sign up SIGN UP

Bukan Tanda Kamu Lemah, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui soal Berkonsultasi dengan Psikolog

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Senin, 05 Sep 2022 17:00 WIB
Bukan Tanda Kamu Lemah, Ini 4 Hal yang Perlu Diketahui soal Berkonsultasi dengan Psikolog
caption

Beauties, apa kamu pernah merasa cemas berlebihan akan sesuatu? Biasanya rutinitas pekerjaan yang padat dan beberapa target yang sudah jatuh tempo, hubungan percintaan atau pertemanan yang kurang baik terkadang bisa juga membuat kamu merasa cemas dan stres dalam waktu yang bersamaan.

Lantas, apa yang kamu lakukan saat rasa cemas dirasa sudah tidak terkendali? Berdiam diri atau meminta pertolongan kepada tenaga profesional seperti psikolog?

Banyak dari diri kita yang masih enggan dan takut untuk mendatangi psikolog saat memiliki kecemasan yang akut. Dilansir dari She Knows, ada 4 hal yang perlu kamu ketahui tentang berkonsultasi ke psikolog. Berikut ulasan lengkapnya.

Bukan Artinya Kamu Lemah

Datang ke Terapis/freepik.com/DCStudio
Datang ke Terapis/freepik.com/DCStudio

Beauties, menemui psikolog untuk membantu dalam pengelolaan stres yang kamu alami, itu tidak berarti kamu lemah. Dan perlu diingat bahwa datang ke psikolog juga tidak berarti bahwa kamu “gila”.

Justru sebaliknya, itu sangat bagus. Karena kamu menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dan ingin membuatnya berjalan sesuai alurnya lagi. So, jangan merasa takut dan kunjungilah psikolog jika dirasa kamu sudah tidak bisa menangani masalah kecemasan dan stres. 

Penilaian yang Diberikan Objektif

Datang ke Terapis/freepik.com/tirachardz
Datang ke Terapis/freepik.com/tirachardz

Sering kali banyak yang beranggapan bahwa orang-orang terdekat pasti mengenal kamu dengan baik dan bisa memahami diri. Sedangkan psikolog adalah orang baru yang tidak mungkin bisa memahami kamu begitu saja.

Akan tetapi, perlu kamu ketahui, bahwa ternyata nilai dalam konsultasi yang dijalani adalah perihal objektivitas. Seorang psikolog mungkin memang tidak mengenal kamu, tapi itu berarti penilaian dan apa-apa yang dikatakan seorang terapis dilihat dari sudut pandang yang objektif, dan itu adalah hal yang baik.

Membantu Meningkatkan Kepercayaan Diri

Datang ke Terapis/freepik.com/Drazen Zigic
Datang ke Terapis/freepik.com/Drazen Zigic

Saat mengalami suatu kejadian yang membuat kehancuran mental dan ketidakstabilan emosi, biasanya kamu enggan untuk membicarakannya lagi. Kamu mungkin memilih untuk lebih sering menutup diri dan merasa ketakutan. Akan tetapi, dengan mendatangi psikolog dan berkonsultasi dengan orang yang tepat, kamu bisa keluar dari ketakutan itu dan menjadi semakin percaya diri untuk menghadapinya.

Bisa Dilakukan secara Online

Di jaman yang sudah canggih ini, kamu tidak harus selalu bertatap muka secara langsung dengan psikolog. Akan tetapi bisa juga dilakukan secara virtual. Kamu bisa mencari seorang psikolog yang memberikan pelayanan secara online di internet. Saat ini sudah banyak layanan yang menyediakan konsultasi dengan psikolog secara online, kok, Beauties!

Nah, itu dia hal yang perlu kamu ketahui tentang berkonsultasi dengan psikolog. Semoga bermanfaat, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id