Bisa Rusak Kualitas Tidur

Kunci utama untuk atasi susah tidur dan overthinking adalah dengan mencari ketenangan.Ilustrasi sulit tidur/Foto: Freepik.com/karlyukav/ Foto: Diyah Ma'rifathul Wulandinii

Ruminasi dapat menghambat tidur karena membuat pikiran seseorang tetap terangsang, terutama di tempat tidur, saat kondisi gelap dan sunyi.

"Perhatian Anda ditarik kembali, lagi dan lagi, ke hal yang tidak berjalan baik atau penyesalan. Misalnya, saya telah berbaring di tempat tidur dan memutar ulang komentar bodoh yang saya buat di sebuah pesta, meskipun orang yang mendengarnya mungkin melupakannya beberapa saat kemudian," ungkap psikolog dan profesor psikiatri dan ilmu perilaku di University of California, San Frasisco, Aric A. Prather, kepada CNBC Make It.

Pikiran dan emosi negatif seperti inilah yang oleh para ilmuwan saraf disebut "menonjol" karena begitu mencolok dan 'nyaring'.

Cara Mengatasi

Ruminasi bukanlah hal yang bisa dihilangkan begitu saja secara instan. Namun, menurut Prather, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan kebiasaan ruminasi di malam hari. Menariknya, hanya membutuhkan waktu 15 menit untuk melakukannya. Apa saja?

Luangkan Waktu Khusus

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Untuk Menjaga Kesehatan MentalIlustrasi/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Sisihkan waktu 15 menit selama siang hingga sore hari untuk diri sendiri. Di waktu tersebut, kamu bisa memikirkan hal-hal yang menjadi masalah atau kekhawatiran. Pastikan kamu berada di kondisi yang kondusif dan tidak terdistraksi.

"Beri diri Anda kebebasan untuk mengkhawatirkan satu topik pada satu waktu. Anggap saja sebagai daftar tugas yang harus Anda lalui satu per satu, namun yang Anda periksa adalah topik yang paling Anda khawatirkan," ungkap Prather.

"Jika Anda merasa khawatir di siang hari, katakan pada diri sendiri: "Dengar, saya hanya perlu menunda ini ke waktu kekhawatiran emosional berikutnya." Gunakan teknik yang sama ini jika kekhawatiran Anda muncul lagi sebelum tidur: "Saya punya jadwal ini untuk besok"," lanjutnya.

Lakukan ini dua hingga tiga kali seminggu sampai kebiasaan merenung ini perlahan mulai memudar.

Praktikkan 'Kekhawatiran Konstruktif'

Kebiasaan menulis sebelum tidur efektif untuk membebaskan diri dari beban emosi yang dirasakan sehingga tubuh dan pikiran lebih tenang untuk tidur.Ilustrasi/Foto: Freepik.com/Seventyfour

Di selembar kertas, cobalah buat dua kolom berlabel 'masalah' dan 'solusi'. Buatlah daftar singkat masalah yang sedang kamu hadapi saat ini. Fokus pada apa yang mungkin kamu pikirkan di malam hari menjelang tidur.

Di bawah kolom 'solusi', temukan satu atau dua langkah berikutnya yang dapat kamu ambil untuk mengatasi setiap masalah. Ingat, tujuannya adalah untuk memetakan rencana bagaimana memulai dengan langkah-langkah yang dapat ditindaklanjuti untuk besok, atau dalam beberapa hari ke depan.

"Kemudian lipat kertas dan letakkan di samping tempat tidur Anda. Katakan pada diri sendiri: "Saya punya rencana." Beberapa orang yang pernah bekerja dengan saya bahkan akan menjangkau dan menyentuh kertas itu.

Ini mungkin terdengar konyol, tetapi menjadi saksi fakta bahwa Anda telah menghabiskan energi terfokus pada masalah ini dapat membebaskan pikiran Anda dari kebingungan di malam hari," tutup Prather.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE