sign up SIGN UP

Satu Makanan yang Populer di Indonesia dan Korea Ini Bisa untuk Diet, Simak Manfaat Lainnya!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 08:00 WIB
Satu Makanan yang Populer di Indonesia dan Korea Ini Bisa untuk Diet, Simak Manfaat Lainnya!
caption

Terong menjadi salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia dan Korea. Ada banyak ragam masakan yang dibuat dari bahan yang satu ini. 

Di samping ini, ternyata terong juga merupakan salah satu superfood warna ungu yang kaya akan manfaat lho, Beauties! Kabar baik buat kalian pecinta terong nih!

Salah satu manfaat dari terong yaitu mampu membantu kamu dalam menurunkan berat badan. Duh... bermanfaat banget nggak sih buat kamu yang pengin diet. Lalu apa saja manfaat lain dari terong?

Dilansir dari detikFood, ini dia 5 manfaat dari terong yang harus kamu ketahui. Yuk simak informasinya berikut ini ya!

1. Pencernaan yang Sehat

Pencernaan yang sehat
Pencernaan yang Sehat/Foto: Freepik.com/Wayhomestudio

Terong kaya akan serat makanan serta sebagai probiotik yang membantu memelihara dan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Kandungan ini dapat membantu menjaga kesehatan usus agar pencernaan tetap lancar.

100 gram terong mengandung 3,4 gram serat. Serat makanan dalam terong berperan penting dalam melancarkan buang air besar secara teratur.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Menurunkan Kadar Kolesterol Darah/Foto: Freepik.com/Xb100

Penurunan kolesterol tinggi dapat diatasi dengan makan terong. Sebuah penelitian menemukan bahwa terong memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol LDL.

Sebab, terong juga kaya akan serat larut air yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol, mencegah reabsorpsi empedu, dan menurunkan  kolesterol.

3. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan
Menurunkan Berat Badan/Foto: Freepik.com/Diana.Grytsku

Manfaat terong berikutnya yaitu mampu menurunkan berat badan. Sebab, terong tinggi serat dan rendah kalori sehingga dapat digunakan untuk menurunkan berat badan.

Serat makanan terong menekan pelepasan hormon lapar ghrelin yang merangsang diet. Misalnya, apabila kamu mengonsumsi 100 gram terong matang setiap hari, berarti tubuh kamu mengonsumsi 10% dari asupan serat harian yang disarankan.

4. Membantu Mencegah Anemia

Membantu Mencegah Anemia
Membantu Mencegah Anemia/Foto: Freepik.com/Benzoix

Dilansir dari detikFood, terong kaya akan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh serta membantu melawan anemia atau kekurangan zat besi. Hal ini umumnya terjadi pada perempuan.

5. Baik untuk Jantung

Anak muda juga memiliki potensi terkena serangan jantung/Foto: Freepik.com/jcompBaik untuk Jantung/Foto: Freepik.com/jcomp

Terong juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk jantung. Pigmen terong yang dikenal sebagai anthocyanin dapat membantu meningkatkan fungsi jantung. Selain itu, terong juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan bertindak sebagai antioksidan kuat.

Nah Beauties, itu dia 5 manfaat terong yang harus kamu ketahui. Duh.. jadi kabar baik untuk kamu para pecinta terong, bukan? Jadi gimana, tertarik untuk mengonsumsi terong? Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id