sign up SIGN UP

Coba Lebih Terbuka, Ini 5 Cara Tepat Bicarakan Masalah Mental pada Orang Tua

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Sabtu, 10 Sep 2022 10:00 WIB
Coba Lebih Terbuka, Ini 5 Cara Tepat Bicarakan Masalah Mental pada Orang Tua
caption

Masih tabunya masalah mental kerap membuat seorang anak sulit untuk terbuka tentang kondisinya kepada orang tua. Bagi sebagian yang beruntung ini mungkin percakapan yang mudah, tetapi tak sedikit yang akhirnya memilih untuk memendam sendiri. 

Meski begitu, terbuka kepada orang tua menjadi hal terpenting yang kamu butuhkan saat ini. Melalui bercerita juga, orang tua dapat memberikan bantuan sehingga kamu tidak merasa sendirian untuk melalui ini semua. 

Mau mencoba mengkomunikasikan? Yuk simak beberapa cara terbaik untuk bicarakan masalah mental kepada orang tua, seperti yang dirangkum dari laman Buzzfeed.

Rencanakan Apa yang Akan Dikatakan 

Persiapkan secara matang tentang apa saja yang ingin kamu bicarakan.
Tulis dahulu apa yang ingin dibicarakan/Foto:Freepik.com/Drobotdean

Pertama kali bercerita tentang sesuatu yang mengganggu tentu membuatmu begitu cemas. Oleh karena itu, persiapkan isi pembicaraan agar komunikasi tidak berjalan kacau.

Kamu bisa menceritakan lewat tulisan, mulai dari gejala awal lalu berlanjut tentang bagaimana hal tersebut mempengaruhi hidupmu. Agar lebih jelas lagi, kamu juga dapat menyuguhkan bahan bacaan yang sekiranya sesuai untuk menggambarkan kondisi dirimu.

Pilihlah Waktu yang Tepat 

Bukalah pembicaraan ketika waktu serta kondisi kamu dan orang tua dalam keadaan baik.
Pilihlah waktu yang tepat/Foto:Freepik.com/Freepik

Setelah kamu merasa siap maka langkah selanjutnya ialah memilih waktu yang dirasa tepat. Carilah momen senggang yang jauh dari kesibukan sehingga perhatian orang tua terfokuskan padamu. Pastikan juga, orang tua dan kamu sedang dalam mood yang stabil agar obrolan dapat tersampaikan serta diterima dengan baik.

Persiapkan Jawaban Terbaik 

Persiapkan jawaban terbaik untuk menanggapi respon orang tua.
Antisipasi respon dari orang tua/Foto:Freepik.com/Bearfotos


Mendapati sang anak terguncang secara psikologis tentu memicu beragam respon yang harus ditanggapi secara tepat. Ketika orang tua terkesan menyepelekan, berikan penjelasan lebih dan tegaskan bahwa kamu memang membutuhkan bantuan.

Hindari juga jawaban yang terkesan memojokkan terlebih untuk beberapa orang tua yang langsung merasa bersalah dan gagal mengasuh anak, karena hal tersebut. Kekeliruan dalam menjawab dapat memunculkan masalah baru. Pertimbangkan secara matang dan berikan jawaban terbaik untuk orang tuamu.

Jika Perlu, Ajak Seseorang yang Terpercaya 

Jika kamu ragu untuk bercerita sendiri, minta bantuan kepada ahli profesional untuk menemanimu.
Minta temani seseorang terpercaya/Foto:Freepik.com/Redfox


Khawatir karena hubungan yang tidak baik dengan orang tua? Mungkin membawa seseorang adalah cara terbaik untuk memulainya. 

Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada ahli profesional untuk memberikan penjelasan mengenai kesehatan mental dirimu. Meskipun tidak selalu berhasil, terkadang orang tua akan lebih serius menanggapi perkataan dari orang lain yang lebih kompeten.

Berikan Orang Tua Waktu

Berikan waktu untuk orang tua memahami dan mengerti kondisi dari diri kamu.
Berikan waktu kepada orang tua/Foto:Freepik.com/Studiopeace


Satu hal terpenting ketika terbuka tentang mental adalah menyingkirkan ekspektasi bahwa orang tua akan mengerti sepenuhnya. Butuh waktu cukup lama untuk orang tua memahami masalah tersebut terlebih tanpa adanya pengalaman yang sama.

Sekalipun hanya sebatas tahu, orang tua tetap akan melakukan apapun untuk membantu sehingga sebaiknya jangan memaksa mereka untuk langsung mengerti.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id