STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bye-bye Lemak Menumpuk, Ini 5 Tips Sehat untuk Mengatasi Skinny Fat!

Erlin Santosa | Beautynesia
Minggu, 19 Dec 2021 13:00 WIB
Bye-bye Lemak Menumpuk, Ini 5 Tips Sehat untuk Mengatasi Skinny Fat!

Beauties, pernahkah kamu mendengar istilah skinny fat sebelumnya? Jika belum, skinny fat adalah kondisi tubuh yang tampak kurus namun ternyata memiliki kadar lemak yang cukup tinggi di dalamnya. Penyebab utama dari kondisi ini sendiri adalah penumpukan lemak viseral yang tersembunyi di antara organ-organ tubuh.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya skinny fat, di antaranya pola hidup, mengonsumsi makanan yang kurang sehat juga jarang berolahraga. Nggak cuma berbahaya bagi kesehatan, skinny fat pun bisa mengganggu penampilanmu, lho!

Oleh karena itu, yuk simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya skinny fat pada tubuh!

Mengonsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/KamranAydinov
Mengonsumsi makanan sehat mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Asupan makanan dan minuman sehari-hari wajib kita perhatikan agar nggak terjebak dalam kondisi skinny fat. Makanan cepat saji dan minuman manis atau bersoda baiknya nggak dikonsumsi secara berlebihan, karena mampu mengganggu laju metabolisme tubuh sekaligus menambah kadar lemak dalam jumlah yang cukup tinggi.

Kita bisa mengganti asupan makanan dan minuman dengan protein rendah lemak, camilan buah dan olahan sayur yang sehat dengan air putih sebagai pendampingnya.

Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga rutin mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/Tirachardz
Melakukan olahraga rutin mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Melakukan olahraga secara rutin rupanya mampu mencegah terjadinya skinny fat pada tubuh kita. Nggak hanya rutin, jenis olahraga yang dipilih pun harus tepat agar optimal mencegah penimbunan lemak pada tubuh. Kombinasi olahraga kardio dan angkat beban cocok untuk dilakukan, karena kedua jenis olahraga ini mampu mengurangi lemak dengan cara membentuk massa otot.

Mulai Mengatur dan Memperbaiki Pola Hidup

Mulai mengatur pola hidup mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/Jcomp
Mengatur dan memperbaiki pola hidup mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/Jcomp

Sering disepelekan, faktor pola hidup nggak sehat yang kita jalani sehari-hari ternyata cukup berpotensi memicu skinny fat, lho! Untuk mengoptimalkan diet sehat juga olahraga yang telah kita lakukan, aturlah pola tidur dengan durasi berkisar antara 7-8 jam setiap hari untuk mencegah timbulnya penumpukan lemak viseral. Hindari pula kebiasaan tidur terlalu larut ya!

Selain jam tidur, penting pula bagi kita untuk mengelola stres dengan baik agar hormon dalam tubuh tetap stabil, Beauties!

Menambah Pengetahuan Tentang Diet

Menambah pengetahuan tentang diet mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/Rawpixel.com
Menambah pengetahuan tentang diet mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/Rawpixel.com

Bukan hanya tentang mengurangi porsi asupan makanan saja, diet rupanya juga perlu aturan khusus yang dapat disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal ini, penting bagi kita untuk menggali lebih dalam pengetahuan mengenai serba-serbi diet dari berbagai sumber, seperti artikel, video YouTube, tayangan televisi maupun buku.

Beberapa rekomendasi kanal YouTube Indonesia yang cocok diikuti untuk menambah wawasan tentang diet adalah SKWAD Fitness, Shiely Venessa, Yulia Baltschun, Gita VBPR dan 2nine Fit Indonesia.

Melakukan Konsultasi Diet dengan Ahli Gizi

Melakukan konsultasi diet mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/Freepik
Melakukan konsultasi diet mampu mencegah skinny fat/Foto: Freepik.com/Freepik

Last but not least, cara yang bisa ditempuh untuk mencegah atau bahkan mengatasi kondisi skinny fat adalah dengan berkonsultasi ke dokter atau ahli gizi. Dengan melakukan konsultasi medis, kondisi badan beserta kadar lemak yang ada dalam tubuh kita bisa diketahui secara akurat. Hal ini selanjutnya akan menjadi acuan bagi dokter atau ahli gizi untuk menentukan tata cara diet yang cocok kita lakukan ke depannya.

Selamat mencoba, Beauties!

***

[Gambas:Youtube]


Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE