sign up SIGN UP

Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda agar Terhindar dari Serangan Jantung

Dian Aprilia | Beautynesia
Sabtu, 07 Aug 2021 08:45 WIB
Cara Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda agar Terhindar dari Serangan Jantung
caption

Penyakit jantung termasuk gangguan kesehatan yang ditakuti. Sebab penyakit ini bisa memicu serangan yang biasa muncul tiba-tiba dan menyebabkan kematian. Penyebab utama dari penyakit jantung adalah gaya hidup tidak sehat. Gaya hidup tentu bukanlah hal yang terbentuk dalam waktu singkat, melainkan lama dan menjadi kebiasaan.

Oleh sebab itu, kita perlu menjaga kesehatan jantung sejak dini dan usia muda. Sehingga terbentuk gaya hidup sehat dan membentuk jantung yang sehat. Berikut beautynesia.id telah merangkum cara menjaga kesehatan jantung di usia muda agar terhindar dari sakit jantung.

Banyak Bergerak

Kesehatan jantung
Kesehatan jantung/pexels.com/Kampus Production

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah kurang bergerak dan berolahraga. Sebab saat malas bergerak, seseorang mudah menaikkan berat badan dan memicu obesitas. Obesitas termasuk masalah kesehatan yang bisa picu sakit jantung.

Jadi bagi kamu yang pekerjaan dan aktivitas geraknya sangat minim, usahakan untuk melakukan olahraga setiap hari sekitar 30 menit-1 jam. Sementara itu bagi kamu yang aktivitas kerjanya sudah banyak gerak, kamu bisa mengusahakan olahraga selama 150 menit dalam seminggu.

Konsumsi Makanan yang Berserat

Kesehatan jantung
Kesehatan jantung/pexels.com/Daria Shevtsova

Konsumsi makanan berserat juga langkah yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab kandungan serat bisa membantu menurunkan berat badan sehingga menurunkan risiko penyakit diabetes, jantung dan juga kanker.

Ada berbagai makanan yang kaya serat dan bisa membentuk jantung sehat. Di antaranya adalah biji chia, almond, oatmeal, buah pisang, apel, anggur, pir, jeruk, dan berbagai macam sayur-sayuran.

Perhatikan Kadar Gula Darah

Kesehatan jantung
Kesehatan jantung/pexels.com/Artem Podrez

Selain itu cek gula darah juga bisa jadi cara ampuh untuk hindari sakit jantung. Sebab kadar gula darah tinggi bisa merusak pembuluh darah dan merusak jantung sehat. Menurut penelitian, penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor satu bagi penderita diabetes tipe 2.

Oleh sebab itu, perlu memeriksa dan mengontrol kadar gula darah guna mencegah komplikasi yang mematikan. Hasil tes gula darah bisa jadi pijakan seseorang untuk melakukan rutinitas olahraga dan melakukan diet.

Berhenti Merokok

Kesehatan jantung
Kesehatan jantung/pexels.com/Megan Forbes

Merokok juga bisa jadi penyebab sakit jantung. Hal ini disebabkan merokok bisa memicu menempelnya bahan kimia rokok di dinding arteri. Akibatnya darah bisa tersumbat dan memicu sakit jantung. Untuk itu, sebisa mungkin hindari dan berhenti merokok sejak sekarang agar jantung sehat dan terhindari dari sakit jantung.

Diet Sehat dan Konsisten

Kesehatan jantung
Kesehatan jantung/pexels.com/Trang Doan

Terakhir, obesitas bisa menyebabkan penyakit jantung. Sebab kinerja jantung akan lebih keras dan tidak efisien. Selain itu obesitas juga bisa memicu penyebab sakit jantung lainnya seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol. Jadi terapkan diet sehat sejak dini dan lakukan dengan konsisten demi menjaga kesehatan jantung.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id