sign up SIGN UP

Cara Aman Pilih Skincare bagi Penderita Psoriasis, Kondisi Sel Kulit Bercak Bersisik Gatal dan Kering

Fina Prichilia | Jumat, 03 Sep 2021 15:00 WIB
Cara Aman Pilih Skincare bagi Penderita Psoriasis, Kondisi Sel Kulit Bercak Bersisik Gatal dan Kering
caption
Jakarta -

Psoriasis adalah penyakit autoimun kronis yang sebabkan sel menumpuk dengan cepat di permukaan kulit, terdapat bercak merah, meradang, dan bersisik tebal. Demikian seperti yang dikutip dari laman PERDOSKI atau Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia.

Penyakit ini diketahui belum bisa disembuhkan, Beauties. Meski begitu. kamu bisa mengendalikannya. Baik itu lewat obat-obatan dokter, terapi sinar, juga vitamin D.

Lantas bagaimana dengan kiat-kiat memilih produk perawatan kulit atau skincare?

Cara Mengidentifikasi Produk Skincare Non-ComedogenicCara pilih skincare untuk kondisi kulit psoriasis. /Foto: Freepik.com/JComp

1. Boleh Pakai Produk yang Dijual Bebas

Ya, kamu bisa menggunakan skincare yang dijual pasaran dengan aneka merek, namun kamu juga harus memenuhi aturan yang disarankan dokter kulit, Beauties.

2. Pilih yang Berlabel Kulit Sensitif

Pilihlah produk yang berlabel kulit sensitif dan kering agar lebih 'ramah' bagi kulitmu. Misalnya pada sabun mandi.

3. Hindari Terlalu Sering Mandi

Mandi memang baik buat kebersihan dan kesehatan. Tapi kalau mandi terlalu sering, justru dampaknya tidak baik. Selain itu hindari penggunaan loofah, spons, dan terlalu sering melakukan scrubs. Ini bertujuan untuk hindarkan kulit kamu dari trauma akibat gosokan, yang justru bisa memicu timbulnya kelainan kulit.

Mandi air panas/ Foto : Freepik.com/YanalyaMandi terlalu sering tidak dianjurkan bagi penderita Psoriasis. / Foto : Freepik.com/Yanalya

4. Pilih yang Berbahan Dasar Minyak

Selain pastikan berlabel sensitif, pilihlah produk yang berbahan alami. Kandungan minyak pada skincare biasanya hanya gunakan sedikit bahan kimia. Selain itu juga bikin kulit terhidrasi dan lembut.

5. Kandungan Pelembap

Ini penting banget untuk penderita Psoriasis untuk pilih produk yang kaya pelembap, sehingga efektif untuk melindungi dan perbaiki fungsi kulit.

6. Asam Salisilat dan Tar

Kedua kandungan ini akan membantu kulit di area psoriasis mengelupas dengan baik dan lembut, terlebih di area kepala. Meski begitu, penggunaannya mesti dalam pengawasan dokter kulit ya, Beauties!

7. Hindari Bahan Kimia Iritan

Kamu mesti jeli nih demi kebaikan kamu. Usahkan produk yang kamu pilih seminimal mungkin hindari kandungan alkohol, sulfate, atau paraben, bahkan parfum, karena bagi penderita Psoriasis bisa sebabkan iritasi.


Our Sister Site

mommyasia.id