sign up SIGN UP

Cukup Tinggi Kalori, 5 Makanan Sehat Ini Bikin Naik Berat Badan Saat Kamu Kalap Makan!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Minggu, 12 Jun 2022 21:00 WIB
Cukup Tinggi Kalori, 5 Makanan Sehat Ini Bikin Naik Berat Badan Saat Kamu Kalap Makan!
caption

Tak sedikit perempuan yang mendambakan tubuh ramping. Karena hal ini, banyak dari mereka yang akhirnya mulai rajin mengonsumsi makanan sehat untuk dapatkan tubuh ideal.

Selain ada yang rendah kalori, ternyata deretan makanan sehat pun ada juga yang tinggi kalori. Yang mana, masalah ini dapat membuat naiknya berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bukannya tak boleh dan harus dihapus dari daftar makanan sehari-hari ya Beauties, tapi yang harus diperhatikan adalah porsi saat mengonsumsinya agar tidak menyebabkan kenaikan berat badan. 

Dilansir dari Healthline, beberapa makanan sehat berikut dapat membuat berat badan naik, saat kamu kalap mengonsumsinya. Ada apa saja ya kira-kira? Simak yuk!

1. Nasi

Nasi putih mengandung kalori tinggi
Nasi Putih/ Foto: Freepik.com/xb100

Nasi menjadi sumber karbohidrat yang dikonsumsi banyak orang, apalagi di Indonesia. Satu cangkir nasi putih memiliki jumlah 204 kalori, 44 gram karbohidrat, dan sedikit lemak.

Makanan pokok masyarakat Indonesia ini menjadi salah satu bahan makanan yang padat kalori dan karbohidrat dalam satu porsi sajian. Agar lebih sehat dan gizi seimbang, kamu perlu menambahkan sayur dan lauk pauk. Utamakan sayur lebih banyak, dibandingkan dengan nasinya ya. Hal ini juga bermanfaat agar tidak terlalu banyak karbo yang masuk ke tubuh.

2. Alpukat

Viral di tiktok, ternyata cara menyimpan alpukat ini berbahaya/foto: freepik.com/dashu83Alpukat/foto: freepik.com/dashu83/ Foto: Nur Amalina Izzati

Alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak sehat. Buah dengan tekstur yang legit ini sering juga dikonsumsi oleh mereka yang ingin menaikkan berat badan.

Dalam satu buah alpukat, ada 322 kalori, 29 gram lemak, dan 14gr serat. Kandungan lemak tak jenuh dan kalori yang cukup tinggi dalam satu buah alpukat ini, membuatmu harus hati-hati memainkan porsi, agar tidak jadi kalap.

3. Selai Kacang

Selai kacang dapat membuat tubuh gemuk
Selai Kacang/ Foto: Freepik.com/jcomp

Selai kacang menjadi salah satu makanan yang sempurna untuk menambahkan berat badan. Pasalnya, dalam satu sendok pun sudah terkandung cukup banyak kalori, yang memang pas untuk mereka yang ingin naik berat badan.

Tapi untukmu yang sedang diet, perlu memerhatikan porsi saat mengonsumsinya. Apalagi ada banyak tambahan gula, minyak, dan garam, yang terkandung dalam selai kacang ini.

Akan paling cocok untukmu yang diet dengan mengurangi porsinya atau membuat resep selai kacang sendiri tanpa tambahan gula dan minyak ekstra. Lebih sehat dan rendah lemak, bukan?

4. Daging Merah

Daging merah bermanfaat untuk pembentukan otot
Daging Merah/ Foto: Freepik.com/mdjaff

Daging merah menjadi salah satu makanan pembentuk otot terbaik. Meski tidak terkandung karbohidrat, tapi daging merah pun menyimpan banyak kalori lho! Kalori daging merah ini berasal dari protein dan lemak.

Daging merah dengan kandungan lemak yang tinggi bisa mengandung banyak kalori. Karena hal ini, kamu perlu memilah-milah untuk memakan daging merah yang sedikit saja kandungan lemaknya. 

5. Buah Kering

Buah kering dapat membuat gemuk tubuh
Buah Kering/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Kerap dijadikan camilan maupun pelengkap makanan manis, buah kering merupakan makanan ringan dengan kalori tinggi. Walau terbuat dari buah asli, tak jarang ada penambahan gula di dalamnya yang bisa membuat kandungan gula dan kalori bertambah. Maka dari itu, cara mengonsumsinya pun harus lebih disesuaikan, jangan sampai jadi kalap.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id